Saudaraku, Sahabatku

Tanggal 6 Agustus 2016 yang lalu, Reza saya minta ikut workshop yang judulnya seperti diatas ini. Yayasan Mpati mengadakan workshop ini karena:

“Saudara kandung adalah bagian yang penting dalam kehidupan dan perkembangan anak dengan kebutuhan khusus. Saudara kandung dapat menjadi tumpuan utama dari anak dengan kebutuhan khusus disamping orang tuanya namun sering menjadi terlupakan dan tidak diperhatikan kebutuhan emosionalnya.”

Langka sekali workshop yang diadakan dengan topik seperti ini. Karena itu, walau jauh lokasinya, saya dengan semangat mengantar Reza di akhir minggu tsb.

Sampai di lokasi, di Pusat Layanan Autisme Jakarta, saya cukup surprise melihat gedung yang lumayan terawat, bersebelahan dengan panti asuhan dibawah Dinas Sosial. Ketika kami datang baru ada beberapa peserta yang hadir, semakin lama semakin banyak dan akhirnya ada 15 peserta yang umurnya berkisar dari 6 sampai 14 tahun.

14079610_10210213914005325_2362926767797568678_n

Saya lihat selain Reza ada juga yang berumur 14 tahun, selain itu lebih banyak yang berumur 6-10 tahun. Sebelum acara dimulai, para saudara ini diminta mengisi formulir berisi banyak pertanyaan yang jawabannya menconteng pilihan yang ada, seperti foto dibawah ini. Karena orangtua tidak diperkenankan ikut masuk, kami hanya lihat sebentar dari luar ruangan, lalu saya sempat mengobrol sebentar dengan beberap ibu yang menunggui anaknya, saya lalu mencari tempat yang lebih teduh untuk menunggu.

Setelah workshop selesai, saya bertanya pada Reza, apa masukan yang ia dapatkan dari kedua psikolog pembawa acara. Menurut Reza tidak banyak masukan yang ia dapat, karena psikolog tersebut lebih banyak bertanya, dan mendengarkan sharing dari para saudara. Lalu ketika saya tanya, apa manfaat workshop yang Reza dapatkan, ia bilang “Lebih tahu pengalaman saudara yang lain, ternyata semua merasakan bahwa memang tidak mudah menjadi saudara penyandang autis”.

Foto-foto dari facebook Yayasan Mpati

 

 

One thought on “Saudaraku, Sahabatku

  1. Senang membaca sharing ini, semoga di Pekanbaru akan diadakan sharing dengan judul diatas…thanks sharingnya mbak..

Leave a Reply

