From Facebook

Mamanya sering bikin status Facebook yang isinya cerita tentang Reza & Lukman. Pikir-pikir sayang juga ya kalau tidak didokumentasikan, soalnya banyak yang lucu-lucu!

Ini sebagian diantaranya…

( ´∀`)

Pagi ini selesai sarapan, saya ingatkan Lukman minum Scott emulsion. Dia bilang “Biarkan aku minum sendiri” bikin saya jadi tersenyum. Kemarin bilang sama gurunya “Biarkan aku fokus” Hmmmm sudah prepuber nih kayanya, sudah mau dianggap bisa, dan apa2 mau dilakukan sendiri….

31 Oktober 2014

Sepulang Lukman sekolah, nomor 1 yg saya lakukan adalah membaca buku penghubung. Walau Lukman sering juga cerita sendiri, tapi laporan ibu guru biasanya memberikan gambaran lengkap bagaimana Lukman disekolah.

Hari ini saya senyum bangga, dan juga tertawa geli ketika membaca laporan gurunya sbb:
Mama, hari ini Lukman melakukan penjumlahan menurun, ia mau mengerjakan latihan 15 soal dengan bantuan kakak. Hari ini Lukman menghitung tanpa alat peraga, ia berusaha fokus dan menyelesaikannya. Sesekali Lukman bilang: “Kak Lely, biarkan aku fokus”.
Untuk PKN, Lukman mengenal sejarah Sumpah Pemuda. Ketika ditanya: Lukman tahu tanggal 28 Oktober hari apa? Lukman jawab “Hari Selasa, kak Lely”. Setelah melihat file powerpoint Lukman tahu 28 Oktober hari Sumpah Pemuda.

29 Oktober 2014

Karena Mamanya tadi pagi ikut seminar, sedangkan Papanya sedang outbond dg rombongan kantornya keluar kota, Reza dan Lukman berdua saja dirumah. Ada sih Ayangnya dirumah depan, tapi mereka dirumah ya berdua saja. Saya sudah beritahu dari beberapa hari sebelumnya.
Tadi pagi ketika saya mau berangkat, Reza sudah bangun duluan, Lukman belum. Saya bangunkan sambil pamit mau pergi, “Lukman, Mama pergi ya, berdua dirumah sama kakak ya?” Masih merem melek, Lukman jawab “Iya, aku jagain kakak” hahahaha…. (⌒▽⌒)

25 Oktober 2014

Semalam Reza cari-cari kertas ukuran A3, katanya: “Ada PR seru nih dari Ms Tesa, bikin gambar benda yg harus detil keterangan bahannya”. Lalu dia asik bikin gambar, ada beberapa dibuatnya, sampai lewat dari jam biasanya dia tidur. Saya biarkan saja, karena berfikir PR tsb harus dikumpulkan hari ini. Saya pun sudah mau tidur duluan ketika Reza perlihatkan gambar yang dia putuskan akan dia kumpulkan, sambil jelaskan gambar tsb. Dengan terkantuk2 saya dengarkan keterangannya itu. Setelah itu Reza masih olahraga sedikit, lalu susun buku, siapkan baju, kegiatan rutinnya tiap malam. Sementara mamanya sudah pules…
Tadi pagi ketika Reza mau berangkat, saya ingatkan “Sudah dibawa tugas2nya? PR yg semalam dikerjakan sudah dimasukin tas?” Eh Reza jawab: “Itu tugas buat hari Selasa kok Ma”. Ealaaaa… Saking semangatnya dapet PR ya, ternyata buat minggu depan

24 Oktober 2014

Pagi ini spt biasa kalau Lukman turun dari mobil didepan sekolah saya cium pipinya dan bilang “Belajar yg pinter ya nak”. Yang tidak biasa, ketika mau masuk pagar sekolah, Lukman berbalik dan berseru “Baik-baik dirumah ya Mama”.
Kontan yang ada dipintu masuk: ibu guru, dan teman-teman yang mengantar anaknya jadi ketawa, dan ada yang menimpali “Mama jangan jalan2, dirumah saja ya” Hahaha… Lukman, Lukman, selalu ada saja tingkahnya yang bikin Mamanya senyum dan ketawa

24 Oktober 2014

Senangnya nonton berita tv pagi ini, berbagai channel menyiarkan persiapan pelantikan Pres & Wapres.
Kakak Reza hari ini juga berangkat sekolah dg semangat, sejak weekend kemarin sudah ikut mempersiapkan nonton bareng acara pelantikan bersama pengurus OSIS dan kakak2 kelas 9.
Ah jadi inget jaman saya sekolah SD dulu (jadoel banget lah itu) saat kami suka nobar pertandingan2 olahraga di rumah teman yg dekat dg sekolah bersama pak guru dan teman-teman sekelas. Saat itu hidup rasanya lebih simpel, kita masih punya waktu bersorak bersama menghargai pahlawan2 yang mewakili Indonesia di pertandingan tingkat dunia.
Lukman yg libur hari ini sudah bangun pagi2 & juga sudah semangat akan nonton pelantikan Jokowi JK berdua mamanya ‪#‎morningrambling‬

20 Oktober 2014

Hari Selasa yang lalu kami berkunjung ke kelas Character Building di Lazuardi Gis untuk parent sharing dengan tema Love & Optimism. Ide sharing ini inisiatifnya dari Reza, yang sudah lama kepingin sharing tentang adeknya. Trimakasih ya sayang, PapaMama bangga sekali pada Reza dan Lukman🙂

9 Oktober 2014

Bangun tidur, seperti biasa Lukman membuka kalender harian. Melihat sekarang tgl 3 Oktober, Lukman bilang “Hari ini Pandawa & Kurawa akan bertempur di Indonesia”.
Lalu jeda sejenak seperti mengingat2, ia lanjutkan lagi “Tanggal 11 Oktober Panah Asmara Arjuna”
Makasih ya sayang sudah beritahu jadwalnya ke Mama qiqiqi…

3 Oktober 2014

Ternyata anak2 terkena demam Mahabharata juga. Mamanya lagi mandi sore ini diketok2 cuma untuk bilang “Pemeran Mahabharata ada diJakarta, Mama!” Nyengir didlm kamar mandi, mamanya tanya “Trus kenapa, mau ktemu?” Eh jawaban Reza “Iya, iya” trus ada suara kecil juga bilang “Aku juga!” Rupanya lagi ada acara live di ANTV & gara2 nonton tiap malam, dan si kakak sampai sering ke perpustakaan skolah untuk baca buku Mahabharata ternyata ya qiqiqi…

30 September 2014

Bahagia itu adalah…… ketika pulang kerumah lewat jam makan siang, dan menemukan piring-piring bekas makan sudah tercuci dengan rapih
‪#‎LoveMySon‬

27 September 2014

Malam ini Lukman nonton tv sendiri karena kakak Reza sedang ikuti LDK pengurus baru OSIS di Cilember. Sedang ada film The Hobbit di tv, biasanya Lukman kurang suka, tapi malam ini ia tonton. Ketika saya tanya kok tumben mau nonton film itu, ia menjawab “Kakakku suka” hahaha jadi Lukman gantiin kakak nonton The Hobbit ya

19 September 2014

Setelah berbulan2 yg lalu Lukman minta “Aku mau ke universitasmu” dan dia lihat di peta “Tidak jauh, kok” akhirnya kemarin sesudah ambil ijazah SD kakak Reza (akhirnyaaaa ) kami mampir di UI. Kami ke fakultas tempat Papanya kuliah, lalu ke fakultas Mamanya.
Komentar Lukman? “Aku suka universitasmu” iyaaa, berdoa ya nak, supaya Lukman, kakak Reza, uda Ivan bisa kuliah disini nanti ya… Aamiin yra

14 September 2014

Memang ya, bikin anak senang itu nggak perlu duit banyak
Tadi sepulang acara disekolah, Lukman saya ajak naik angkot, untuk pertama kalinya. Lihat mimiknya, hepi bener dia! qiqiqiqi….

6 September 2014

Sepulang sekolah kemarin, Reza senyum2. Saya tanya “Ada apa sih kok seneng banget keliatannya” Reza jawab “Ada PR IPS, Mama” ehhh kok ada PR malah seneng
M: “Tentang apa?”
R: “Bikin tulisan tentang sejarah, topiknya terserah aja.”
M: “Terus, Reza mau bikin apa?”
R: “Apa ya, tentang persenjataan, biografi, atau apa ya?” Reza masih menimbang-nimbang
M: “Apapun itu, kalau ada ceritanya pasti seru. Misalnya kalau tentang biografi, selain data2nya juga Reza cerita kejadian atau peristiwa apa dimana tokoh tersebut memegang peran.”
R: “Reza mo cerita tentang Hitler ah”
*memang akhir-akhir ini Reza lagi senang-senangnya membaca tulisan tentang Hitler*
M: “Terus, mau cerita peristiwa apa yang Hitler jadi tokoh utamanya”
R: “Eh mau cerita tentang Stalin juga deh, mereka kan sama-sama jadi pemimpin di negara yang bukan tanah kelahirannya, sama-sama dari latar belakang yang melarat tapi akhirnya pemimpin yang ditakuti dunia”
*walaupun mamanya nggak tahu detilnya (hiks, dulu mamanya gak suka pelajaran Sejarah) tapi terusin obrolan*
M: “Oh jadi dua biografi, terus, cerita/peristiwanya tentang apa?”
R: “Mereka, eh Jerman dan Soviet itu kan bekerja sama ketika menyerang Polandia saat Perang Dunia II, tapi sesudah itu Jerman malahan menyerang Soviet, Mama.”
M:” Wah kalau gitu judulnya bisa gini: Kawan Jadi Lawan” (lebay mode ON )
R: “Boleh boleh, terus covernya pake foto ya”
M: “Ya udah, mandi gih, makan buah dulu baru bikin PRnya.”
Reza dengan semangat langsung masuk kamar mandi. Setelah itu, kurang lebih satu jam ia kumpulkan data-datanya dari internet, jadilah PRnya.
Senang lihat semangatnya, sejak jadi anak SMP makin seru rasanya bersekolah.

