Wisuda Lukman

Alhamdulillah, tanggal 13 Juni 2017 sore Lukman telah menjalani wisuda di sekolahnya, pada acara Pelepasan Kelas Sautrnus di SD Tetum Bunaya. Dengan demikian, selesailah masa pendidikan Lukman di Sekolah Tetum Bunaya, yang sudah berlangsung hampir 10 tahun, dimulai dari kelas Play Group, TK sampai lulus SD.

Acara berlangsung di halaman dalam sekolah. Walau cuaca mendung, acara tetap dimulai tepat pada waktunya.

 

Ketika akan disampaikan sambutan dari pihak sekolah, titik-titik air mulai berjatuhan. Akhirnya acara dipindahkan ke aula didepan perpustakaan SD.

Setelah sambutan-sambutan, mulailah bagian acara yang kami tunggu-tunggu. Seluruh murid kelas Saturnus akan membacakan karangannya yang dikumpulkan menjadi sebuah buku Sastrunus.

Walau sudah cukup sering tampil di panggung sepanjang perjalanan di SD, walau sudah cukup sering presentasi dengan sukses, tiap kali ada tugas untuk tampil Lukman selalu harus dibujuk dan dibesarkan hatinya agar mau tampil pede.

Beberapa hari menjelang wisuda, guru kelasnya telepon saya menginfokan Lukman belum mau latihan membaca hasil karyanya karena masih malu. Lalu saya minta bu guru kirimkan teks yang akan dibaca, karangannya sendiri yang jadi bagian buku Sastrunus, buku yang dicetak khusus berisikan kumpulan karya murid kelas Saturnus (kelas 6) untuk latihan dirumah.

Kalau dirumah tentu saja satu dua kali bujukan sudah berhasil membuatnya mau latihan dan membaca dengan lantang. Lain halnya ketika disekolah, apalagi melihat banyaknya penonton, para orangtua, yang hadir di acara wisuda kemarin.

Akhirnya dengan didampingi Ibu Endah W Hudaya, pendiri Sekolah Tetum Bunaya, Lukman dapat membacakan karangannya dengan suara lantang

Setelah itu lanjut acara Kilas Balik, dimana guru Lukman membacakan kronologisnya dari mulai masuknya murid-murid kelas Saturnus, ada yang sejak Playgroup, ada yang dari TK dan SD. Lukman adalah murid pertama yang mendaftar menjadi murid playgroup di kelasnya. Karena itu dalam acara Kilas Balik tersebut Lukman memimpin barisan murid kelas Saturnus, membawa lilin.

Setelah itu tibalah acara yang ditunggu-tunggu, prosesi wisuda, pemberian surat kelulusan bagi semua murid kelas Saturnus.

Kami bersyukur Lukman telah melewati masa pendidikan dasarnya, berhasil lulus dengan mengatasi berbagai kendala dan permasalahannya berkat kerjasama yang baik antara rumah dan sekolah.

Walau PR Lukman masih cukup banyak, kami optimis Lukman akan berkembang lebih baik lagi, dengan kerja keras, usaha dan tentunya doa yang tak putus kami panjatkan kepada Allah swt.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s