Homestay di Kaki Gunung Salak

Tanggal 19 Oktober 2016, Reza bersama seluruh kelas 9 sekolahnya berangkat ke desa Ciputri di kaki gunung Salak, Bogor, untuk program Homestay. Selama 3 hari 2 malam mereka akan tinggal dirumah penduduk desa, ikut bekerja membantu tuan rumah, bertani, beternak atau berjualan, dan ditutup dengan kegiatan bakti sosial sebelum kembali ke Jakarta.

Sebelum hari H, para murid kelas 9 sudah diberikan briefing oleh guru pendamping masing-masing. Tiap rumah penduduk akan diinapi 5 murid dengan 1 guru pendamping. Daftar barang bawaan sudah diberikan jauh hari, dan Reza sudah persiapkan sendiri barang-barang bawaan. Sebagian barang bawaan dan juga sumbangan dari orangtua murid telah dikumpulkan di sekolah minggu sebelumnya, lalu dikirimkan terlebih dahulu ke lokasi. Menurut Reza teman-temannya semua sangat bersemangat pergi, ingin merasakan bagaimana tinggal di desa.

Pagi-pagi saya, Papanya dan Lukman mengantar Reza ke Lazta. Lengkap ya pengantarnya :-) Papanya sih sekalian jalan kekantor, sedangkan Lukman sekalian mau terapi ke Lazuardi Cinere.

Setelah sarapan dahulu di sekolah, lalu berdoa bersama di pimpin Reza, mereka pun berangkat dengan ceria, meninggalkan ibu-ibu yang galau melihat anaknya pergi😀

Selama perjalanan dan saat sampai di lokasi, guru kelas Reza mengirimkan foto-foto, sepertinya paham betul ibu-ibu pasti menanti laporan pandangan mata.

Sampai di kampung Ciputri, desa Ciasihan tersebut, mereka langsung sholat dzuhur dan makan siang. Hmm foto menu makan siangnya sepertinya mengundang selera…😉

Sore hari, saya mendapat telepon dari Reza. Senang sekali mendengar suaranya yang terdengar cerah ceria. Saya tanya, Reza besok kerja apa? dijawab Reza: kerja ke sawah🙂

Malam itu kembali para orangtua di grup whatsapp mendapat kiriman berbagai aktifitas murid di rumah induk semangnya🙂 ada yang masak, mencuci, dan ada juga yang sudah turun ke sawah!

23

Besok paginya, saya kirim pesan pada guru pendamping grup Reza, minta dikirimi foto-foto saat mereka bekerja disawah. Ternyata lumayan banyak foto yang dikirimkan, jadi kami dirumah bisa membayangkan bagaimana keseruan kerja mereka.

Pagi hari mereka membantu memanen padi. Mulai dari mengarit, sampai menggiling padi dan memilih jerami padi untuk makanan kerbau. Siang hari, saya mendapat pesan dari guru pendamping, selesai mereka membantu panen, Reza dan kawankawan berhasil selesai mencangkul sepetak sawah!

Sore hari selesai bekerja dan mandi, para murid berkumpul dilapangan untuk bazaar dari barang sumbangan orangtua. Ada barang yang dijual dengan harga murah, mulai Rp 1000 sampai Rp5000, dan ada juga yang dibagikan gratis. Reza cerita, bazaar tersebut berlangsung meriah, ramai warga desa yang datang. Uang hasil penjualan bazaar lalu disumbangkan kepada mesjid desa.

Sore itu guru kelas Reza mengirim pesan sbb:

“Alhamdulillah Bazar barang bekas berkualitas dan sembako murah+gratis utk masyarakat+jompo desa Ciasihan terlaksana dg lancar dan sukses. Setelah maghrib akan diberikan donasi utk kas Masjid dan besok pagi acara ditutup dg tahajud bersama. Alhamdulillah anak2 sangat antusias mengikuti seluruh acara homestay dan semoga memberi kebaikan/manfaat utk anak2 & masyarakat Ciasihan, aamiin”

34

Pagi-pagi keesokan harinya mereka tahajud bersama di mesjid, lalu bersiap untuk pulang. Sebelum pulang, masih ada waktu untuk berfoto-foto🙂

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu para ibu-ibu pun datang, rombongan homestay sampai di SMP Lazta sesuai skedul, dan langsung pulang kerumah masing-masing. Walau badan letih, Reza terlihat sangat gembira dan menceritakan dengan antusias pengalamannya saat di lokasi homestay. Salut kepada para guru dan semua personil yang mendukung penyelenggaraan homestay, berhasil memberikan pengalaman yang menyenangkan dan pastinya memberi manfaat kepada semua murid😄👍

38

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s