5 September 2014

Minggu lalu, saat diingatkan sudah jam tidur, Lukman masih asik menggambar. Sesudah selesai, seperti biasa kalau sudah menggambar selalu diberikan ke saya. Kali ini bukan gambar hewan2 atau Toothless si naga, tapi gambar tentang pelajaran disekolah, nama kakak2 (guru2)nya dan tulisan ‘nilai’ ‘lulus’. Saya surprise juga, karena selama ini sepertinya Lukman tidak peduli dg nilai, dapat raporpun bukan hal yg istimewa untuknya (padahal ortunya terharu bener saat itu). Perkembangan ini mungkin karena dengar kakak Reza sudah lulus SD, segala kegiatan kakak saat wisuda, jadi perhatiannya. Dan memang setelah itu dia pernah menanyakan “Kapan aku lulus?” jadi sepertinya sudah mulai ngeh kalau belajar disekolah ada nilai, dan ada tujuan untuk lulus…

3 September 2014

Karena mengikuti test untuk menjadi pengurus OSIS, Reza pulang lebih telat dari biasa dan harus saya jemput. Tentunya Lukman ikut menjemput kakak. Saat kami menunggu, ibu guru memberitahu saya ada teman Reza yang mau ikut. Karena tahu rumahnya memang se arah saya tidak keberatan. Ketika Reza keluar bersama temannya, kamipun berkenalan. Sebut saja namanya Putri. Lukman juga bersalaman dengan kak Putri.
Sampai dimobil, Lukman bisik-bisik ke saya “Kak Putri cantik ya”. Saya senyum saja. Dan eh, Lukman juga bilang langsung: “Kak Putri, kau cantik sekali” huahahaha… Kak Putrinya dengan manis menjawab “Trimakasih adek” lalu bilang pada Reza “Ajaran kamu ya?” sambil ketawa….
Lukman… Lukman… selalu saja bikin kejutan, dan bikin Mamanya jadi sakit perut menahan ketawa.

1 September 2014

Minggu malam, ketika makan bersama dirumah dan melihat Lukman lambat makannya, Papanya bilang: “Pake kecap, enak deh makannya Lukman”. Saya kasih tahu Papanya: “Lukman nggak doyan kecap”. Lalu Lukman bilang: “Lihat papa, kecap itu sudah dibuat dari tahun 1928” hahaha, kami jadi ketawa dengarnya. Lalu Papanya jelaskan ke Lukman yang dari tahun 1928 itu berdirinya pabrik kecap, tapi produksinya tiap hari, sampai sekarang. Jadi kecap yang di meja makan itu produksi baru. Apalagi sekarang pabrik kecap itu sudah dibawah manajemen perusahaan internasional, yang meneliti biji kacang kedelai mana yang terbaik untuk jadi bahannya, supaya makin enak kecapnya.

Lalu Lukman nyeletuk: “Maksudmu Mallika?” Mamanya bengong, nggak tahu apa Mallika itu. Tapi Papanya jawab: “Ya betul, anak pintar!” Mamanya yang merasa ketinggalan info jadi nanya: “Mallika itu apa?” (Maklum jarang kebagian nonton tv) rupanya Mallika itu jenis kedelai asli Indonesia yang dikembangkan oleh peneliti di Fakultas Pertanian UGM. Awalnya, tiada yang tahu harus menyebut kedelai hitam varietas asli Indonesia ini dengan nama apa. Karakteristik genetik unggul yang dibawanya pun mengantar sang kedelai dengan sebutan Mallika, yang dalam bahasa Sansekerta berarti kerajaan.

Hmmm, memang kadangkala orangtua yang perlu belajar ke anak karena ketinggalan informasi ya… Qiqiqi…

20 Agustus 2014

Sore ini Lukman lagi asik nonton film kartun Islami di tivi, sementara Mamanya siapkan meja makan untuk berbuka. Mendadak Lukman bilang: “Aku bisa doanya Mama: Allahumma barik lana fima razaqtana waqina adzabannar” wah Mamanya bengong, lalu tanya “Lukman tau doa apa itu?” dijawab “Nggak tahu, Syamil dan Dodo yang doa” kedua nama itu tokoh film kartun yg sedang dia tonton.

Saya beberapa kali terkaget-kaget seperti ini, Lukman mendadak bisa hafal hanya dengan mendengarkan, tanpa dengan sengaja menghafalkan. Seperti juga dengan bacaan sholat, tiap kali sholat wajib berjamaah dg Lukman saya memang selalu ucapkan semua bacaannya, supaya Lukman mendengar. Suatu hari ia bermain dg boneka gajahnya, dan bonekanya itu ceritanya sedang sholat, lalu Lukman mengucapkan bacaan sholat dengan benar, bikin PapaMamanya takjub. Tidak pernah disuruh menghafal, hanya karena sering mendengar saja tanpa disuruh, bisa begitu… Subhanallah…

15 Juli 2014

Sejak hari pertama puasa, Lukman tidak banyak kegiatan. Keluar rumahpun hanya didalam mobil saja. Hari ini Lukman pergi terapi ke sekolah, dan pulangnya ketika saya tanya mau pulang atau menemani saya belanja di mall terdekat, Lukman pilih menemani saya belanja. Di mall ia tahan godaan aroma makanan kesukaannya, juga tahan haus ketika pulang tengah hari yang terik. Didalam mobil melihat bibirnya yang kering saya tanya “Kau tak apa?” Lukman jawab “Aku tak apa, aku hanya haus” Karena salah mengerti menyangka Lukman sudah mau batalkan puasa, saya bilang “Nanti ya minum teh hangat sampai dirumah” Lalu Lukman dengan agak panik bilang “Tidak, tidak, aku tidak mau minum, aku berpuasa sampai magrib”. Alhamdulillah, Lukman tetap bertahan puasa walau berkegiatan dan banyak godaan….

2 Juli 2014

Hari ini pertama kalinya Lukman mau bangun sahur. Puasa tahun lalu ia mau menahan lapar dan haus tapi tdk mau ikut sahur. Puasanya juga 1/2 hari saja. Pagi tadi Lukman mau dibangunkan, dan saya beri porsi makan yg sedikit saja, karena berfikir nanti 1/2 hari dulu puasa, yg penting sudah mau sahur bersama. Tapi sampai sekarang Lukman belum mau batal, walau sudah ditanya beberapa kali sejak dzuhur. Sebel ditanya2 terus, Lukman tulis surat seperti ini hihihi: “Mama, hari ini puasa dan ramadan. Aku tidak mau makan ini kan puasa”😀

Hari ini pembagian nilai UASDA disekolah Reza. Yakin hasilnya pasti bagus, mamanya santai2 dirumah, padahal jam 9 sudah bisa diambil. Reza nggak protes, cuma bulak-balik nanya: “Mama sudah mandi?”

Ternyata feeling Mamanya betul, sampai disekolah, buka amplopnya, jreng jreng… hasilnya bikin Mamanya hepi dan mau joged2. Tentunya nggak beneran joged lah, kasihan Reza nanti malu hahaha (^∀^)

Alhamdulillah, semua usaha dan kerja keras Reza selama kelas 6 membuahkan hasil yang diharapkan. Semoga nanti makin semangat di SMP ya nak..

23 Juni 2014

Kemarin memang hari yang saangat membahagiakan kami, di pagi hari kk Reza membuat kami bangga, di siang hari ketika mengambil rapor Lukman Ibrahim Salim, bukan main… kami sampai speechless melihat begitu banyak yang ia capai di semester ini, apalagi ketika ibu gurunya mengatakan hasil Lukman semester ini ‘beyond expectation’ lebih dari yang ditargetkan. Apa yang diminta dikerjakan, Lukman selesaikan bahkan ia meneruskan yang seharusnya dikerjakan hari selanjutnya. Contohnya ketika melakukan percobaan science, biasanya dilanjutkan dengan membuat booklet dimana Lukman menjabarkan apa yg dilakukan dan disimpulkan dari percobaan tsb. Ketika ibu gurunya katakan bookletnya dibuat besoknya, Lukman masih semangat dan katakan “Aku kerjakan hari ini saja, kak Lely”. Nilai rapornya pun baik sekali, beberapa bahkan cukup jauh diatas KKM. Terimakasih ya kakak-kakak untuk bimbingannya yang penuh kesabaran selalu memikirkan cara terbaik untuk mengembangkan Lukman, terimakasih untuk kerjasama yang begitu erat dengan kami. Luv you all

22 Juni 2014

Reza & Lukman itu seperti Tom & Jerry, jarang bisa akur berdua. Tapi kalau salah satu nggak ada, pasti cari2an. Malam ini Reza menginap untuk acara perpisahan kelas 6. Lukman yang kesepian, bertanya “Mama, kamu kangen sama kakak?” Ihihihihi yang kangen siapa yaaaa (´∀`)

31 Mei 2014

Berdoa di pagi yang sejuk untuk keluarga tercinta: semoga Reza lancar & enjoy mengerjakan USBDnya yang dimulai hari ini, semoga Papanya sukses dengan perjalanan dinas luar-kotanya, dan uda Ivan berhasil baik dengan test masuk SMAnya. Semoga Allah SWT melindungi kita semua, °∕̴Ɩαmïïπ Ƴαα Ŕõϐϐαl ∕̴Ɩlαmiiπ°

19 Mei 2014

Untuk saudara & teman2ku yang dulu bilang menunggu wangsitnya Lukman untuk pemilu (^▽^): Kemarin kami ngobrol diperjalanan, dan Lukman nyeletuk bilang ‘Presiden Jokowi’. Saya bilang, bapak itu belum jadi presiden, baru capres. Lalu kami ngobrol lama ttg jabatan walikota Solo, gubernur DKI & capres RI. Saya beritahu Lukman, banyak yang melihat Jokowi sebagai tokoh yang jujur, suka kerja keras, dan perhatian pada masyarakat. Lalu Lukman menyimpulkan sendiri “Orang-orang sayang Jokowi?” Aku jawab “Mmmm… ya bisa dibilang gitu deh, nak”.

10 Mei 2014

Entah kenapa siang ini Lukman minta Mamanya kasih lihat foto2 waktu Mamanya kecil. Kebetulan ada satu folder album Jadoel di fb dan Lukman melihat dg sangat perhatian. Ia tanya siapa-siapa saja yg ada difoto, dan melihat dari awal sampai akhir.
Sebelum keluar kamar, Lukman bilang “Dulu kamu kecil ya?” Iya sayang.
“Sekarang, foto-foto kamu antik ya” Apaaaaa? ĜũßяªªªªªªЬяк…..!

28 April 2014

Ada aja yg bikin kami ketawa kalau Lukman berkomentar. Ketika mau Magrib, diminta Papanya pakai peci, Lukman bilang “Aku jadi seperti Presiden, seperti Bung Karno dan Gus Dur…”

26 April 2014

Di perjalanan pulang setelah menjemput cowo2 abege dari sekolah dlm suasana gembira -karena Reza baru mendapat hasil tryout terakhir yg bertahan baik nilainya- saya mendengarkan percakapan kakak-adik yg menghangatkan hati.

