Teens Self Defense

Tanggal 24 Juli 2016, Reza mengikuti workshop Teens Self Defense di Manggala Wanabhakti fitness centre. Orangtua peserta boleh ikut menghadiri, karena itu saya dan Papanya ikut mengantar Reza karena ingin tahu apa yang diajarkan di workshop tersebut.

TSDReza

Workshop dibuka oleh psikolog yang menjelaskan tujuan workshop ini adalah agar remaja dapat mempelajari tehnik-tehnik ketika berhadapan dengan orang yang berniat jahat, agar sang remaja dapat kesempatan untuk melarikan diri dan mencari bantuan. Setelah workshop, para peserta diharapkan lebih waspada dengan keamanan diri sendiri, mengetahui tehnik membela diri, dan dapat bertindak lebih cermat ketika menghadapi bahaya. Pada umumnya target orang yang berniat jahat adalah anak-anak, wanita, orang yang lengah/lalai, memakai barang berharga dan terlihat lemah/takut. 

Diajarkan pula tentang bullying. Apa yang dimaksud dengan bullying? Ketika seseorang melakukan/berkata sesuatu yang tidak sengaja menyakiti, dilakukan hanya sekali maka itu dikatakan Kasar/Tidak Sopan. Jika seseorang melakukan/berkata sesuatu yang sengaja menyakiti maka itu dikatakan Jahat. Jika seseorang melakukan/berkata sesuatu yang sengaja menyakiti berulang-ulang walau sudah dihentikan, maka itu disebut sebagai Bullying.

Emosi yang dirasakan seseorang jika mengalami tindakan kejahatan biasanya jadi takut, cemas, marah, panik. Takut dan cemas menyebabkan seseorang jadi menangis, suara kecil/hilang, Marah dan panik menyebabkan gerakan tidak terkendali, tidak bisa berpikir jernih.

Karena itu diperlukan ketenangan, sikap waspada dalam menghadapi kejahatan, berpikir dengan akal,  bukan kepal. Seseorang punya waktu sangat singkat untuk berpikir sebelum bertindak ketika ada tindakan kejahatan.

Diajarkan pula titik titik kelemahan pada tubuh kita seperti pada gambar dibawah ini:

037

Dan tips yang dilakukan jika berada ditempat umum:

039

040

Setelah itu latihan pun dimulai, mulai dari pemanasan, tehnik dasar: pukulan, sikut, tendangan, lalu 13 tehnik self-defense.

Di akhir kegiatan, semua peserta diuji harus dapat menyeberangi ruangan dari ujung ke ujung, dengan dihalangi dan diserang para pelatih, boleh memukul, menendang, apapun caranya agar dapat terlepas dari keroyokan para pelatih. Seru sekali melihatnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s