When You Lose Someone

Minggu yang lalu, saya mendapat berita duka, ibunda sahabat saya dijaman kuliah meninggal dunia. Walau dunia kami sudah berbeda sekarang, saya ibu rumah tangga dan sahabat saya berkarir cukup tinggi diperusahaan swasta, saya dan sahabat itu masih terus berhubungan, dan beberapa minggu sebelumnya saya juga sempat ngobrol lewat whatsapp.  Karenanya, berita itu cukup mengejutkan, karena saya tidak mendengar beliau sakit sebelumnya.

Kebetulan minggu itu Lukman sedang libur karena kelas 6 sedang ujian kelulusan. Setelah Lukman terapi, saya ajak ia melayat ke rumah duka. Ini kedua kalinya Lukman ikut melayat. Yang pertama ketika sepupunya meninggal dunia. Lukman terlihat ikut sedih, bersikap sangat baik, mengucapkan belasungkawa yang walau sederhana namun sangat menghibur keluarga yang ditinggalkan “Aku doakan abang, sekarang sudah masuk surga”. Bahkan setelah melayatpun Lukman masih teringat abang sepupunya, dan minta diantarkan ke makam abangnya itu.

Karena itu saya yakin mengajaknya ikut melayat untuk kedua kalinya. Situasinya berbeda, karena jenasah ibunda sahabat saya disemayamkan dirumah duka disalah satu rumah sakit. Perjalanan cukup macet, namun Lukman sabar saja di mobil. Ketika sampai ditujuan, kamipun bertemu dengan sahabat saya, berbincang cukup lama. 

PhotoGrid_1463575352251

Sebelum berangkat, saya sudah masukan tab kedalam tas saya. Maksud hati, kalau Lukman merasa bosan, saya akan berikan tab itu agar Lukman sabar menunggu. Namun rupanya karena situasi dirumah duka tersebut berbeda, Lukman malah mengamati, memperhatikan, dan tidak sempat merasa bosan. Ia menunggu sambil makan makanan kecil yang disediakan, sampai akhirnya saya ajak pulang.

Kembali berjuang dengan kemacetan di jalan pulang, Lukman tidak mengeluh sama sekali. Sikapnya manis sekali, dan saya bersukur ia sudah dapat merasakan kesedihan keluarga yang ditinggalkan, ikut ber empati pada yang berduka.

 

Leave a Reply