Nilai B. Indo Reza pd hasil yg baru didapat itu menurun dibanding sebelumnya, walau secara total 3 pelajaran nilainya bertahan. Uda Ivan menasihati Reza, kalau utk pelajaran B. Indo memang hrs banyak latihan dengan berbagai variasi bentuk soal, dan berlatih dari kumpulan soal2 UN sebelumnya. Pengalaman Ivan membuktikan beberapa kali keluar lagi soal yg mirip soal2 UN sebelumnya pada tryout tahun ini.

Karena uda Ivan ini memang jadi panutan bagi Reza, ia sangat tanggung jawab pd pelajarannya, walau sudah bagus nilai2nya tetap rajin berlatih kerjakan soal2 tiap hari, jadi kalau kakaknya ini yang menasihati sepertinya manjur dan didengarkan. Ketika Reza saya tanyai sesudah obrolan tsb, ia jadi mau tuh nanti dibelikan buku soal2 kumpulan UN yll untuk latihan dirumah.
Coba kalau Mamanya yg kasih usul beli buku latihan soal? Pasti ditolak, ataupun kalau setuju ya dg muka yg yaaa gitu deeehhh…

21 April 2014

Kadang kita sering berasumsi sendiri dan membatasi topik2 yang kiranya akan menarik untuk anak kita. Contohnya pemilu. Saya sebelumnya menyangka Lukman tidak akan tertarik membicarakan pemilu. Namun karena gencarnya iklan2 di tivi, ternyata perkiraan saya itu salah.

Tadi pagi, ketika membalik kalender meja hariannya, dan menatap kalender bulan April, Lukman langsung bilang “Aku suka tanggal 9, hari coblos. Kita coblos Golkar”. Saya senang karena ia perhatikan tgl 9 akan ada pemilu legislatif, tapi kok partai Golkar ya apa mungkin Lukman baru perhatikan iklannya kemarin. Siang ini, ketika pulang sekolah melihat bendera2 partai sepanjang jalan ia bilang lagi “Suara Golkar, suara rakyat. Aku suka Golkar” qiqiqi… Lalu mamanya tanya dong: “Kenapa Golkar, Lukman?” dijawab “Karena ada benderanya”.

Lalu sambil jalan pulang, mamanya kasih tahu “Tuuuu ada bendera partai lain, PKB namanya”. Lukman perhatikan “Oh, ada bumi kita disitu” Saya angguk-angguk lalu tunjuk bendera yang lain lagi “Nah yang itu Gerindra, ada burung elangnya”. Eh dikoreksi sama Lukman “Itu burung garuda kita”. Oh iya, garuda ya “Naaah, kalau yang biru itu Partai Demokrat, partainya SBY, presiden kita. Ada juga yang biru lainnya PAN – Partai Amanat Nasional” Lukman menjawab (bikin amaze): “Oooh partai nomor 8, yang seperti ini (dia tunjukkan angka 8 dengan jarinya)” Hehehehe tertarik juga rupanya Lukman dengan topik Pemilu, sampai2 sudah tahu kalau PAN itu nomor 8

1 April 2014

Siang ini Lukman makan pake telor dadar dan soto ayam bening. Biasanya toge didalam sotonya suka dia singkirkan, jadi mamanya bilang “Togenya dimakan ya, itu bagus untuk kesehatan kulit. Toge itu dari kacang hijau yang sudah tumbuh”. Lalu dia ambil satu, dipegang, dilihat-lihat. Mama: “Ayo dimakan, jangan dilihatin aja”. Lukman: “Bentuknya seperti sperma yang masuk ke sel telur” Mamanya terpana dulu sblm ngakak kenceng2…

NB: Lukman sudah belajar tentang anatomi tubuh sejak TK, lalu sudah tahu tentang bertumbuhnya janin di pelajaran IPA. Ketika melihat video bagaimana janin tumbuh diperut ibu dia sangat kagum. Dan seperti banyak penyandang autisnya, apa yg Lukman katakan tentang sperma ya karena fakta yang dia lihat seperti itu, lempengdotcom bicaranya. Tapi buat saya, suka bikin ketawa terbahak-bahak mendengar omongan Lukman dengan style seperti itu…

25 Maret 2014

Sebelum tidur seperti biasa Lukman loncat-loncat ditempat tidur. Saat saya masuk kamar dia bilang kakinya sakit karena loncat-loncat. Karena saya tahu ini salah satu triknya supaya kakinya dipijitin, saya cuma suruh Lukman goyang-goyangin kakinya agar tidak kaku.

Tidak berhasil dengan trik pertama, dia coba lagi dengan trik berikutnya.

Lukman bilang “Mama apa kau bisa periksa kakiku?” Kenapa kakimu? “Sirkulasi darah tdk lancar karena pembuluh darahnya menyempit”
•̃͡ĜũßяªªªªªªЬяк…..!!!(>,<)

Akhirnya kakak Reza pijitin kaki dan punggungnya Lukman supaya Lukman tdk berisik kakinya sakit lagi. Sambil becanda sih, karena akhirnya malah dikitikin hehehe…

13 Desember 2013

Percakapan malam ini, sebelum tidur, setelah Mamanya batuk-batuk…

Lukman: “Mama, kamu harus ke dokter”
Mama: “Mama tadi sudah ke dokter, habis betulin modem trus ke dokter & jemput kakak, makanya lama perginya…”

Terus Lukman diam, tapi mukanya terlihat sedang berpikir.

Lalu ia bilang “Besok kamu dirumah saja yah”
M: “Iya sayang, besok Mama nggak kemana-mana deh” L:”Papa saja yang antarin aku ke sekolah”
M: “Loh Papa kan sudah berangkat kekantor pagi-pagi?”
L: “Ya sudah, mas Ndang aja antarin aku”
M: “Hehehe nggak usah, aku saja ya yang antarin Uman kesekolah”
L: “Tapi kamu lagi sakit” Ooooww so sweeeet

3 Oktober 2013

Turun dari mobil didepan sekolah mamanya bilangin Lukman “Mayra ulangtahun hari ini, kasih selamat nanti ya” dia mengangguk. Di halaman sekolah saat itu ada Salma & Sari teman-teman sekelasnya. Lukman menghampiri dan bisik-bisik dengan Salma, yang lalu berseru: “Kok kamu tahu siiiih?” Mamanya nebak: pasti ngomongin hari ulangtahunnya Mayra. Lalu Salma bilang “Kita bikin kejutan untuk Mayra!” Lukman: “Kejutan?” Salma: “Iya, kamu absen dan sholat dulu sekarang”. Dijawab Lukman: “Aku sudah sholat kemarin” eek ĜũßяªªªªªªЬяк…..!!!lol

2 Oktober 2013

Lukman tahu dia sudah bikin kesal Mamanya ketika dia berulang kali teriak-teriak saat makan malam, bercanda dg kakaknya. Saat mau tidur, dg manis dia langsung gosok gigi setelah minum susu (biasanya lama karena main air dulu) lalu langsung ganti baju, dan mendekati mamanya utk cium & peluk sblm tidur. Malam ini dia peluk lamaaa sekali, kepalanya terasa hangat menempel didada. Lukman lalu bilang “Aku dengar bunyi jantungmu, Mama” bikin senyum Mamanya timbul. Saat dia beranjak tidur, saya bilang “Good nite, Sayang” (teteeup, membiasakan English pdnya). Lukman jawab: “Selamat tidur Mama, selamat hari Ramadhan”… Mamanya senyum lagi mendengarnya (˘⌣˘)ε˘`)♡

5 Juli 2013

Ceritanya pagi ini mau bikin tenda dihalaman, tapi kertas petunjuk mendirikan tendanya hilang… *garuk2kepala*… yaah bismillah aja deh qiqiqi…. (☉__☉”)

1 Juli 2013

Kenapa perut anak laki-laki teenagers seperti ada black hole-nya: diisi apapun hilang entah kemana, baru aja kenyang makan nasi se-jam yll, sudah nyari makan/cemilan lagi? (>_<)

26 Juni 2013

Alhamdulillah, rapor kakak Reza Iskandar Salim sudah ‘back on track’. Kalau semester sebelumnya kami terkaget-kaget dg terjun bebasnya beberapa nilai, semester ini dengan usahanya yg ekstra rajin, juga dg mendiskusikan masalah-masalah yang dihadapinya dg Papa Mama, Reza bisa bangga dengan prestasinya kali ini. Terus semangat ya Sayang, PapaMama selalu mendukung (ღˇ◡ˇ)~♥

26 Juni 2013

Video paling favorit semester ini… Jadi kepingin lihat lagi setelah pulang ambil rapor Lukman kemarin. Perjalanan Lukman dikelas dua SD seperti naik roller coaster, it has its ups and downs. Tapi Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dengan para guru, terapis, dan ibu kepala sekolah Lukman bisa mengatasi kesulitannya dan… naik kelas tiga! Yeeyyyy… \(ˆ⌣ˆ)/

24 Juni 2013

Kalau sebelumnya Lukman masih kesulitan menulis (dikte) kata2 dengan bunyi sengau ‘ng’, mis: lobang ditulis lobag, kacang ditulis kacag, kemarin mamanya dpt kejutan. Saat ia kasih lihat gambar (biasa, permintaannya suka digambar hehe) lalu mamanya -spt biasa memanfaatkan semangatnya utk latihan- minta Lukman tulis judul gambarnya, lalu jadi terkejut melihat tulisannya: Lukman tulis dua kata dengan ‘ng’ dengan benar! Ketika terapisnya datang, saya kasih liat gambar ini, lalu Lukman diberi latihan dikte kalimat yg gunakan ‘ng’ ternyata konsisten benar semua. Yeeey \(ˆ⌣ˆ)/
15 Juni 2013

Suatu malam uda Ivan lagi finalizing tugas B. Indo menggabungkan rekaman drama teman2nya -yg mengutip bagian buku Lord of The Ring “The Return of The King”- dg background musicnya. Awalnya da Van menggunakan salah satu lagunya Yiruma, sang pianis Korea. Selesai menggabungnya da Van tanya pendapat saya, cocok nggak lagunya. saya bilang menurut saya lagunya terlalu lembut. Reza tanpa diminta samperin da Van dan bilang “Pake lagunya LOTR aja, sini Reza tunjukkin” Lalu dia buka YouTube & kasih tahu lagu dibawah ini, sambil bilang “Ini lagu utk adegan yg da Van jadikan drama itu” Hahahaha mamanya jadi habis ucap, ternyata gak cuma bukunya, soundtracknya utk tiap adegan LOTR pun Reza hafal! (ˆ⌣ˆ)

13 Juni 2013

Sudah beberapa lama Lukman dan Reza minta ziarah ke makam Angku (alm. Ayah saya). Terutama Lukman yg heboh, karena belum pernah sama sekali. Akhirnya di pagi yg cerah tadi, kesampaian deh keinginan mereka. Lucunya, waktu sampai di makam Lukman bilang “Angku, ini aku datang….”

9 Juni 2013

Setuju banget dg ini: “Anda tidak dapat mengajarkan anak-anak untuk berperilaku baik dengan membuat mereka merasa lebih buruk. Ketika anak-anak merasa lebih baik, mereka berperilaku lebih baik pula”

5 Juni 2013

Selain memberi kejutan dengan sarapan roti pagi ini, Lukman juga bikin mamanya speechless ketika dimobil ngobrol tentang tanah longsor. Seperti ini obrolannya…
L: “Mama, aku lihat tanah longsor”
M: “Dimana? Kena rumah dan orang-orang? Kasian ya…”
L: “Kita harus tanam pohon Mama”
(ini sudah biasa didengar Lukman jadi saya blm heran)
M: “Kamu betul, Lukman”
L: “Jangan potong pohon-pohonnya, supaya tidak tanah longsor”
(masih belum heran juga)
L: “Jangan bikin persawahan, jangan membuat pedesaan diatas tebing”
Jrengjreng…. ini bikin saya speechless… kok pinter amat sih ngomongnya Lukman?
Pas sekali sampai disekolah, setelah peluk cium saya pulang kerumah. Ternyata kemarin saat main computer – dg dibatasi waktu spt biasa – Lukman nonton film penyuluhan ini, makanya dia jadi faseh bener bicara ttg tanah longsornya (ˆ⌣ˆ)
 16 Mei 2013

Saat dijemput selesai camping, Lukman langsung cerita tentang ‘mencari jejak malam-malam’ (˘⌣˘)ε˘`) *mukanyacapetapiseneng*

21 April 2013

Kemarin saat datang ke Sekolah Tetum untuk pertemuan laporan perkembangan tengah semester, selain senang mendengar bahwa Lukman banyak kemajuan di semester genap ini, bangga loh lihat bbrp hasil karyanya ikut dipajang dikoridor kelas. Salah satunya yg bikin surprise banget: Lukman bisa bikin puisi! Yeeeyy °\(^▿^)/°

15 April 2013

Sepulang sekolah Reza pusing karena sinar matahari terik & memang terasa badannya agak panas. Adek Lukman ikut meraba kening kakak & bilang “Kasyihaaan dia.. Tadi aku lihat obat Ter**rex supaya kamu tdk demam dan kuat!” Hehe.. Lukman memang sayang kakak ya.. (*^3^)♡♡

18 Maret 2013

Lagi nemenin yang mau UTS, berlatih B. Indo dengan membaca cerita rakyat. Nemu situs bagus, Reza langsung memilih cerita: asal mula nama Minangkabau. Sesudah baca & membahas latar & amanat cerita, Reza bilang “Kayanya sudah pernah denger ceritanya dari Ayang deh” *senangnya belajar dari nenek*

10 Maret 2013

Surprise banget. Siang ini Lukman bikin PR IPA ttg tumbuhan, tempat hidup dan kegunaannya. Krn kebanyakan contoh yg kami dapat tumbuhan yg hidup di darat, iseng saya tanya: “Tumbuhan yg hidup di air apa ya Lukman?” Lukman tanpa ragu2 jawab “Itu Mama, tanaman yg suka jadi tempat kodok” haaa surprise banget Lukman kepikiran teratai walau belum hapal nama tanamannya °\(^▿^)/°

27 Februari 2013

Foto ini diambil diam-diam, saat adek lagi membaca buku Eksikopedi Sejarah Junior dg suara keras. Kakaknya mendengar ada yang nggak benar, dan mengkoreksi bacaan adeknya, juga memberi contoh. Seperti kata ‘lumbung’ dibaca lambung oleh Lukman, lalu dikoreksi Reza dan diperlihatkan mana gambar lumbungnya. Senangnyaaa kalau mereka lagi akur begini… ( ^∀^)

24 Februari 2013

Listrik padam pas mau tidur. Lukman gaya2an bilang: “Aku takut!” padahal sudah ketebak itu cuma acting supaya bisa tidur sama mamanya. Mamanya bilang: “Anggap aja kita lagi camping, kan waktu camping nggak ada lampu bobonya?” Dijwb: “Kamu benar, Mama”. Eee sekarang nggak tidur2, asik mainkan bayangan jaritangannya di dinding *kids!*

27 Januari 2013

Saat berdua Mamanya ditoko buku lagi beli alat tulis untuk kakak, Lukman ada di lorong sebelah sedang lihat-lihat buku gambar ketika satu keluarga ayah-ibu-anak datang juga memilih buku gambar. Tak lama saya dengar Lukman bilang: “Eeee… Permisi, ini kartunya”. Rupanya sang anak menjatuhkan kartu plastik (saya nggak lihat dengan jelas dari tempat saya berdiri) dan Lukman melihat & mengembalikan kartu tsb. Sang ibu langsung berseru: “Tuh mbak, jatuh kartunya kan” pada anaknya, dan “Makasih ya dek” pada Lukman. Saya lihat dari jauh sambil senyum. Lukman samperin saya dan bilang “Aku cuma kasih kartunya..” Saya elus kepala Lukman sambil bilang “Iya, Lukman anak baik..” Senangnya, melihat Lukman dengan spontan peduli pada orang yang tdk dikenal🙂

27 Januari 2013

Lagi browsing sore ini, Lukman ikut melihat dan tanya “Mama lagi apa?” Mamanya jawab lagi belajar matematika. Lukman tanya: “Kamu juga belajar matematika?” Iya dong, jawab mamanya. “Disekolahmu dulu?” Iya, sayang. “Kamu snacktime juga, seperti aku?” Iya sayang “Makan koko krans juga?” Macem-macem, dulu belum ada koko krans, mama bawa nasi pake ayam, mie goreng, juga roti. Lukman tegesin: “Roti dari jaman dahulu? Dari jaman kuno?” Ya nggak sekuno itu dong sayaaaang… *berasa-jadi-fosil*

11 Januari 2013

Kemarin sore sesudah mandi, saya duduk santai baca buku, masih pakai handuk kecil di bahu karena rambut belum kering.
Mendadak Lukman datangi saya, bilang: “Papaku mau olahraga, ayo kasihin handuknya, Papaku mau panas-panasan” Walau bingung, sambil ngakak saya kasihkan juga handuk itu, tapi lalu ikuti Lukman yang samperin Papanya.

Saya tanya “Papanya mau olahraga?” Papanya jawab “Enggak, tapi barusan anak kecil itu *sebutan-Papanya-kalau-lagi-geli* suruh Papanya olahraga. Dia yang ngatur-ngatur”. Makin ngakak dong saya. Sementara Lukman yang duduk didepan tivi dengan muka serius bilang “Ayo Papa, olahraga sekarang, Tom Jerry-nya sudah mau mulai” bikin kita berdua makin nyureng, dan Lukman jadi salah tingkah karena dilihat lekat-lekat oleh PapaMamanya.

Akhirnya nggak tahan juga dia, ngumpet dibalik bantalan sofa sambil lontarkan kalimat andalannya: “Jangan lihatin akuu…!” Hahaha, Lukman bener2 sukses bikin kami ngakak sore itu.

31 Desember 2012

Lucu banget dengar Lukman barusan bilang “Mama, aku harus sabar….. On The Spot-nya belum datang”… hahahaha… segitunya deh penggemar on-the-spot ʘ‿ʘ

18 Desember 2012

Menghindari macet bonbin disaat hari raya, kami jalan agak memutar ketika pulang kerumah sehabis silaturahmi dengan keluarga. Ketika melihat kereta kea rah Depok dengan gerbong khusus wanita lewat, saya iseng bilang sama Lukman “Kalau gerbong yang itu khusus wanita, Lukman, jadi cuma Mama yg boleh naik, Reza, Lukman dan Papa nggak boleh”. Lukman jadi mellow dengar keterangan itu dan beberapa saat sesudah berpikir bilang: “Mama jangan pergi… Mama nggak boleh naik kereta..” bahkan sampai bercucuran air matanya… Antara geli sama terharu, saya hibur Lukman. Walau sudah dibilang saya nggak kemana-mana, Lukman masih saja nangis. Bahkan sampai beberapa hari berikutnya, Lukman masih suka bilang “Mama, jangan pergi, aku sayang padamu…”😥

25 Agustus 2012

Habis minum teh hangat, saya kepanasan dan pegangin rambut seperti sedang dibuntut supaya kena hembusan angin. Lukman tertarik dan bilang “Aku coba” lalu dia pegangin rambut mamanya. Gak lama dia lepas tanpa bilang apa-apa Lukman masuk kamar, dan keluar lagi… bawa pengikat rambut Mamanya “Pake ini, Sayang” Oow… co cweet (っ˘з(˘⌣˘ )♡

4 Agustus 2012

Keluar kamar mandi setelah gosok gigi sblm tidur Lukman dengar saya ngomong sama Papanya “Lagi sariawan lidahnya karena kegigit sendiri” lalu Lukman langsung tanya “Kau sariawan ya?” Saya jawab iya, lanjut Lukman “Minum saja Ad*m Sar*” Saya & Papanya jadi pandang2an sebelum sama2 ngakak, haduuh korban iklan bener kamu, Nak :))

31 Juli 2012

Setelah jemput Lukman dari sekolah, kami mampir dulu di swalayan dekat rumah. Lukman senang sekali diajak belanja, sukanya duduk didalam trolley, apalagi kalau diajak ‘ngebut’. Saat lagi di bagian sabun cuci, ada dua pegawai swalayan sedang menumpuk supply sabun yang baru datang. Mereka kerja sambil ngobrol, asik banget. Karena mereka menghalangi jalannya trolley, dan supaya tidak muter-muter sabun yang saya ambil saya berikan estafet ke Lukman, ia yang menaruh didalam kereta. Lukman terima sabun-sabun itu sambil bilang “Trimakasih ya sayangku” tiap kali dikasih sabun. Mendengar ucapan Lukman, kedua pegawai swalayan berhenti ngobrol, memandangi Lukman. Lalu bicara dengan suara pelan. Yang terdengar oleh saya “Mana anteng lagi anaknya…” hihihi…

