My 2015 Year in Blogging

Yang paling menyenangkan di akhir tahun adalah berbagai kaledeiskop, year end review, dll untuk berbagai hal.

Salah satu favorit saya adalah menerima report Your 2015 year in blogging dari WordPress.com. Walau saya terus memantau statistik dari waktu ke waktu, namun menerima laporan seperti ini di akhir tahun sangatlah menyenangkan.

capture-20151230-101906

Yang pertama dibahas adalah berapa kali blog saya ini dibaca. Dari tahun ke tahun angka ini selalu meningkat, dan tahun ini ada sekitar 45,000 kunjungan ke blog Reza & Lukman ini. Hari tersibuk adalah 11 November 2015 dengan 608 views, dimana mayoritas pengunjung membaca postingan Museum Ullen Sentalu. Tidak mengherankan, karena hari sebelumnya adalah hari berpulangnya Gusti Nurul ke Rahmatullah, dan tentu saja didalam postingan Museum Ullen Sentalu tersebut saya banyak mengulas tentang kehidupan almarhumah.

capture-20151230-102608

Selain tentang postingan, rupanya WordPress tahun ini juga menghitung berapa banyak foto yang di unggah. Hmmm kalau soal yang satu ini memanglah ya, saya paling maniak dokumentasi foto. Kalau ada cerita, pasti ada foto. Jarang sekali saya menulis tanpa ada ilustrasi foto, dan tahun ini saya mengunggah 244 foto😉

capture-20151230-105607

Selain Museum Ullen Sentalu, sepanjang tahun 2015 cerita yang paling dapat banyak kunjungan adalah Lukman’s Story. Dari tahun ke tahun kedudukan ini memang tidak pernah bergeser, dan saya mendapat banyak sekali teman baru dari pengunjung yang kemudian mengontak saya lewat komentar, email dan facebook. Prediksi saya ditahun-tahun mendatang cerita tentang Kunjungan Lukman ke Dr. Melly Budhiman Sp. Kj yang baru saya tulis di bulan Mei 2015 akan juga mendapat kunjungan cukup tinggi sebagai postingan yang terkait dengan Lukman’s Story.

Bagaimana dengan ceritanya Reza? Tahun ini cukup mengejutkan, karena cerita tentang penulisan tugas akhir Reza di SDnya yang berjudul Semangat Tugas Akhir: Ide dan Pembuatannya menjadi salah satu postingan yang banyak dikunjungi. Padahal itu cerita dari tahun lalu, ketika Reza masih duduk di kls 6 SD. Reza’s Story juga mendapat banyak kunjungan, seperti biasanya dari tahun ke tahun.

capture-20151230-102723

Laporan selanjutnya adalah tentang darimana pengunjung menemukan blog saya ini, ternyata yang paling tinggi tetap bertahan: dari facebook. Cukup mengherankan sebetulnya, karena saya sudah agak jarang men share cerita blog dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, pengunjung blog saya datang dari berbagai penjuru di dunia, namun yang terbanyak dari negeri tercinta Indonesia, dan disusul USA serta negara Eropa.

capture-20151230-102756

Saya menuliskan ini untuk mensyukuri manfaat yang saya dapatkan dari berbagi cerita lewat blog. Bukan hanya bisa mendapatkan kepuasan dari menulis, namun saya dapat teman-teman baru, dan juga yakin dengan menuliskan jalan cerita anak-anak akan memberikan manfaat bagi teman-teman dan juga pengunjung yang belum saya kenal. Manfaat inilah yang selalu membuat saya semangat untuk menulis. Jadi, terimakasih ya teman-teman pengunjung, baik yang diam-diam membaca sebagai silent reader, maupun yang dengan baik hati memberi komentar, saya sangat menghargai ‘pertemanan dunia maya’ ini.

Sampai jumpa di postingan berikutnya! ^_^

2 thoughts on “My 2015 Year in Blogging

Leave a Reply

