Enjoy our stories!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pada jaman dahulu, saya belum punya hobby menulis, dan tidak punya keinginan membuat karangan atau tulisan apapun untuk merekam kegiatan harian. Namun itu semua berubah ketika Mamanya menikah dan dianugerahi Allah SWT Reza dan Lukman yang aaadaaaa saja kelakuannya yang lucu, mengesankan, dan juga kadang membuat terharu. Karena rumah kami berada cukup jauh dari saudara-saudara dekat sehingga tidak sering bertemu, saya suka berbagi cerita kelakuan mereka berdua lewat email. Tidak hanya saudara-saudara, beberapa teman dekat juga menjadi ‘korban’ dikirimi email tiap kali ada cerita tentang Reza dan Lukman. Continue reading

Special Day

Kemarin adalah hari yang mendebarkan untuk keluarga saya. Keponakan saya satu-satunya, Ivan, sedang menunggu pengumuman keluarnya daftar siswa SMA yang berhasil lolos SNMPTN, SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) atau lebih terkenal dengan sebutan “jalur undangan”.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional  berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Setiap sekolah tingkat menengah negeri maupun swasta berhak mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN asalkan memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.

Sejak kelas 10 Ivan memang punya target  untuk masuk PTN lewat jalur undangan ini. Karena itu ia selalu berusaha keras untuk mendapat nilai yang terbaik. Beberapa kali ia dapat peringkat 1 dikelas, dan selalu masuk 5 besar di sekolahnya, SMAN 38.

Ivan

Continue reading

Dancing Fountain

Satu hal yang membuat saya senang di acara talk show YAI minggu yll adalah saat waktu acara istirahat menjelang jam rutin pertunjukan air mancur menari dibelakang panggung.

Pada kesempatan yang lalu saat kami beberapa kali kesini melihat pertunjukan air mancur menari, Lukman selalu menutup telinganya, karena ia sensitif pada suara musiknya yang keras. Setelah itu kami tidak pernah mampir lagi ke pertunjukan air mancur tersebut, karena Lukman tidak nyaman dengan suara yang bergema diruang atrium tsb.

Namun saat acara kemarin Lukman tidak menutup telinga, bahkan mendekat ke arah air mancur, menikmati sekali pertunjukkannya sampai selesai. Bahkan setelah selesai pertunjukan air mancur, Lukman lebih mendekati lagi, mengamati pipa-pipa dan peralatan lampu-lampu yang membuat air mancur meliuk-liuk dengan berbagai warna sesuai lagu yang diperdengarkan

Autism Awareness Month

Untuk memperingati Bulan Peduli Autisme, Yayasan Autisma Indonesia (YAI) mengadakan beberapa event. Yang pertama adalah melaksanakan momentum tahunan “Light It Up Blue” (LIUB).

Kampanye LIUB merupakan Kampanye Peduli Autisme yang dilakukan serentak di seluruh penjuru dunia. Pusat perhatian dari kampanye LIUB ini adalah disorotnya berbagai ikon kota di berbagai belahan dunia dengan lampu biru, serentak pada malam 2 April. Pendar cahaya biru di berbagai bangunan landmark kota-kota di seluruh penjuru dunia ini direncanakan berlangsung sebulan penuh, sepanjang April 2017.

lampu-monas-berganti-berwarna-biru-peringati-hari-peduli-autis-sedunia

Berkat partisipasi dan dukungan penuh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, tahun ini Monumen Nasional kembali menjadi pusat kampanye LIGHT IT UP BLUE di Indonesia. Selain Monas, beberapa ikon bangunan di kota lain juga akan diselimuti cahaya biru sepanjang April 2017 sebagai tanda solidaritas kepada individu dengan autisme di seluruh dunia. Tahun ini, kampanye LIUB memperoleh tambahan satu ikon bangunan lagi yang akan diselimuti cahaya Biru, yakni Tugu Kujang di Bogor.

Selain event LIUB, YAI bekerja sama dengan Mal Grand Indonesia mengadakan Autism Awareness Month 2017. Sejak tanggal 12 – 23 April dipamerkan hasil karya para penyandang autisme berupa lukisan, origami, puisi dan foto-foto.
Talk shownya diadakan dua hari: Sabtu tgl 22 April 2017, dan Minggu tgl 23 April ’17. Continue reading

Yearbook Photoshoot

18034027_10212753114203743_1313523810758268419_n.jpg

Selain persiapan UN, ada juga kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Reza dan teman-teman menjelang kelulusan. Salah satunya adalah pembuatan buku tahunan. Setelah pertemuan beberapa minggu yang lalu, konsep buku tahunan sudah mulai didiskusikan koordinator kelas dengan para siswa/i, dan diaturlah acara pemotretan untuk mengisi buku tahunan tersebut.

Pada diskusi tersebut anak-anak membicarakan kostum, lokasi dan pembagian kelompok. Reza mengusulkan kostum gaya mafia, ala film-film Godfather 😀 Rupanya teman-temannya setuju, dan mereka serius mempersiapkan kostumnya. Continue reading

19 April 2017

Hari ini kembali diadakan pemilihan Gubernur DKI Jakarta untuk putaran kedua. Kami dengan semangat pergi ke TPS, Reza dan Lukman juga ikut untuk mendukung 😀

18010951_10212720352704726_4250990266122797227_n

Namun apaboleh buat, semangat kami jadi luntur ketika siang hari siaran televisi mulai menayangkan quick count. Paslon jagoan kami nampaknya akan dikalahkan paslon yang lain. Semakin malam, semakin pasti kondisinya seperti itu.

