ISPA

Penyakit yang paling sering ‘mampir’ pada Reza dan Lukman adalah ISPA. Memang karena ibu saya punya penyakit asma, tidak heran kalau kami anak dan cucunya juga ada alergi yang menyebabkan kerapnya penyakit datang ketika daya tahan tubuh sedang menurun.

Penyakit ini yang membuat Lukman harus istirahat dirumah selama dua minggu penuh. Awalnya ia demam, dan mampet hidungnya. Ketika pertama kali ke dokter, saya perkirakan tidak lama ia akan sembuh, karena menurut dokter hanya sedikit radang di tenggorokannya, namun yang mengganggu adalah lendir yang berlebihan karena alergi. Ternyata, setelah tidak ada demam, dan pilek tidak mengganggu, saya sudah siapkan Lukman untuk sekolah, malam hari Lukman mulai batuk. