Berkabung

Sudah lama saya tidak menulis, dan ketika melihat tanggal terakhir posting, ah rupanya sehari sebelum Dday, hari yang bikin saya sedih.

Mendikbud Anies Baswedan (kedua kanan) memaparkan hasil persiapan Ujian Nasional (UN) SMA, Jakarta, Kamis (9/4)

Mendikbud Anies Baswedan (kedua kanan) memaparkan hasil persiapan Ujian Nasional (UN) SMA, Jakarta, Kamis (9/4). Sebanyak 585 sekolah akan diujicoba melaksanakan ujian berbasis komputer pada UN pada Senin (15/4) serta akan dikembangkan untuk diterapkan secara utuh karena dinilai lebih efisien dan akurat. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/Spt/15

Rasanya sudah lama sekali saya mengagumi beliau, jauh sebelum menjadi Mendikbud. Saya memang paling kagum dengan tokoh-tokoh yang pandai berbicara, namun kata-katanya terasa tulus, dan dibuktikan dengan kinerja yang bukan main dampaknya.

Sebut saja Indonesia Mengajar, gerakan Turun Tangan, terasa sekali concern beliau terhadap dunia pendidikan. Sehingga ketika Presiden mengangkat beliau sebagai Mendikbud, rasanya itu menjadi hal yang alami, sudah seharusnya terjadi.

Seperti yang sudah saya duga, action beliau ketika menjabat Mendikbud sesuai dengan harapan saya, segalanya dikerjakan dengan rapih, dengan pemikiran yang matang, tidak ada kejutan-kejutan, namun semua bergerak ke arah yang lebih baik, menjanjikan dunia pendidikan yang serba transparan, moderen dan siap mengantar generasi penerus ke persaingan dunia di abad 21 ini.

Namun bagai petir di siang bolong, mendadak saya mendengar berita tersebut. Buru-buru saya hidupkan tivi, dan ternyata benar. 

Sedih, termangu, ditambah lagi satu berita tentang tokoh pendidik yang juga saya kagumi: Arif Rahman diberhentikan dari Labschool, rasanya prihatin yang sangat mendalam.

Rasa prihatin semakin menjadi-jadi, ketika Mendikbud baru mengeluarkan statements yang bikin saya merinding tentang ‘full day school’, tentang dukungan terhadap kekerasan disekolah, membuat saya membatin: apa yang akan terjadi dengan dunia pendidikan kita nanti?

Leave a Reply