Saya beritahu Lukman, dan ia sangat kecewa, lalu langsung menulis surat, katanya “Untuk Pak Jokowi”. Luv my boy :*

18058044_10212773077982825_3983043179977061098_n

Tahajud Bersama dan Kejutannya

Tanggal 13 April yang lalu, Reza dan teman-temannya seluruh kelas 9 menginap di sekolah untuk sholat tahajud bersama. Ini salah satu kegiatan yang diselenggarakan SMP Lazuardi GIS untuk memotivasi anak menjelang Ujian Nasional bulan Mei nanti. Kegiatannya sudah dimulai di siang hari. Mereka berolah raga santai, ada yang lomba bakiak, main volley dan basket, ada pula yang main catur.

17904300_10212658059987447_1852695291729624014_n

17884211_10212658060267454_4634265595809046079_n

Setelah shalat Isya, salah satu programnya adalah motivasi untuk menghadapi UN yang diberikan oleh Bapak Ustad Ahmad Munjid. Di akhir sesi tersebut, beliau mengajak anak-anak menulis surat cinta kepada orangtua, karena restu orangtua akan lebih menyemangati anak agar mencapai kesuksesan. Continue reading

Kumpul Heptarchy

Setelah melewati beberapa kali UCUN (uji coba UN) sepertinya Reza dan teman-temannya kelas 9 memerlukan refreshing, istirahat sejenak sebelum melanjutkan persiapan menjelang UN. Koordinator kelas lalu memberikan usul agar diadakan acara silaturahmi dan main bersama. Disepakati untuk berkumpul di cafe Eleven Trees, dihari Sabtu tanggal 8 April yang lalu.

17796673_10212569522254059_5607023997808758111_n

Cafe tersebut sangat unik, selain ruangan restoran selayaknya cafe pada umumnya, kelebihan cafe ini adalah halamannya yang luas, dilengkapi arena main skateboard, pingpong, badminton yang luas. Selain fasilitas tersebut, ada juga disediakan guru jika ada yang berminat belajar main skateboard dengan serius.

Pertemuan tersebut berlangsung sangat menyenangkan, anak-anak bermain ada yang dihalaman ada juga yang bernyanyi dan main billiard bersama didalam, ibu-ibu (istilah kami ‘mamak-mamak’ 😀 ) asik ngobrol dan berfoto-foto didalam. Lovely time!

Continue reading

Pidato, Troll dan Lirik Lagu

Suatu hari sepulang sekolah, saya lihat catatan kegiatan Lukman dari guru kelasnya untuk sesi pelajaran Bahasa Inggris: Lukman mendengarkan teman-temannya latihan pidato. Karena saya belum tahu tugas pidato tersebut, saya tanya Lukman: “Lukman juga latihan pidato tadi?” Jawab Lukman: “Tidak, aku sudah tuliskan”. Jawaban seperti itu biasanya Lukman berikan kalau ia enggan diminta kerjakan tugas. Jadi saya tanyakan pada guru kelasnya mengenai tugas tersebut lewat buku komunikasi: Apakah Lukman tidak ikut pidato? Kalau perlu dibawakan saja pidato yang dituliskan Lukman, agar ia bisa latihan dirumah.

Keesokan harinya, bu guru katakan pada saya draft tulisan pidato Lukman sudah dibawakan, namun masih dalam bahasa Indonesia. Hmm okelah, no problem, nanti saya akan ajak Lukman sama-sama terjemahkan kedalam Bahasa Inggris.

Di hari Minggu pagi, saya ajak Lukman menerjemahkan draft yang sudah dituliskannya. Lucu sekali, dia menulis lengkap dengan gambarnya:

Lukman

Continue reading

World Autism Awareness Day 2017

Sudah sejak beberapa minggu yang lalu kami merencanakan untuk mengikuti acara perayaan World Autism Awareness Day (WAAD) tahun ini. Namun tunggu-tunggu kok belum ada berita baik dari Yayasan Autisma Indonesia maupun lembaga lainnya. Saya menebak-nebak tidak adanya acara mungkin karena sedang masa kampanye Pilkada DKI atau karena sudah akan ada event Autism Games untuk lomba olahraga penyandang autis bulan depan.

Anyway, ketika mendekati hari H, ada rencana mendadak untuk kumpul keluarga dari pihak Papanya Lukman. Kebetulan jatuhnya sehari sebelum WAAD. Ketika sedang janjian waktu dan tempat bertemu, saya mengajak semua saudara yang akan hadir untuk mengenakan sesuatu yang berwarna biru, untuk menunjukkan kepedulian, menyambut WAAD.

Di hari H, pertemuan di daerah Tangerang yang cukup jauh dari tempat tinggal, serta jalan macet, cuaca hujan deras, tidak menyurutkan langkah saudara-saudaraku untuk berkumpul. Satu demi satu berdatangan… mengenakan baju nuansa biru!

Continue reading

12 Tahun

17190575_10212342559900142_7424453108245775674_n

Dear Lukman sayangnya Papa Mama dan Kakak,

12 tahun yll, Papa dan Mama bergegas ke rumahsakit di pagi hari. Satu jam kemudian, Lukman lahir, menangis dengan suara kencang lewat proses yang alami dan sangat lancar. Saat itu segalanya nampak begitu mudah, Lukman adalah bayi yang sangat manis dan tenang.

Sekarang, Lukman sudah masuk ke usia abege. Usia dimana Lukman belajar untuk menjadi lebih dewasa dan lebih mandiri lagi. Hal itu tentunya tidak mudah. Namun Papa Mama dan Kakak akan selalu mendampingimu, mendukung usahamu mencapai cita-cita.

Selamat ulang tahun Lukman sayang, semoga Allah swt selalu melindungi Lukman dan kita semua. Aamiin yra…😍😘