Wabah DB

Sejak tahun 2000 kami tinggal disini, berulang kali wabah DB melanda. Alhamdulillah, dirumah kami tidak pernah terkena penyakit tsb, dengan penjagaan kebersihan dan juga rajin memakai minyak telon anti nyamuk andalan. Pernah kakak sulung saya dua kali kena DB dan dirawat, namun sepertinya dapat gigitan nyamuk diluar rumah, karena hanya kakak saya seorang yang terkena.

Tahun ini lain cerita. Bulan lalu ipar saya yang awalnya kena DB. Saat sedang dinas keluar kota, ia pulang lebih cepat karena demam tinggi. Langsung dibawa kerumah sakit, ternyata positif DB. Tak lama, asisten rumahtangga Mama saya yang juga sakit, demam tinggi. Diperiksa ke dokter dekat sini, positif DB juga. Langsung ia mudik, minta dirawat oleh keluarganya. Kami sudah mulai memikirkan akan mengadakan fogging dirumah, maklum lahan yang cukup luas, nyamuk leluasa terbang kemana-mana.

Seminggu sesudah ipar dirawat, giliran uda Ivan, ponakan saya yang demam tinggi. Dibawa ke ugd RSPI, di cek, positif DB. Pada saat bersamaan, Mama saya juga merasa tidak enak badan, di cek darah, negatif DB. Memang baru berasa tidak enak badan saja, kami pikir kecapean karena tidak ada yang bantu dirumah sejak asisten mudik.

Namun dua hari kemudian, Mama demam tinggi, saya ukur 39derajat Celcius, wah sepertinya terkena DB juga. Dibawalah ke ugd RSPI juga, dan ternyata positif DB. Ketika itu di RSPI sangat penuh kamar rawat inap, sehingga akhirnya Mama dibawa ke RSUD Pasar Minggu, yang masih terbilang baru beroperasi.

Kami lalu kontak pak RT, minta cepat di fogging dirumah kami. Seluruhnya dihalaman, dan juga dalam rumah. Beberapa hari kemudian pak RT datang membawa petugas fogging swadaya, bukan dari kelurahan, supaya cepat dilaksanakan tanpa menunggu lama.

db

Setelah 8 hari dirawat uda Ivan dibolehkan pulang kerumah. Kalau Mama lebih cepat, seminggu dirawat sudah boleh pulang. Semoga ini kejadian terakhir wabah DB dirumah kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s