Tentang Rusia

Karena Reza sedang demam Rusia akhir-akhir ini – ia nge fans sama Vladimir Putin – selalu update dengan berita-berita Rusia, sayapun jadi ikut2an. Ini salah satu trick saja sih biar bisa nyambung ngobrol dengan anak bujang yang satu ini. Tiap baca berita tentang Rusia, saya selalu obrolin, dan ehm biasanya saya lalu diberi info2 yang lebih lengkap oleh Reza.

Minggu yang lalu saya baca tentang kunjungan presiden Suriah ke Rusia, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dalam sebuah kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya. Wah sepertinya ada yang seru nih. Jadi sepulang Reza sekolah, saya obrolin dengannya. Lalu, jrengjreng… keluarlah info2 lebih lengkap dari Reza, tentang masalah peperangan Suriah, siapa2 kelompok yang saling berperang disana, lalu negara mana mendukung kelompok mana, semua dengan santai tapi serius dibahas oleh Reza. Pertanyaan-pertanyaan emaknya seperti “Jadi Rusia berlawanan dengan Amerika dong disana?” dijawab kalem “Secara nggak langsung, iya begitu. Lalu mereka…. dst dst…”. Pembahasan satu topik bisa berlanjut ke topik lain, dan bisa makan waktu cukup lama.

Sebetulnya sih dari dulu Reza memang begitu, kalau sudah ingin tahu tentang sesuatu, dia akan secara mandiri mencari tahu secara mendalam dan meng-update dirinya dengan berita-berita terkini. Tapi tetap saja saya terheran-heran, kapan ya dia lakukan itu. Sehari-hari pulang sekolah sudah sore, waktu dirumahpun dia punya tugas2 untuk bantu saya dengan pekerjaan domestik dirumah. Memang ia jarang bawa PR, karena tugas sekolah selalu selesai disekolah, kecuali ada project yang biasanya waktunya diberi cukup lega dari sekolah. Nonton tivi pun jarang, karena kalaupun ada berita-berita mancanegara di tivi kan singkat sekali, Reza nonton beritanya di pagi hari sebelum siap-siap sekolah. Jadi sepertinya ia banyak tahu dari buku-buku dan internet. Yah begitulah anak jaman digital ya, kitanya yang harus belajar dari mereka, dan harus pandai-pandai mengikuti informasi, agar tidak ketinggalan, terus bisa mengawasi dan jadi teman ngobrol yang seru buat mereka.

‪#‎morningrambling‬

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s