UN Preparation

Catatan facebook, 9 September 2016

Kemarin sore saya ngobrol2 seru dengan anak bujang ^_^
Mulai bulan depan, sekolah Reza mengadakan program Zero Hours utk murid kelas 9. Ini kegiatan rutin dari tahun ke tahun, dan sudah dijelaskan di awal semester saat class conference kpd orangtua murid kls 9. Program Zero Hours disi dengan kegiatan bimbingan belajar persiapan Ujian Nasional 2017. Dalam kegiatan ini para murid diharuskan datang pada jam ke-0, yakni mulai jam 07.00 WIB untuk mengikuti bimbingan belajar persiapan UN, khususnya pd pelajaran yang di-UN-kan yakni Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Matematika, dan IPA.

Sebelum kegiatan Zero Hours dimulai, dilakukan asesmen pd seluruh murid kls 9 utk pengelompokan bimbelnya. Pengelompokan bukan berdasarkan akademis atau nilai yg diraih, tapi menurut gaya belajar, kecepatan menyerap materi, sehingga diharapkan pembagian kelompok dpt membantu masing2 murid secara efektif.

Ini bikin saya lega, karena sistem belajar mengajar di SMP Lazuardi GIS Jakarta tidak sama dg sekolah negeri. Untuk kurikulum saja ada Kurikulum 2013 plus kurikulum Cambridge. Selain itu cara belajarnya lebih banyak praktek dan project. Jadi kadang terpikir juga, apakah sistem belajar yang menyenangkan ini juga dapat menyiapkan para murid menghadapi UN yang notabene sangat akademis sekali. Namun sejak tahun lalu dikelas 8 para orangtua sudah mulai diinfokan tentang hal-hal yang akan dipersiapkan sekolah untuk menyiapkan murid menghadapi UN.

 

Bukan hanya Zero Hours saja, persiapan ke SMA pun sudah mulai di’cicil’. Contoh: untuk persiapan memilih SMA dan jurusannya. Pada class conference di awal semester sudah diinfokan kepada orangtua murid: mana saja SMA negeri dan swasta yang sudah menerima lulusan Lazta. Lalu untuk murid yang ingin kesekolah negeri akan ada bimbingan materi khusus. Sedangkan yang ingin kesekolah swasta akan dibantu pihak sekolah untuk dapat kontak dg orangtua murid alumni yang anaknya sudah masuk di SMA tujuan.

Untuk penentuan jurusanpun para murid dibantu persiapannya. Di semester ini para murid akan dikenalkan dengan berbagai profesi, dg mengundang orangtua maupun pihak luar bicara tentang profesi masing2. Dari profesi, lalu para murid juga akan diinfokan kuliah dimana untuk profesi apa. Dan ujungnya tentu penjurusan apa yang dipilih di SMA untuk mencapai tujuan murid nantinya.
Bimbingan ini sudah mulai dilakukan sejak bulan ini, diberikan oleh para guru dan juga nantinya oleh psikolog sekolah.

Persiapan matang dari sekolah sangat membantu kami orangtua murid. Yang tadinya ada sedikit kekhawatiran, jadi sirna mendengar begitu lengkapnya persiapan yang dilakukan pihak sekolah. Go Lazta go!  :-)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s