27 Juli 2012

Percakapan Sebelum Bobo

Lukman: “Aku mau ke Arab” *dengan nada pengumuman*
Mamanya: “Mau ngapain Lukman ke Arab?”
Lukman: “Aku mencari Kabah” *nyess… mamanya serasa ditiup angin surga dengernya*
Lanjut Lukman: “Aku mau minum air zamzam, rasanya segar”
Reza: “Nama kotanya kota Mekah”
Lukman: “Mekah ya? Kita harus liburan, naik pesawat, pergi ke Arab ke kota Mekah”
(っ˘з(˘⌣˘ )♡

18 Juli 2012

Lukman lagi berendam di ember, mamanya lagi gosok gigi. Kalau lagi berendam Lukman suka mengarang percakapan sendiri. Kadang jadi tokoh kartun Tupi dan Pingping (dengan dua suara berbeda sesuai karakternya) kadang jadi buaya, dan hari ini ia jadi Mushu, yaitu… baca kelanjutannya dibawah ini🙂

Lukman teriak “Sileeent!!….” (karena Lukman biasa teriak-teriak saat lagi berendam saya nggak nanggapi, tetap gosok gigi). Lalu Lukman bilang “Mushu bilang silent, Mama” oh mau ditanggapi rupanya. Saya tanya “Mushu itu siapa?” Lukman jawab “Itu, yang di film Mulan (nb: film kartun Disney) Mushu the little lizard” katanya. Saya tanya “Little lizard apa sih artinya?” Lukman jawab sambil terus main air “Kadal kecil”. Hmmm padahal Mushu itu naga kecil, tapi karena sangat kecil kali ya, Lukman bilangnya kadal. Saya tanya lagi “Lalu kalau silent apa artinya?” Lukman jawab “Pulau…” Lho kok pulau? Tapi saya paham “Pulau atau island mirip bunyi akhirnya dengan silent ya Lukman. Tapi silent artinya diam, sayang” Lukman bilang “Aku tidak tau” saya jawab “Tidak apa-apa, sekarang Lukman sudah tau kan” Ia cuma senyum-senyum, terusin main airnya…

7 Juli 2012

Reza sering sekali bilangin Lukman kalau sedang baca tivinya dimatikan, ini salah satu hal yang bikin mereka suka bertengkar karena biasanya Lukman tetap nggak mau dimatikan tivinya walau dia asik membaca. Pagi ini Reza kena batunya, ketika ia sedang nonton sembil membaca buku juga, Lukman dengan suara keras menirukan gaya bicara Reza mengatakan: “Baca atau nonton?”… hahaha baru kali ini Lukman bisa ‘nyindir’ kakaknya, Mamanya jadi ketawa😀

4 Juli 2012

Lagi disalon: “Mas, jangan gerak2 ya” Lukman jawab: “Namaku Lukman, bukan Mas!” •”̮•ћi..ћi..ћi•”̮•

29 Juni 2012

Percakapan Pagi Ini

Mama: “Lukman, kemarin Mama merayap dirumput dan main becek-becekan lho di Tetum”
Lukman: “Merayap? Seperti seekor rayap?”
Mama: “Bukan, berjalan seperti buaya jalan, merayap”
Lukman: “Tapi kamu kan sudah dewasa…”
Mama: (mulai nyengir) “Iya, aku sudah dewasa, jadi?”
Lukman: “Tapi kamu kan perempuan”
Mama: (sambil menahan ketawa) “Betul, aku perempuan, jadi?”
Lukman: “Kalau sudah dewasa tidak merayap, tidak main air…”
Mama: *ketawa guling-guling*

24 Juni 2012

Lukman lagi sakit tenggorokan. Ia jadi lesu, demam, dan bisa sampai muntah. Untung sesudah dibawa ke dokter kemarin kondisinya cepat membaik. Oleh dokter Lukman tdk boleh makan gorengan dulu. Sore ini ketika mencium bau homemade nugget yang digoreng utk kakak, Lukman jadi kepingin & minta juga. Saya bilang “Habis nugget-nya sayang”. Lukman jawab: “Masa sih, Mama?” Huahaha Mamanya jadi ketawa guling-guling… Makin pinter nih cayangnya PapaMama °\(^▿^)/°

22 Juni 2012

Percakapan Dengan Lukman Sore Ini

Mamanya: “Lukman, da Van itu siapa, saudaramu atau temanmu?”
Lukman: “Dia temanku”
Mamanya: “Bukan Lukman, mamanya da Van itu kan Bumbum, dan Bumbum itu kakaknya Mama. Jadi da Van itu saudara sepupumu”
Lukman: “Sepupu?”
Mamanya: “Iya. Nah kalau Ayang itu siapa?”
Lukman: “Ayang itu sayang, aku sayang Ayang”
Mamanya (cekikikan): “Ayang itu nenekmu”
Lukman: “Nenek?”
Mamanya: “Iya, seperti Moma, nenekmu juga. Jadi da Van itu siapa Lukman?”
Lukman: “Sodara kakak”
Mamanya: “Iya betul kakak sepupu. Kalo Ayang?”
Lukman: “Nenek”
Mamanya: “Kalo Moma?”
Lukman: “Nenek juga”
Mamanya: “Kalo Bumbum?”
Lukman: “Masih belum tua…”
Mamanya (cekikikan guling-guling… speechless…)

20 April 2012

Untuk ‘dongeng sebelum bobo’nya Lukman semalam ambil buku komik Alexander Yang Agung. Lho koq? Hmmm sdh mulai tertular kakak Reza nih sepertinya😉 Lalu ketika dibacakan, ada satu adegan peperangan dimana Lukman sudah bilang “itu tentara Yunani” duluan, padahal keterangannya baru ada dihalaman berikutnya. Masih ingat yang dulu dibacakan kakak rupanya…

16 April 2012

Karena Reza lagi batuk, jam 12 tadi saya datang kesekolahnya bawakan obat utk diminum. Lagi Reza minum obatnya, ada temannya (lain kelas) samperin dan bertanya “Kenapa Za, lagi sakit? Obatnya pahit ya?” Reza dg iseng menjawab “Mau coba?” Temannya jawab “Nggak lah. Cepat sembuh ya Za” sambil menepuk bahu Reza dan berlalu. Mendengar kalimat terakhir itu dari seorang anak kelas 4 bikin senaaang hati ini & berharap semoga semakin banyak anak yang walau masih kecil sudah mampu berlaku peduli teman seperti itu, dan semakin peduli lingkungan dengan bertambahnya umur… #kampanyepeduli#

5 April 2012

Percakapan di mobil saat pulang menjemput anak-anak kesekolah. Ivan: “Tadi da Van nonton film Hiroshima & Nagasaki waktu pelajaran IPS”. Reza: “Loh kok enak? Reza mau juga dong” Ivan: “Ya nanti kalau sudah SMP” Reza: “Yaaa masih lama banget, Reza kan suka film sejarah”. Ivan lalu ceritakan apa yang dilihatnya di film itu. Ivan kasihtahu bahwa bom Nagasaki itu sebetulnya ditargetkan jatuh di Kokura namun karena cuaca buruk pesawat terpaksa berputar-putar dan kehabisan bahan bakar akhirnya dijatuhkan di Nagasaki. Mendadak Reza nyeletuk “Nama bom-nya kan Fat Boy”. Ivan bilang “Bukaaan… Fat Man namanya” Reza nyeletuk lagi “Oh iya, bener. Berarti yang satu lagi tuh Little Boy nama bom-nya”. Heran kok Reza tahu, Mamanya nanya “Kok Reza tahu?” Dengan kalem Reza bilang “Ada di buku dictionary punya Ayang” Mamanya jadi cengengesan, nggak percuma ya Reza suka habiskan waktu untuk baca buku-buku setebal bantal itu (‘́⌣’̀ )
30 Maret 2012

Lukman lagi nonton pakai headphone sambil ngemut2 mike-nya headphone itu. Trus Mamanya bilang: “Kok diemut, itu bukan makanan!” Eeee di jawab: “Ya sudah, mi goreng saja?!” Hahaha… Karena Mamanya tdk menjawab & hanya menatap tajam dg kening berkerut, dia bilang “Jangan dimarahin akuuuu!” •”̮•ћi..ћi..ћi•”̮•

26 Maret 2012

Soal Ujian Praktek Tengah Semesternya Reza:
Tulislah sebuah pantun dengan tema dan jenis yang kamu sukai.

Jawaban Reza?
Jenis pantun: Nasehat

Pantunnya?
Burung perkutut
Hinggap dipohon kedondong
Kalau mau kentut
Bilang-bilang dong

Gubraaak*&^%$#!…. *emaknya pingsan!*

17 Maret 2012

Pagi ini sampai disekolah Lukman langsung samperin ibu kepseknya, bilang “Saatnya berkemah, kak Endah. Aku mau tidur di tenda” Loooh masih akhir bulan campingnya, nak… Semangat banget siiih °\(^▿^)/°

15 Maret 2012

Kemarin Mamanya baru mulai nonton dvd Iron Lady saat Reza pulang sekolah. Nggak disangka dia ikut tertarik nonton. Sampai selesai filmnya kami nonton berdua, Reza banyak tanya ttg MT & hal2 yg tdk dimengertinya di film itu *menikmati sore bersama si sulung*

1 Maret 2012

“Aku ingin kembali ke gedung itu, kembali ke Kidzania jadi dokter gigi. Ada kuman2 jahat…” trus “Ada pemadam kebakaran teriak: apinya terbakar lagi!!” cerita Lukman dg gembira sepulang outing sama teman-teman dan ibu guru, mamanya nggak ikutan… Suddenly realizing that my little boy has grown up😉

16 Pebruari 2012

Saat ditinggal Mamanya nonton konser semalam, walau sudah diberitahu Mamanya pulang malam dan Lukman tidur sama Papa, dia tetap bilang “Mau sama Mama” sebelum tidur. Akibatnya, ia tidur lebih malam dari biasanya. Walau saat Mamanya pulang dia sudah tertidur namun semalaman terbangun-bangun terus, gelisah sekali tidurnya. Pagi tadipun bangun lebih cepat dari biasanya. Karena itu Mamanya tuliskan dibuku penghubung, seandainya Lukman kelihatan ngantuk berat atau pusing karena kurang tidur, minta diberitahu ibu guru.

