World Autism Awareness Day 2017

Sudah sejak beberapa minggu yang lalu kami merencanakan untuk mengikuti acara perayaan World Autism Awareness Day (WAAD) tahun ini. Namun tunggu-tunggu kok belum ada berita baik dari Yayasan Autisma Indonesia maupun lembaga lainnya. Saya menebak-nebak tidak adanya acara mungkin karena sedang masa kampanye Pilkada DKI atau karena sudah akan ada event Autism Games untuk lomba olahraga penyandang autis bulan depan.

Anyway, ketika mendekati hari H, ada rencana mendadak untuk kumpul keluarga dari pihak Papanya Lukman. Kebetulan jatuhnya sehari sebelum WAAD. Ketika sedang janjian waktu dan tempat bertemu, saya mengajak semua saudara yang akan hadir untuk mengenakan sesuatu yang berwarna biru, untuk menunjukkan kepedulian, menyambut WAAD.

Di hari H, pertemuan di daerah Tangerang yang cukup jauh dari tempat tinggal, serta jalan macet, cuaca hujan deras, tidak menyurutkan langkah saudara-saudaraku untuk berkumpul. Satu demi satu berdatangan… mengenakan baju nuansa biru!

Terharu sekali ketika semua sudah hadir. Dari Oma, neneknya Reza & Lukman, sampai Rayyan, anggota termuda keluarga kami, memakai baju nuansa biru. Semua peduli dan “wear blue to show they care”.
Support keluarga seperti inilah yang dibutuhkan anak-anak special needs untuk dapat berkembang seoptimal mungkin, dan Lukman beruntung sekali memiliki keluarga yang menyayanginya apa adanya.

Tidak hanya keluarga Papanya, sejak beberapa hari yang lalu saya sudah minta kakak, saudara dan sahabat2 saya (aunties-nya Lukman) ikut serta merayakan World Autism Awareness Day dengan memakai sesuatu berwarna biru, memotretnya dan mengirimkan kepada saya. Ternyata semua memenuhi permintaan saya, dan inilah foto-foto mereka dengan berbagai gaya di hari istimewa ini. Ada yang masih di kantor karena bertempat tinggal dibelahan dunia berbeda, ada yang sedang jalan-jalan liburan, ada yang sendiri, ada yang beramai-ramai dengan teman se kantor, ada yang mengenakan dasi biru, baju formal, baju santai, bahkan berkebaya biru karena sedang ada acara pernikahan. Semua yang hadir disini sangat peduli pada Lukman dan Reza, segala keberagaman latar belakang para aunties justru mempererat hubungan kami, dan semoga itu tertangkap oleh Reza dan Lukman, membentuk pribadi yang toleran untuk masa depan yang lebih indah.

PIC

Oh iya, selain itu, ada kabar baik saat H-1, dimana Yayasan Autisma Indonesia mengumumkan kembali akan melaksanakan momentum tahunan “Light It Up Blue” (LIUB). Berkat partisipasi dan dukungan penuh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, tahun ini Monumen Nasional kembali menjadi pusat kampanye LIGHT IT UP BLUE di Indonesia. Selain Monas, beberapa ikon bangunan di kota lain juga akan diselimuti cahaya biru sepanjang April 2017 sebagai tanda solidaritas kepada individu dengan autisme di seluruh dunia. Tahun ini, kampanye LIUB memperoleh tambahan satu ikon bangunan lagi yang akan diselimuti cahaya Biru, yakni Tugu Kujang di Bogor.

monas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s