Autism Acceptance

PBB dalam rapat umumnya mengeluarkan Resolusi No. 62/139 yang menetapkan tanggal 2 April sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia. Sepanjang bulan April berbagai komunitas dan media menyuarakan Peduli Autisme dengan maksud untuk menggugah dan meningkatkan ke­pedu­li­an terhadap masalah dan individu penyandang autisme. Diharapkan autisme dapat semakin dikenal dan dimengerti oleh masyarakat, dan individu pe­nyandang autisme semakin diterima serta diberikan kesempatan dan perlaku­an yang setara, baik dalam pendidikan dan pekerjaan.

Apa artinya penerimaan bagi penyandang autisme? Tulisan dibawah ini saya terjemahkan dari salah satu blog orangtua anak penyandang autis, tentang arti penerimaan atau Autism Acceptance. Semoga bermanfaat.

AAMwordcloud3

A SLICE OF AUTISM

Bagi saya Bulan Peduli Autisme adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran tentang autisme. Tapi jujur, ​​bagi kami menjalankan pekerjaan dan memiliki anak penyandang autis berarti bahwa kepedulian tentang autisme tidak hanya dimulai dan diakhiri pada bulan April.

Kami menjalaninya dari hari ke hari.

Peduli Autisme adalah hal yang hebat, jangan salah, saya sangat mendukung semua usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian autisme. Tapi yang lebih penting bagi saya dan anak saya, yang akan lebih membuat dampak pada kehidupan kami sehari-hari adalah: acceptance, penerimaan.

Penerimaan kebutuhan penyandang autis, penerimaan tantangan yang dihadapinya, penerimaan keluarga kami dan yang paling penting: penerimaan dirinya!

Tapi apa artinya penerimaan itu? Mengapa ‘peduli’ saja tidak cukup? Kalau peduli hanya berarti bahwa selama sebulan dalam setahun orang mengubah gambar profil mereka dan kata-kata ‘autism awareness’ muncul di Facebook … maka begitu bulan April berlalu, semua hilang.

Tapi kami masih tetap di sini. Menghadapi pertempuran hidup sehari-hari di dunia yang melihat autisme sebagai tantangan.

Jadi apa selanjutnya yang terjadi bagi kami?

Ya masyarakat sekarang mungkin lebih sadar akan autisme sebagai akibat dari bulan peduli autisme, tapi apakah mereka benar-benar mengerti tentang autisme? Apakah bulan peduli autisme itu telah membuat dampak pada kehidupan anak-anak saya?

Bagi saya penerimaan berarti lebih dari sekedar meningkatkan kesadaran… Penerimaan berarti mendidik diri kita tentang apa rasanya menjadi penyandang autis dengan mendengarkan penyandang autis. Belajar dari mereka dan menghormati kebutuhan dan keinginan mereka.

Penerimaan berarti meluangkan waktu untuk memahami dunia melalui mata anak-anak penyandang autis. Melihat apa yang ada dibalik perilakunya untuk memahami apa yang ia coba sampaikan.

Penerimaan berarti tidak berusaha mengubahnya menjadi sesuatu yang bukan dirinya. Merangkul perbedaan dan tidak pernah melihat dia sebagai seseorang dengan kekurangan.

Penerimaan berarti mengakomodasi kebutuhannya, menjadi fleksibel dan melihat apa yang bisa ia lakukan, bukan apa yang ia tidak dapat lakukan.

Penerimaan berarti mendukung keluarga lain yang baru mendapat diagnosa autisme dan memberitahu mereka bahwa tidak semua seburuk yang nampak pada awalnya.

Penerimaan berarti merayakan prestasi dan keragaman dalam komunitas autisme.

Penerimaan berarti berjuang untuk sebuah sistem pendidikan yang tidak ‘satu-ukuran-untuk-semua’. Sebuah sistem pendidikan yang memahami autisme, dan merangkul bakat anak-anak kita.

Penerimaan berarti menyediakan akses yang memadai bagi pelayanan dan fasilitas untuk anak-anak penyandang autis dan keluarga mereka.

Penerimaan berarti berada di sana untuk ibu yang mengkhawatirkan anaknya yang baru di diagnosa, berada di sana untuk mendengarkan atau memberi kata-kata dukungan.

Penerimaan berarti mengakui dampak autisme pada keluarga dan mendukung mereka melalui ladang ranjau birokrasi dan politik.

Penerimaan berarti lebih dari sekedar mengetahui bahwa autisme eksis.

Jadi itulah sebabnya selama bulan April saya akan melakukan usaha sendiri untuk meningkatkan kepedulian seperti orang lain, tapi saya juga akan menantang Anda untuk melakukan lebih dari sekedar mengubah gambar profil Anda. Saya akan meminta Anda untuk berpikir dengan cara yang mungkin tidak Anda memiliki sebelumnya, dan meminta Anda untuk melihat dari sudut pandang yang baru.

Saya akan membagikan pikiran penyandang autis dewasa, dan mendorong Anda untuk benar-benar mulai benar-benar memahami apa artinya hidup dengan autisme dengan berbagi semua topik dari A sampai Z tentang penerimaan autisme.

Diterjemahkan dari: http://asliceofautism.blogspot.co.id/2016/04/autism-acceptance.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s