Siang pulang sekolah, ibu guru bilang “Tadi jam 9.30 ketika asik menggunting gambar dirinya, Lukman minta ditelponkan Mama, namun ketika ditanya dia bilang tidak pusing dan tidak mau pulang. Hanya bilang: ‘Kangen sama Mama, mau sama Mama’. Selanjutnya Lukman tetap teruskan tugas menggunting hingga selesai” Ooowh (*^3^)♡♡

7 Pebruari 2012

Saat baru masuk sekolah, Lukman Ibrahim Salim dihampiri ibu guru yang bertugas menyambut murid-murid dihalaman. Ibu guru bilang “Selamat pagi, Lukman” Lukman jawab “Selamat pagi kak Rifda” lalu ia melihat tangan bu guru sambil bertanya “Sudah sembuh tangannya?” Bu guru jadi senyum dan bilang “Sudah, tapi masih belum boleh terlalu digerakkan” rupanya kemarin-kemarin tangan ibu guru diperban, dan hari ini sudah dibuka perbannya. Ibu guru jadi senyum, sambil memeluk Lukman bilang “Lukman perhatian sekali…”. That’s my boy😉

2 Pebrurari 2012

Obrolan dengan Lukman, didalam mobil dalam perjalanan kerumah tadi siang…
Lukman : “Ada binatang misterius , mereka loncat ke listrik (kabel listrik) lalu masuk ke pohon”
Mamanya : “Binatang kecil, warna coklat?”
Lukman : “Iya”
Mamanya : “Ekornya panjang?”
Lukman : “Iya”
Mamanya : “Matanya bulat hitam?”
Lukman: “Iya”
Mamanya : “Itu tupai, Lukman!”
Lukman : “Ooo tupai ya”
Mamanya : “Iya, kabel listriknya jadi jembatan untuk pindah ke pohon lain”
Lukman: “Tapi listrik kan bukan jembatan?”
Mamanya : “Dipakai seperti jembatan, karena tupainya kecil bisa lari diatas kabel”
Lukman : “Tidak kesetrum? Drrrzzzttttt!…” (bunyi seperti kesetrum)
Mamanya : “Tidak, karena kakinya tidak menyentuh tanah”
Lukman : “Seperti pertunjukan sirkus?”
Mamanya : “Iya betul, seperti sirkus, Lukman pintar!”(ˆ⌣ˆ)

16 Januari 2012

Pulang sekolah, Lukman cerita: “Kami bernyanyi lagu Kampuang Nan Jauah Dimato” hihihi seneng deh sudah bisa cerita tanpa ditanya. Makin seneng lagi mendengar cerita ibu kepseknya, rupanya dikelas Lukman bilang sama ibu guru “Kami bisa melakukannya” terus Lukman nyanyi di depan kelas. Waduuuh… hebat, Lukman! <(^.^)>

13 Januari 2012

A. Susah payah coba bikin origami kodok atas permintaan Lukman, setelah selesai Lukman bilang “Ini bagus, sekarang bikin mammoth ya?” (>-̮<) gubraaakkk

B. Selesai bikin origami gajah walau perasaan belum mirip banget, tapi saat Lukman bilang “Haaaah… itu gajahku!!” that’s good enough for me (ˆ⌣ˆ)

5 Januari 2012

Karena Reza membuat patung mini dari tanah liat yang menirukan Moai -patung batu di Pulau Paskah- topik obrolan siang ini jadi seru karena membahas tentang Polynesia. Reza yang rajin baca Wikipedia kasihtahu Mamanya bahwa Polynesia itu adalah grup kepulauan yang lebih dari 1.000 kepulauan yang tersebar di Samudera Pasifik. Areanya sering disebut sebagai Polynesian Triangle, dengan kepulauan Hawaii, New Zealand dan Pulau Paskah di-sudut2nya *edisibelajardarianak* (• ˆ⌣ˆ •)

1 Januari 2012

Barusan saya kasih tahu Reza tulisan di Planet Satwa ttg burung cuckoo. Mamanya kagum dg keunikan burung ini, yg ‘menitipkan’ telurnya utk dierami burung lain. Reza dg santainya bilang “Memang begitu, Mama” Mamanya: “Lho kok tahu sih? Mamanya aja baru tahu” Reza jawab “Ada di buku yg baru beli kemarin, sini Reza kasihtahu halamannya” Waduh, dia masih ingat di halaman mana keterangan tsb, padahal bukunya lumayan tebal, 200-an halaman. Hmmm… lama2 memang anak-kita kita yg lebih pinter ya, karena rajin membaca dan buku2 yg dibuat jaman sekarang ini bagus-baguuus sekali…

28 Desember 2011

Spt biasa kemarin sebelum tidur Lukman minta dibacakan buku: Kisah Tiga Beruang & Goldilocks. Ssdh habis cerita itu, Lukman lihat kebelakang bukunya & minta dibelikan buku Tiga Babi Kecil dr seri yg sama. Reza bilang “Sini Reza ceritain aja ya” Lalu Reza bercerita dg gaya yg ekspresif. Lukman mendengarkan dg serius. Haduuuh geli & seneng deh lihat mereka seperti itu. Lain kali, giliran Lukman yg cerita ya sayang! (˘⌣˘)ε˘`)

20 Desember 2011

“Apa yang ku berikan untuk mama, untuk mama tersayang.Tak ku miliki sesuatu berharga untuk mama tercinta” Lagu Untuk Mama yg baru diajarkan disekolahnya itu dinyanyikan Lukman waktu Mamanya telpon siang ini. Trus dia bilang “Aku doa untuk kakak, Mama cepat pulang, aku mencintaimu” haduuuh Mamanya jadi hiks hiks.. (ditulis saat Mamanya sedang menunggui kakak Reza di RS, dan tidak pulang kerumah selama 6 hari)

6 Desember 2011

Mamanya “Lukmaaan, tidur dooong, Mama nggak suka deh tiap malem musti marah2 biar Lukman tidur”. Lukman: “Iya, aku juga!” (dg muka sebel). Mamanya: “Maksudnya?” Lukman: “Aku juga nggak suka Mama marah2 tiap mau tidur!” Huahahaha, Mamanya takjub diprotes kayak gitu, jadi malah ketawa. Habis itu Lukmannya diam, tp tdk lama dia bilang “Aku mencintaimu, Mama” trus minta dipeyuuuukkk… Caaayaaang :-*

29 November 2011

Akhirnya kegiatan mendongeng jadi kegiatan favorit kami yang hampir tiap malam dilakukan. Kalau tidak Reza yang minta, Lukman yang menagih sambil bawa buku pilihannya “Ayo Mama, baca yang ini”. Rasanya senang ya duduk memangku buku, Lukman di kanan saya, menempelkan dagunya dibahu saya membaca kata-kata yang saya tunjuk dan Reza di kiri saya, sambil senderan, dan ikut juga melihat gambar-gambarnya.

27 November 2011

pertanyaan Reza saat lagi belajar PKN “Kenapa sih kok adanya Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri? Bukannya Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Pendek?” Ĥϋãá-ĥã-ĥã-ĥã:D

27 November 2011

lagi nengokin apa yg dibuka Reza yg lagi browsing, ternyata yg dibuka wikipedia tentang Javelin. Jadi nanya sama Reza “Apaan sih, Javelin?” Reza bilang “Sebangsa tombak, yang dipake tentara2 Yunani kuno, Romawi, Iberia, dll dijaman klasikal”. Mamanya: “Ooo itu ya artinya, Mama baru tahu, kan itu nama model bb-nya Mama, Javelin” Reza nyengir2: “Mmmmm bisa dilempar nggak kaya tombak?” Weeeeekkk!!!! (̾˘̶̀̾ ̯˘̶́̾ ̾̾’̾̾)̾\(‘́⌣’̀ ) Mamanya acak²in rambut Reza hehe…

lanjut ngelihat foto kostum tentara Romawi, keren banget, Mamanya dg sotoy nanya “kok nggak lengkap dg chariotnya ya, coba ada kan makin keren tuh” Reza dg muka bingung bilang “emang tentara Romawi nggak pake chariot, Mama. Yg pake tuh tentara Mesir, Yunani. Klo di Roma chariot cuma buat balapan aja” uuupsss ωăkåkăkåkă ωăkåkăkåkă …

25 November 2011

Lucu banget sore ini. Mendadak Lukman tertarik dg komik sejarahnya Reza, baca buku Alexander The Great. Melihat adiknya buka komik itu, Reza spontan menawarkan “Mau dibacain?” tentu saja adiknya mau. Yang bikin Mamanya ketawa geli, Reza membacakan dengan meniru gaya Mamanya mendongeng sebelum bobo: tiap tokoh berbeda suaranya, sesuai karakternya…

24 November 2011

Terpana mendengar Lukman bilang sore ini: “T-rex itu PREDATOR, Mama… Dia makan daging dan ikan…” waaah makin gaya deh, sesudah kata ‘fantastis’ dan ‘egois’ bulan lalu, bulan ini nambah dengan’predator’ hihihi….

18 November 2011

Pagi ini dapat cerita dari sekolahnya Lukman. Ia mendatangi kantor Ibu Kepala Sekolahnya dan bilang “Ayo Kak Endah, liat Tiaz (teman sekelasnya). Dia sakit. Panas” (Lukman bicara sambil pegang keningnya). Lukman memaksa beliau ke kelasnya untuk melihat temannya itu, padahal beliau sedang mengerjakan sesuatu… Mamanya seneng banget dg inisiatif Lukman itu. Apapun yang ada dipikirannya, tindakannya tsb menunjukkan ia sudah bisa ber empati dengan temannya. Caayaaaang! ♥♥ (˘⌣˘)ε˘`)

24 Oktober 2011

Malam ini Lukman lagi suka pakai kata-kata sulit. Kata pertama: (saat nonton film dokumenter binatang) “Cheetah itu jahat ya, jahat dan EGOIS” haaa? Kata kedua: “Aku suka bola-bola cokelat. Mama beliin banyak-banyak ya. Rasanya enak dan FANTASTIS!” •”̮•ћi..ћi..ћi•”̮•

20 Oktober 2011

Sebelum tidur saya ngobrol dengan Reza tentang gedung Stovia dan Dr Wahidin Sudirohusodo, berusaha membuat Reza tertarik dengan sejarah bangsanya. Tapi entah kenapa pembicaraan teteup jadi berlanjut ke sejarah luar negeri. Reza bilang “Siapa tuh Mama, nama pendiri kota Roma?” Lah, mana Mamanya tahu ya? Reza lanjut “Itu loh, bayi kembar yang disusuin srigala, ada patungnya itu” Mamanya ingat pernah lihat patung itu, tapi nggak tahu kalau patung itu menggambarkan legenda pendiri Roma. Lalu saya googling, ketemu deh nama-nama pendiri kota Roma: Romulus dan Remus. Lanjut Reza lagi “Romulus dan Remus itu membuat kota Roma dengan kedua tangannya. Romulus membuat batu bata, Remus mendirikan bangunannya. Dari desa kecil mereka bikin kota yang besarnya 1/4 kota Roma sekarng. Kehebatan mereka ini menjadi kekaguman rakyat sehingga mereka menjadi penguasa. Lalu Romulus membunuh Remus karena tidak ingin berbagi kekuasaan”… Cerita selanjutnya baca di blog saja ya, nggak muat disini hehehe… *dongengsebelumbobonyaReza*

