Sidang Karya Ilmiah Reza

Reza kemarin sudah menjalani sidang karya ilmiah (KI) di SMP Lazuardi GIS Jakarta, sebagai salah satu syarat kelulusan. Sejak awal semester ganjil yang lalu pembuatan KI nya yang berjudul “Pengaruh Perang Dingin Terhadap Perkembangan Teknologi Militer” Reza buat sendiri secara mandiri. Topik ini memang favorit Reza, politik dan militer memang jadi perhatiannya sudah sejak masih di bangku SD. Karena itu tidak heran ketika diminta memberikan topik KI, Reza tidak banyak pertimbangan langsung berikan judul itu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Semester lalu setiap hari Jumat Reza membawa laptop ke sekolah, mengetik KInya, menyiapkan slide presentasi, semua dilakukannya sendiri. Kami hanya bantu dua hari sebelum presentasi dengan latihan dirumah, menghitung lamanya presentasi dan meringkas topiknya yang luas agar sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

Alhamdulillah presentasi dapat Reza lakukan dengan lancar, pertanyaan-pertanyaan dari team penguji dapat dijawab dengan baik. Ibu Direktur yang menjadi salah satu penguji mengatakan “Paper ini serius sekali” dan menanyakan sudah berapa lama Reza mengerjakan KI tersebut.

Sepulang Papanya dari kantor, kami ngobrol berempat di meja makan, membahas sidang KI tersebut. Senang sekali mendapat tanggapan yang baik dari team penguji yang terdiri dari dua orang guru (salah satunnya Ibu Direktur) dan satu orang kakak kelas di SMA Lazuardi. Kakak kelas menanyakan tentang “Apa sih Perang Dingin itu” Reza menjawab dengan baik, bahwa Perang Dingin dinamakan seperti itu karena kedua belah pihak tidak pernah terlibat dalam aksi militer secara langsung, namun masing-masing pihak terpacu untuk membuat senjata yang dapat menyebabkan kehancuran besar. Reza juga memberikan contoh: Perang Dingin juga mengakibatkan ketegangan tinggi yang pada akhirnya memicu konflik militer regional seperti Perang Korea. Penguji selanjutnya menanyakan tentang Perang Korea, yang sebetulnya tidak masuk kedalam pembahasan KI Reza. Namun karena mengetahui dengan baik, Reza dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan berikutnya dari Ibu Direktur memberikan tambahan masukan untuk kelengkapan KInya, beliau juga menyarankan Reza menambahkan table perbandingan, buku untuk referensi, dan memberikan komentar: “Paper ini serius sekali” dan menanyakan berapa lama Reza menyusun KInya. Reza menjawab “Sekitar empat bulan, Ms”. Ibu Direktur lanjut bertanya “Pasti sudah lama mempelajari topik ini ya?” Reza menjawab bahwa topik ini memang topik favoritnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ketika selesai sudah acara sidang hari itu, saya sempat berbincang sebentar dengan Ibu Direktur. Rupanya KI Reza ini menyebabkan beliau jadi ingat masa-masa kuliah dulu, karena beliau lulusan FISIP UI. Melihat senangnya Reza dengan topik ini, beliau katakan “Saya jadi membayangkan Reza nanti kuliah di Hubungan Internasional UI” Aamiin…

Semoga kedepannya Reza selalu menjaga semangat belajar dengan ‘passion for learning’ seperti sekarang ini, tetap rendah hati dan meluangkan waktu untuk bantu teman. Aamiin yra…

 

Update:

Kemarin, tiga minggu setelah sidang Karya Ilmiahnya, Reza diberitahu pengujinya, Ibu Direktur, bahwa ia mendapat nilai tertinggi untuk Karya Ilmiahnya. Alhamdulillah, kerja kerasnya mendapat hasil yang membanggakan ☺

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s