Laporan Perkembangan Reza: Semester 1 di Kelas 8

Selama semester ini, saya sudah tidak banyak lagi mengontrol Reza dalam hal belajar. Melihat tanggung jawabnya: melapor setiap ada tugas proyek yang harus dikerjakan dirumah tanpa ditanya, setiap ada catatan topik di agenda yang akan dipelajari sebelumnya ia sudah siapkan, saya yakin ia sudah terbiasa dengan mempersiapkan sendiri segala sesuatunya.

Kalaupun ada test, quiz atau ulangan, ketika saya tanya tidakkah ia belajar untuk menghadapinya, ia dengan yakin katakan “Sudah direview disekolah, Mama, sudah cukup”. Dan ketika ia bawa pulang hasilnya, yang selalu berkisar +/- di angka 90, saya makin yakin Reza sudah dapatkan sistem belajar yang terbaik untuk dirinya.

Bahkan ketika teman-temannya ikut remedial, karena Reza tidak ikut dan waktunya luang, ia kerap diminta guru untuk mengajari teman-temannya terutama yang special needs. Senang sekali saya Reza mau membantu teman-temannya.

Walaupun ia kemudian mencalonkan diri dan terpilih sebagai Ketua OSIS, seperti janjinya pada kami, ia tidak mengabaikan pelajarannya. Tidak heran ketika saya mengambil hasil belajarnya kemarin, nilai yang tertera di laporan tersebut baik sekali. So proud of you, Son!

nilai

Yang sedikit agak mengganjal dari pertemuan itu adalah titipan pesan dari Kepala Sekolah bahwa kegiatan OSIS di semester ini kurang terdengar. Saya sendiri kerap mendengar cerita Reza tentang kegiatan dan bagaimana komunikasi didalam organisasi ini.

Reza terpilih sebagai ketua dengan adanya hasil voting dari teman-temannya. Sedangkan pengurus lainnya dipilih oleh para guru, dengan melihat hasil penyaringan dan lalu dibuatlah divisi2 yang penentuannya juga oleh para guru. Reza tidak punya wewenang dalam penetapan tersebut. Walau pilihan guru, menurut Reza tidak semua pengurus bisa dipegang komitmennya dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab. Inilah yang menyulitkannya dalam melaksanakan tugas sebagai ketua. Sayangnya masalah ini seperti tidak dilihat oleh para guru, dan menurut mereka kurangnya kegiatan OSIS adalah seluruhnya tanggung jawab ketua. Apakah pihak guru juga melakukan pembimbingan, wallahu alam.

Yah ini sedikit catatan yang cukup mengganjal bagi saya di semester ganjil ini. Mudah-mudahan kedepannya Reza dapat mengatasi masalah komunikasi dan kerjasama baik dengan para pengurus maupun pihak guru dan kepala sekolah. Semangat ya Nak, kami selalu mendukungmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s