12 Oktober 2011

Saat mau ulangan PKN dan ditanyai untuk latihan sebelum ulangan, Reza menjawabnya asal2 aja, lebih sering salah dibanding benarnya. Sepertinya belajar tentang struktur organisasi keluarahan, badan permusyawaratan desa, pemerintahan kecamatan, nggak banget buat dia. Tapi saat ditanya pelajaran IPA tentang rangka, tulang dan lima indera, Reza bisa jawab semua bahkan bisa menambahi keterangan detail yang tidak ada dibuku. Waktu saya bilang “Kok kalau IPA bisa jawab semua pertanyaan Mama?” Reza bilang “Karena Reza suka”. Hmmmm ngedapetin ‘suka’nya itu ya, susah bener (⌣́_⌣̀)

27 September 2011

Siang ini saat dijemput disekolah, kak Wiwik ibu gurunya Lukman  bilang “Lukman minta ikut mobil antar jemput tadi, tapi saya minta Lukman ijin dulu sama Mamanya” Haaaa? Mau ikut mobil antar jemput? Waduuuh anak PapaMama makin pede nih, dan makin pingin sama teman2 terus. Kemarin sih memang sudah bilang waktu ketemu supir mobil antar-jemput: “Aku mau disini, kak Erwin…” hihihi🙂

23 September 2011

Obrolan siang dengan Reza: “Mama tau nggak ada sebangsa yogurt tradisionil di Minang yang namanya dadiah?” ya tahu dong, kan Mama pernah nyobain. “Tau nggak kalau diJepang diproduksi yogurt yang namanya Dadihi yang terinspirasi dari dadiah itu?” hmmm kalo itu Mama nggak tahu. “Trus ditivi tadi ada cerita ttg asal istilah ‘Minangkabau itu, Mama” Reza jadi tau dong ceritanya? “Reza kan sudah tau dari Ayang” Hmmm itu ya enaknya masih punya nenek yang suka cerita ttg kampoeng halaman, jadi narasumber untuk cucunda😀

9 September 2011

Waktu kedokter pagi ini, Lukman bisa menjawab saat Dokter tanyakan “Kenapa Lukman?” Dia jawab “Tenggorokanku sakit”. Tapi saat ditanya lagi “Minum es ya?” Lukman jawab “Tidak, aku makan garam” (whaat?). Jadi waktu pulang dipesenin sama Dokter: “Mandi air hangat ya, jangan makan gorengan, eskrim, juga garam” huahaha!…

5 September 2011

Masih kelanjutan kue kemarin, hari ini finishing bikin kuenya, dan anak2 membawa hasil buatannya kerumah. Kak Wiwik bilang “Lukman, kuenya boleh dihabiskan dirumah ya” Lukman jawab “Tidak kak Wiwik, ini untuk Mama” qiqiqi… Kak Wiwik nggak tahu, kemarin Mamanya sudah pesan: “Besok Mama dibagi kuenya ya Lukman…” (^o^)

19 Agustus 2011

Ketika membuat kue disekolah pagi ini, kak Wiwik guru Lukman bilang “Naaah, sudah jadi, cantik kan kuenya?” Lukman  bilang “Bukan, kak Wiwik, yang cantik itu Mamaku. Rambutnya panjang…” Hihihi anak pintaaarr! <(^.^)>

18 Agustus 2011

Tadi siang kami sekeluarga pergi ke fx untuk nonton premier film anak-anak: 5 Elang. Agak deg-degan juga ajak Lukman ke fx karena dia tidak suka mal itu, selalu minta pulang kalau sedang disana. Syukur kali ini Lukman cukup nyaman dan bisa bercanda dengan kakak2nya. Sesudah nonton dia tertarik dengan seluncuran Atmosfear setinggi 7 lantai disitu, dan nangis kejer dimobil karena tidak mau pulang sebelum naik Atmosfear tsb. Waduh nak, Mama aja takut loh naik itu (@_@)

17 Agustus 2011

Obrolan saat menggunting kuku: Lukman bicara sambil melihat kukunya “Tajam seperti T-rex”. Mama: “Kok seperti T-rex, memangnya jari T-rex ada berapa?”. Lukman: “Tiga”. Mama: “Trus jari Lukman ada berapa?”. Lukman: “Empat”. Mama: “Lho kok empat? Coba hitung lagi”. Lukman: “Ada lima!”. Mama: “Jadi lebih banyak jari siapa?”. Lukman: “Lukman. Dua jari” *belajarmathsambilguntingkuku* hihihi….

31 Juli 2011

Obrolan pagi dengan Reza: saya kasihtahu Reza ada bukit-bukit yang bentuknya seperti piramida ditemukan di Jawa Barat dan juga Lombok Selatan. Karena masih penelitian, belum ada info yang pasti tentang apa yang ada didalam bukit2 tersebut. Reza lanjutkan obrolan dengan bertanya “Mama tahu nggak ada bentuk2 lain makam jaman dulu di Mesir” Saya jawab saya cuma tahu piramid. Kata Reza “Ada juga yang makamnya berbentuk kotak, mastaba namanya. Selain itu juga ada makam oasis, disebut seperti itu karena lokasina dekat oasis”. Hmmm Mamanya musti googling lagi nih😉

27 Juli 2011

Baru sehari belajar disekolah, karena kemarin kebetulan kita berkunjung kerumah teman didaerah Lubang Buaya dan membahas G30S PKI ketika dijalan, Reza sekarang lagi baca buku IPSnya dengan serius. Padahal pembahasan G30S PKI itu ada dibab terakhir buku tersebut. Ternyata rasa penasaran lebih berhasil membuat Reza mau buka buku pelajaran ketimbang alasan mau ulangan besok😀

25 Juli 2011

Lukman sejak jadi anak SD selalu semangat, bahkan pagi ini saat diajak mandi (biasanya dibujukin atau dikitik2 dulu baru mau mandi) dia bilang “Aku mau sekolah!” dan jalan duluan kekamar mandi. Kakak Reza hari ini baru mulai masuk kelas 4. Ia minta dibangunin lebih pagi karena mau naik mobil sekolah. Tapi karena hari ini jadinya diantar, saya bangunkan seperti biasa. Begitu bangun dan lihat jam, ia langsung protes “Kok baru dibangunin?” <(^.^)>

20 Juli 2011

Lukman saya minta rapihkan mainannya. Dia menurut dan mulai merapihkan. Tapi mendadak dia berhenti dan peluk saya. Saya senang dong, jadi saya peluk balik Lukmannya. Lalu dia bilang “Mama bantuin rapihkan dong. Aku sebelah sini Mama sebelah sana” Huehuehue rupanya pelukan itu sogokan supaya Mamanya bantuin dia merapihkan. Saya bilang “Lukman  bisa sendiri kok”. Akhirnya selesai juga Lukman rapihkan semua sendiri😀

13 Juli 2011

Diajakin nonton, Lukman kekeuh nggak mau ikut dan bilang “Mama saja sama kakak Reza” dengan alasan “Suaranya terlalu keras, Mama”. Mungkin Lukman masih cape karena kemarinnya puas main di The Playground @ Kemang, jadi saya nggak paksakan dia ikut, dan nonton berdua Reza saja. Pulangnya saya ngobrol sama Lukman, sambil peluk2…. Eeeh kakaknya jealous, minta dipeluk juga! Ampyuuuun deh, saingan terus sama adek padahal baru pergi berduaan🙂

8 Juli 2011

Sama anak-anak dan Papanya tadi ke Sea World, disitu Lukman sempat hilang! Sesudah puas keliling2, saat mau pulang ada pertunjukan memberi makan ikan hiu. Lukman jadi lepas dari pegangan Papanya karena nyelip diantara penonton supaya bisa maju kedepan nontonnya. Begitu pertunjukan selesai penonton bubar, Lukmannya tidak kelihatan! Saya dan Papanya pisah mencari berkeliling. Reza menjaga dipintu keluar. Ada 10 menit cari-cari, terdengar pengumuman public speaker “Ditemukan anak bernama Lukman dengan ciri-ciri baju kaus hitam celana pendek jeans” Langsung deh kami lari ke information. Lukman ada disana, tidak menangis, lagi ngobrol dengan mbak2 dan satpam disana! Ketemu kamipun biasa2 saja, seperti kalau ketemu saat pulang sekolah! Qiqiqi🙂

30 Juni 2011

Baru dapat buku dongeng di Kampoeng Maen, sejak kemarin saya mulai bacakan untuk Lukman. Tapi ternyata bukan hanya Lukman yang senang, kakak Reza juga ikut mendengarkan. Dan malam ini Reza tanya “Nanti baca buku dongeng lagi nggak sebelum tidur?” hihihihi….

27 Juni 2011

Lagi lihat-lihat blognya La Rizz yang isinya kue2 yang lucu2, Reza yang ikut lihat sampai bilang “Boleh gak nanti waktu Reza ultah kuenya dari La Rizz” Saya jawab “Kalau ultahnya sekalian disunat, boleh deh..” Reza langsung teriak “Tidaaaak…!” hihihi😀

21 Juni 2011

Lukman bangun tidur batuk-batuk (sejak kemarin batuk pilek). Reza dengan inisiatif sendiri ambilkan minum air putih untuk adek. Lukman terima gelasnya sambil bilang “Makasih kakak….” Duuuh senengnya kalau anak-anak Papa Mama lagi akur begini🙂

20 Juni 2011

Episode kesekian ttg jenggot Papanya (yang kata Lukman seperti durian, nenas, landak, bulu babi dan ikan buntal itu) : saat mau tidur Lukman mencium Papanya dan dicium balik, ia selalu menjerit “Aw, aw! Kena durinya! Cium Reza saja” sambil tunjuk kakaknya. Reza lalu dicium Papanya, juga menjerit “Aw, aw!” sambil cekikikan. Heran, ini anak2 belajar acting dimana ya *eyes rolling*😀

(16 Juni 2011)

Tadi pagi Lukman mau keluar kamar saya halangi, karena mau semprot hidungnya dulu. Lukman lalu bilang “Excuse me, aku mau lewat!” Ĝũßяªªªªк…..!!!😀

12 Juni 2011

Hiks… terharu banget mendengarkan obrolan Reza dengan Paman Gery (on air di FeMale Radio). Walaupun suka sebel kalau adek Lukman suka mendadak mukul/gigit, Reza bilang dia tetap sayang adek, mau jaga dan ajarin adek terus “karena Lukman kan adek Reza” katanya….

