Kenapa Perempuan Tidak Puasa

Suatu sore ini saat nonton film kartun Upin Ipin, Lukman bertanya pada saya: “Mama, kenapa perempuan boleh tidak puasa?” Rupanya episode UpinIpin sedang tayang ulang episode ramadhan, dimana si kembar penasaran kenapa kak Ros tidak berpuasa.

upinipin

Untung saja Lukman sering membaca buku-buku science tentang tubuh manusia, dan sudah tahu bahwa kelahiran seorang bayi berasal dari proses dimana ada pertemuan sperma dan sel telur, lalu menjadi janin dan dikandung dalam rahim ibunya selama 9 bulan (baca cerita: PR IPA).

Jadi saya tinggal menjelaskan “Tiap bulan perempuan mengeluarkan sebuah sel telur. Lalu rahimnya menebal untuk persiapan kehamilan”. Melihat Lukman manggut-manggut sepertinya paham, saya lanjutkan: “Jika sel telurnya tidak bertemu sperma” Lukman memotong kalimat saya: “Sel telurnya mati”. Saya mengangguk dan meneruskan “Lalu lapisan yang menebalkan rahim tadi rontok dan saat itu perempuan mengalami yang namanya menstruasi. Saat sedang menstruasi, perempuan tidak wajib berpuasa”. Lukman manggut2, cukup puas pertanyaannya terjawab, lalu ia kembali nonton tivi ^_^

Leave a Reply

