Wisuda & Pentas Akhir Tahun 2016

13310414_10209539926676063_2517153232541807295_n

Seperti biasa, kegiatan di akhir tahun ajaran di SMP Lazuardi GIS ditutup dg wisuda kelas 9 dan Pentas Akhir Tahun. Uniknya, karena menjelang bulan ramadhan, maka acara ini diselenggarakan sebelum EHB kelas 7 & 8. Karena itu para murid bisa konsentrasi penuh untuk persiapan acara ini.

Setelah 2 minggu berlatih masing-masing club, ekskul dan unit activity, lalu 1 minggu berlatih bersama kelas 7, 8 dan 9, pada hari Kamis 2 Juni 2016 yang lalu Reza dan seluruh temannya gladi resik di lokasi acara, gedung Sasono Langen Budoyo. Saya dapat kiriman foto dari guru kelasnya, kelihatannya bakal seru acara ini.

Di H-1, Reza infokan ke saya bahwa besok sudah harus hadir di lokasi jam 7 pagi. Waduh, harus bangun lebih pagi dari biasanya ini, setahu saya hari Sabtu jalan menuju lokasi tetap padat, tidak seperti hari Minggu.

Di hari H setelah bangun lebih pagi dari biasanya, kami berhasil sampai di TMII jam 6.30! Untungnya para guru sudah banyak sampai, bahkan sudah ada 3 orang teman Reza yang juga sudah sampai pagi itu. Nah saya sempat menunggu sebentar, namun ternyata jam 7 lewat pintu ruangan tempat acara pun sudah dibuka karena mulai ada orangtua murid undangan yang berdatangan.

Kalau ditahun lalu wisuda kelas 9 terpisah acaranya dengan Pentas Akhir Tahun, kali ini karena disatukan saya jadi melihat prosesi dan keseluruhan acara wisuda kelas 9. Diawali dengan masuknya para wisudawan/wati, Reza berdua temannya bertugas memegang bendera mengawali kakak-kakak kelas 9 masuk ke ruangan. Setelah itu acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran beserta saritilawahnya.

Selanjutnya Ibu Iba Muhiba, direktur Lazuardi GIS menyampaikan pesan kepada para wisudawan/wati, yang sempat saya kutip sebagai berikut:
“Didalam dirimu itu ada universitas kecil. Universitas yg terdiri dari 3 fakultas, yaitu mind, body and soul. Ingatlah untuk selalu mengembangkan nilai diri sendiri, you are your own character. Orangtua, lingkungan, hanya bisa menyumbangkan inspirasi. Kalian telah melewati banyak gejolak di SMP, insya Allah akan lebih stabil, lebih dapat berkaca pada diri sendiri nanti di SMA.
Pesan Ibu Iba pada angkatan Hexanation:
1. Selalu dekat dengan Allah, luangkan waktu untuk mengaji, sholat tepat waktu,
2. Dekatlah selalu dengan orangtuamu,
3. Saat butuh motivasi, selalu dekatkan dirimu dengan saudara: adik, kakak dan juga para guru. Carilah teman yg baik, yang bisa memberikan motivasi agar kau lebih maju.
Canangkan sesuatu yang baru untuk menjadi dirimu yang lebih baik, lebih hebat, lebih besar dari apapun masalah yg kau hadapi.”

Setelah itu Bapak Fajar Wibowo, Kepala Sekolah SMP Lazuardi GIS Jakarta membacakan surat keputusan kelulusan kelas 9, dan juga kesan pesan wakil angkatan, dan juga ketua komite sekolah. Setelah penyerahan momento berupa jaket bertuliskan Hexanation, nama angkatan yang diwisuda ini, dimulailah prosesi penyerahan surat kelulusan. Satu demi satu para wisudawan yang nampak gagah dengan setelan jasnya dan para wisudawati yang terlihat manis dengan kebaya dan kain nasionalnya, maju ke panggung.

Yang juga mendapat sambutan meriah berikutnya adalah pengumuman penghargaan atas berbagai kategori, yang pertama untuk Lazuardi Excellence Award, kemudian, penghargaan untuk Karya Ilmiah, lalu penghargaan sebagai valedictorian dari angkatan Hexanation.

Selanjutnya ada persembahan nyanyian untuk ayah dari angkatan Hexanation, sambil menyerahkan karangan bunga kepada ibunda, acara ini adalah akhir dari acara wisuda. Setelah ikut mengharu biru menyaksikan rasa syukur para orangtua, kegembiraan para wisudawan/wati, sampailah di acara Pentas Akhir Tahun.

Berikut ini urutan tampilannya: Marching Band, Gamelan membawakan Gundul-gundul Pacul, Tarian Ratoh Jaroe dari Gayo, Paduan Suara membawakan lagu Jamrud Khatulistiwa, drama oleh unit activity Teater, lalu Ansambel membawakan lagu Santorini, dan penampilan band Pinters Project dari angkatan Hexanation membawakan medley. Acara Pentas Akhir Tahun ditutup oleh Paduan Suara yang bersama seluruh angkatan Hexanation menyanyikan lagu Bendera (Kotak) yang meriah sekali.

Selesai acara, saya dan Reza langsung pulang.

Sore harinya, seharusnya saya dan Lukman datang ke sekolahnya untuk menghadiri acara wisuda kakak kelas Saturnus, angkatan pertama yang lulus dari SD Tetum Bunaya. Namun karena efek bangun lebih pagi, plus terkena pendingin ruangan selama di TMII, saya sampai dirumah dengan badan yang kurang enak sehingga melewatkan acara di sekolah Lukman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s