9 Juni 2011

Lukman lihat Papanya cuma pakai celana jadi nanya: “Papa kenapa gak pake baju?” Papanya jawab “Habis olahraga, keringetan, sayang. Lukman lalu masuk kamar, dan keluar lagi… bawakan baju kaus Papanya!! “Ini pake, Papa!” Papanya langsung cium Lukman dan bilang “Makasih ya cayang!”

22 Mei 2011

Tidak disangka, mendengar cerita kami Reza jadi meneteskan airmata, walaupun ia jadi malu dan menutup mukanya dengan bantal. Setelah beberapa detik bertukar pandang dengan Papanya, saya jadi spontan memeluk Reza dan begitu juga dengan Papanya. Akhirnya kami bertiga berpelukan seperti teletubbies… (baca cerita lengkapnya di posting One Emotional Moment)

10 Mei 2011

Semalam waktu Lukman mau bobo ditungguin Papanya, dia pegang2 dagu Papanya yang ada jenggot baru tumbuh. Lukman bilang “Seperti bulu babi…” Papanya jawab “Bobo, Lukman” Lukman masih ngoceh “Seperti landak…” Papanya jawab “Ayo bobo, sudah malam” Terakhir Lukman bilang “Seperti ikan buntal!…” Hihihihi😀

8 Mei 2011

Hari ini baru tahu kalau arah menulis tulisan Hebrew itu dari kanan ke kiri, seperti kalau menulis tulisan Arab. Yang kasih tahu? Reza😀 *belajardarianak*

5 Mei 2011

Karena mau UTS PKN (bukan favoritnya) Reza ditemenin mamanya belajar dengan membaca lagi ulangan yang lalu. Salah satu soalnya diminta membuat puisi untuk guru, dan Reza menulis seperti ini:

GURU

Guru…

Terimakasih guru

Karena kau mengajarku

Guru

Walaupun kau membuatku kesal

Aku maafkan

Guru

Oh guruku yang baik

•̃͡ĜũßяªªªªªªЬяк…..!!!

29 Mar 2011

Mamanya baru masuk kerumah, Lukman yg sedang nonton tivi teriak “Lihat Mama!” sambil nunjuk ketivi. Ternyata lagi infotainment ttg kedatangan Justin Bieber. Mamanya tanya “Siapa itu?” Dia jawab sambil malu2 “Justin Bieber” wah kaget juga dia tau JB ya. Lalu Mamanya tanya lagi “Ngapain dia?” dijawab “Dia mau kesekolah!” Wahahaha!

9 Mar 2011

Menguping pembicaraan mbak & mas perawat di klinik tempat Reza di inhalasi, mereka mbahas buku2nya Reza. Mbaknya: “Dek Reza ini suka banget mbaca ya, selalu bawa buku terus”. Masnya: “Iya, kalu anak lain kan main sambil di-inhalasi, kalo dek Reza malah mbaca, udah gitu bukunya tebel2”. Mbaknya: “Iya, tiap hari beda lagi buku yg dibaca”. Mamanya jadi senyum2 sendiri denger omongan mereka…

7 Mar 2011

Jealous pada kakak Reza yang bobo sama Mamanya karena lagi sakit batuk, Lukman habis minum susu sebelum tidur acting batuk2 dan bilang “Eza batuk, Lukman batuk”. Maksudnya kebaca deh: Lukman juga batuk, boleh bobo sama Mama juga dong. Hihihi akal2annya Lukman boleh juga…

5 Mar 2011

“Mamaaaa… bukain pintu doong” wah kejutan nih, Lukman ngomong pake ‘dong’ qiqiqi…

2 Mar 2011

Lagi mau diajakin menulis, Lukman tulis MAMA. Lalu saya minta “Kalau tulis Papa gimana?” Jawabnya “Nggak bisa, Papa dikantor!” hihihi pinter aja cari alasannya…

28 Feb 2011

Lukman tanya: “Mama, India itu apa sih?” hihihi… Selama ini Lukman cuma tahu India itu tempatnya gajah Asia. Lalu siang ini dia nonton film kartun yang ada tarian India-nya, dan keluarlah pertanyaan itu. Mamanya dengan semangat mengeluarkan buku “Atlas Bergambar Pertamaku” untuk kasih tahu Lukman…

18 Feb 2011

Sampai dirumah sepulang workshop, saya lupa mencopot name tag didada. Lukman bertanya “Apa itu?” Saya jawab “Ini nama Mama, coba dibaca” Lukman mulai mengeja “errrr…” lalu berhenti dengan malu2 dan akhirnya bilang “Cantik!” hehehe anak pinterrrr!

12 Feb 2011

Percakapan dimobil. Lukman: “Wah lihat, bulannya tidak bulan sabit!” Reza: “Bulannya mau purnama, Lukman” Mereka terus asik melihat. Reza: “Lukman, yang kelihatan titik2 dibulan itu sebetulnya lubang2 dipermukaan bulan, bekas meteor” L: “Ooo gitu. Kalo matahari?” Reza: “Kalo matahari nggak keliatan bolongnya karena ditutup gas yang terbakar jadi panas dan cahaya. Kalo dibulan gak ada alien, adanya diplanet Mars yang suka disebut planet hantu” Hantu?😀

11 Feb 2011

Pulang kerumah, Reza yang rada nggak enak hati karena Lukman bete sejak pagi jadi berusaha menghibur adiknya. Saat cuci tangan Reza panggil Lukman dan perlihatkan gelembung sabun yang ditiupnya. Lukman jadi ikutan dan ketawa-ketawa

9 Feb 2011

Dirumah hujan baru turun, Lukman masuk kamar kasih tahu Mamanya “Mama, hujan turun!” terus lihat keluar jendela kamar. Lalu habis itu dia bilang “Papanya belum pulang…” Sepertinya dia gelisah mikirin Papanya nanti kehujanan. So sweet….😀

7 Feb 2011

nikmatnya buka bersama keluarga dirumah…. apalagi adek Lukman yang biasanya nonton papa mama & kakak sholat berjamaah, magrib tadi mau ikutan sholat juga. Tapi jadinya nggak bisa khusuk, Lukman nengok2 kebelakang sambil senyum2 terus ke mamanya, & kakak sibuk ngebenerin sikap sholat adek, wah kacau deh hihihi….

29 Agt 2009

7 thoughts on “From Facebook

    • Hallo mba. Saya jg punya anak 3 tahun laki2 n punya keluhan sm dgn lukman tapi anak saya tdk Ada kontak mata klu diajak bicara klu dipanggil kadang2 denger n sdh bs mengeluarkan kata2 seperti apple, dll tapi blm bs manggil bunda n ayah. Saya sdh konsultasi dgn dokter spesialis tumbuh kembang anak ke 2 dokter n tdk dimata. Klu anak saya autis ktnya hanya telat bicara tp disarankan hrs terapi perilaku n wicara ktnya u si anak biar bs konsentrasi dl. Krn sy tinggal di Singapore sy periksa lg ke dokter tumbuh kembang anak tapi dokter bilang klu anak sy autis, say shock n sedih dengarnya akhirnya saya ikut terapi disingapore Dan br berjalan 2 x, Dan saya ikut program diet u anak saya krn sy me lihat temen anak sy berhasil. Apakah lukmam Ada diet jg? Krn sy jg msh bingung apa benar hrs diet makanan yg gfcf, maaf saya jadi curhat banyak, terima ksh sebelumnya

      • Salam kenal juga mbak Nita😉
        Kalau bisa sih memang diet mbak, kalau Lukman sudah terbiasa tidak diet karena tidak disarankan ketika baru di diagnosa, jadi agak sulit memulainya sekarang. Semakin dini memulainya pasti lebih mudah mengatur agar anak terbiasa dengan diet.

        Saya hanya membiasakan gaya makan sehat: tidak makan yg manis2 seperti permen, minuman jus botol/kalengan, minuman soda, juga tidak makan makanan berpengawet, atau berMSG, sebisa mungkin makan yang fresh, tidak makan nugget/sosis/burger yg dijual diswalayan karena pasti ada pengawetnya.

        Kalau melihat pengalaman teman-teman yang anaknya diet memang ada efek yang bagus untuk kesehatan dan peningkatan perkembangan anaknya. Sayangnya saya baru kenal dengan komunitas yang melakukan diet ini baru2 saja, jadi masih belajar juga untuk pelaksanaaannya.

        Oh iya, Lukman juga tidak minum susu. Awalnya karena ia diare dan tdk boleh minum susu. Lalu ketika mulai minum lagi, dia bisa bilang: “Aku tidak bisa konsentrasi” saat sedang terapi. Nah dengan langsung kelihatan efeknya seperti itu saya lengsung hentikan konsumsi susu. Memang sih jadi lebih kurus dari biasanya, tapi yang penting tetap sehat, dan belajarnya bisa konsentrasi.

  1. Terima kasih sharenya mbak,
    Mbak mau Tanya brp lama waktu lukman terapi? Apa yg hrs diberikan dirmh spy anak saya bs konsentrasi seperti lukman krn anak saya tdk Ada kontak mata klu diajak ngomong pasti g betah lama. Apakah selama terapi hrs Ada dokter u méngetahui perkembangan ya smp dmn krn Saat ini sy tdk Ada dokter u konsultasi stlh menjalankan terapi hanya dokter pertama saya bawa ke tumbuh kembang anak.
    Maaf ya saya jd byk Tanya mbak, terima ksh sebelumnya.

    • Dulu saya nggak ada masalah kontak matanya Lukman. Hanya dengan orang lain dia kurang kontak matanya, tapi itupun tetap ada kontak mata walau tidak lama. Jadi saat masih umur sekitar 3 tahun saya tidak ada latihan khusus utk kontak mata. Terapi yg dijalankan adalah terapi wicara 2x seminggu dan terapi SI 2x seminggu juga.
      Untuk dokter, Lukman yang mendiagnosa psikolog, dan psikolog ini juga partner sekolah yang Lukman masuki. Jadi beliau selalu monitor dari laporan2 di sekolah.
      Karena lewat sekolah, jadi kami tidak ada konsultasi langsung khusus karena sudah ada komunikasi melalui sekolah. Begitu mbak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s