Semester Ganjil di Kelas 5 dan Liburan

Minggu yang lalu kami datang untuk bertemu guru-guru Lukman membicarakan laporan perkembangannya semester ini. Sebetulnya kami kebagian jadwal minggu sebelumnya, tapi karena Lukman sakit ketika di akhir UAS, kami akhirnya minta re skedul agar Lukman keburu ulangan susulan.

Hari itu kami sudah punya beberapa catatan yang akan dibicarakan dengan guru kelas Lukman dan juga ibu Endah W Soekarsono, pendiri sekolah yang juga guru Bahasa Indonesianya Lukman. Yang pertama adalah membahas tentang beberapa pelajaran yang Lukman masih enggan untuk ikuti. Salah satunya Matematika. Walau dulu ketika masih di kelas Pelangi Lukman cukup bisa mengikuti, (baca postingan Kelas Pelangi di sini ) ketika mulai masuk kembali ke kelas reguler bersama teman-teman sepertinya masih ada masalah bagi Lukman untuk mengikuti, walau materinya pun masih berbeda dari teman-temannya. Akhirnya kami bicarakan lagi hal ini ketika bertemu guru kelas dan ibu Endah.

Kemudian pelajaran lain yang Lukman enggan ikuti adalah Seni Budaya Ketrampilan, jika sedang diajarkan menari. Ia memilih untuk duduk menonton teman-temannya, walau menurut guru tarinya Lukman sangat memperhatikan gerakan tersebut. Saya juga heran, karena saat kelas 3 Lukman pernah ikut manggung saat ada acara di sekolah, menari Oray-orayan bersama teman-teman. Kelihatannya saat itu ia enjoy. Terpikirkan juga oleh kami, apakah karena sudah setahun Lukman berhenti terapi okupasi yang menjadi sebabnya ia merasa tidak pede lagi dengan kegiatan menari itu?

Kebetulan sebelum Lukman UAS kami pernah berkunjung ke SMP yang kami survey untuk melihat kemungkinan Lukman melanjutkan sekolah disana. Nah di sekolah tersebut ada klinik tumbuh kembangnya. Kamipun bawa Lukman untuk asesmen disana, dan hasilnya cukup baik. Secara umum perilaku Lukman untuk adaptasi lingkungan baru cukup baik, kemudian tonus, postur dan respon Lukman untuk menjalankan instruksi terapis SI dan wicara cukup baik. Namun masih ada hal-hal yang perlu dihaluskan dan disarankan untuk terapi Sensori Integrasi sekali seminggu.

Hal ini kami laporkan kepada ibu Endah, dan beliau setuju untuk Lukman terapi di klinik tersebut. Namun beliau juga menyarankan agar kami konsultasi kembali dengan ibu Alzena N. Masykouri, yang selama ini terus memonitor perkembangan Lukman lewat laporan dari sekolah. Kali ini kami akan bertemu langsung, dan sudah dijadwalkan bertemu saat liburan.

Selain hal itu, untuk kemampuan sosialisasi Lukman ada yang perlu juga kami brainstorming dengan psikolog, dan ia juga masih mudah terganggu jika keasikannya pada saat menekuni satu topik diminta berganti ke topik yang lain. Jadi rasanya memang perlu kami konsultasikan ke psikolog.

Kalau dilihat dari angka rapor, secara keseluruhan nilai Lukman sama atau diatas KKM. Bahkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris cukup jauh diatas KKM, Alhamdulillah.

Beberapa hari yang lalu kami sudah bertemu dengan Ibu Alzena, psikolog, sudah cukup banyak yang kami bicarakan, namun masih akan berlanjut lagi minggu depan, karena masih ada topik yang akan dibahas selanjutnya.

Dengan demikian, seperti yang kami perkirakan sebelumnya, liburan semester kali ini kami akan terus membenahi kemajuan Lukman, baik akademis maupun psikologis, dan kami manfaatkan libur sekolah untuk itu. Tetap saja sih kami jalan-jalan dan berkunjung ke tempat hiburan, namun tidak ada rencana keluar kota.

Sejak Lukman masih balita kami sudah terbiasa seperti itu. Saat keluarga lain memikirkan liburan untuk jalan-jalan atau keluar kota, kami terus ada di Jakarta karena terapinya Lukman tidak boleh putus, kalau sampai libur pula terapinya, maka biasanya akan ada kemunduran. Namun kami sudah terbiasa, bahkan kakak Rezapun memaklumi. Buat kami lebih penting mengejar kebutuhan Lukman disaat ia sedang dalam masa berkembang seperti sekarang ini. Liburanpun toh tak harus keluar kota, didalam kotapun masih banyak lokasi seru yang belum kami kunjungi.

Nantikan kisah liburan berikutnya!😀

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s