Taman Budaya Tionghoa TMII

Tepat di tanggal 14 Februari, yang katanya hari Valentine, kami pergi ke Taman Mini Indonesia Indah. Bukan untuk merayakan hari kasih sayang, tapi untuk menemani Reza melakukan tugas di PP Iptek dan juga mengunjungi Taman Budaya Tionghoa yang belum pernah kami mampiri walau sudah cukup sering berkunjung ke TMII.

Di PP Iptek kami berpisah sementara, saya menemani Reza melihat wahana Cermat untuk tugas sekolahnya dan Papanya bersama Lukman berkeliling. Selesai mencatat dan memfoto untuk keperluan sekolah, kami bergabung lagi, dan tidak lama kemudian meninggalkan PP Iptek menuju Taman Budaya Tionghoa.

capture-20160228-210209

Setelah parkir dihalaman depan Taman Budaya Tionghoa (kami belum tahu kalau mobil bisa masuk kedalam lewat jalan yang berbeda) kamipun masuk ke lahan yang cukup luas tersebut. Ada beberapa gedung didalamnya, dan ada dua museum yaitu Museum Cheng Ho dan Museum Hakka.

Kami melihat keliling halaman yang dihiasi patung-patung, ada patung shio China yang dua belas hewan itu, ada patung Khong Hu Chu dan juga patung Sun Go Kong dan teman-temannya. Setelah itu kami menuju museum Cheng Ho. Gedungnya tidak besar, dan ketika masuk kami disambut dengan pajangan barongsai. Koleksi didalam museum ini tidak terlalu banyak, dan mayoritas berbentuk foto, walau ada keramik, batik Tionghoa, barang-barang seni yang menunjukkan budaya Tionghoa peranakan. Nampaknya banyak barang yang masih disimpan saja didalam ruangan museum yang tidak dibuka untuk umum.

12717450_10208573595198380_9201349066489747242_n

Setelah itu kami ke gedung museum Hakka. Berbeda dengan museum Cheng Ho, gedung museum Hakka berpendingin udara. Selain udaranya yang adem, gedung ini memang terawat dengan baik, penataan koleksinya sangat teratur baik, bahkan toiletnya pun sangat bersih. Ada 3 lantai yang kami kunjungi, dan tiap lantai koleksinya banyak dan bagus sekali. Berikut ini foto-fotonya😉

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s