Special Day

Kemarin adalah hari yang mendebarkan untuk keluarga saya. Keponakan saya satu-satunya, Ivan, sedang menunggu pengumuman keluarnya daftar siswa SMA yang berhasil lolos SNMPTN, SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) atau lebih terkenal dengan sebutan “jalur undangan”.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional  berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Setiap sekolah tingkat menengah negeri maupun swasta berhak mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN asalkan memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.

Sejak kelas 10 Ivan memang punya target  untuk masuk PTN lewat jalur undangan ini. Karena itu ia selalu berusaha keras untuk mendapat nilai yang terbaik. Beberapa kali ia dapat peringkat 1 dikelas, dan selalu masuk 5 besar di sekolahnya, SMAN 38.

Ivan

Ivan juga mengikuti bimbingan belajar sejak awal kelas 12, hampir tiap hari belajar disana, juga belajar bersama dengan teman satu sekolahnya. Saya melihat cara belajarnya saja sudah capek sendiri, sering sekali ia begadang demi menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Sering juga ia tidak dapat ikut acara keluarga karena tidak ada waktu luang. Sedih juga melihat anak muda harus menghabiskan masa remaja untuk tugas akademis saja. Namun itulah jalan  yang ditempuhnya, dan Ivan sangat konsisten, tidak perlu dikejar-kejar untuk belajar, selalu punya semangat untuk dapat jadi yang terbaik.

Sebetulnya seminggu sebelum pengumuman ini Ivan mendapat masukan yang cukup mengecilkan hati, karena dari hasil-hasil tryout di bimbelnya dikatakan kurang cukup menjanjikan untuk dapat masuk Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Indonesia yang ditujunya. Konselornya mengusulkan agar Ivan memikirkan betul fakultas dan universitas tujuannya, karena jalan itulah yang harus ditempuh seandainya Ivan tidak lolos jalur undangan.

Hari Rabu 26 April 2017, saya sudah siapkan daftar berbagai link yang dapat dibuka untuk mencari tahu hasil SNMPTN. Menurut pengumuman resmi, hasil SNMPTN akan dikeluarkan jam 14.00 hari itu. Ivan dan bundanya justru berniat akan membuka di sore hari, setelah ia pulang kerumah dari sekolah. Namun saya sudah pantengin websitenya sejak pagi, dan melihat belum ada apa-apa selain hitungan mundur menjelang jam 14.00.

Tepat jam 14.00 saya buka link SNMPTN, ow harus menulis nomor pendaftaran rupanya. Saya cepat-cepat tanya pada bundanya Ivan. Lalu ia berikan nomor dan juga tanggal kelahirannya. Bismillah, saya masukkan data-data tersebut… dan voila! keluar data Ivan disertai keterangan: “Selamat, anda dinyatakan lulus SNMPTN”. Waaah saya langsung teriak2 “hyperbola) di WA group keluarga. Kakak saya yang tidak ngantor hari itu buru-buru datang kerumah, memastikan sendiri dengan melihat pengumumannya. Akhirnya kami berdua menangis bersama 😀

Alhamdulillah… Selamat ya uda Ivan sudah diterima di Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Indonesia lewat jalur undangan (SNMPTN) 2017.
Semua kerja keras, waktu yang dicurahkan untuk kerjakan soal2, begadang kerjain tugas2 sekolah, semua tidak sia-sia ya😉
Semoga kedepannya Ivan akan semakin sukses, semakin tangguh dengan tugas yang semakin tak mudah, dan selalu semangat mencapai cita2. Aamiin yra…

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s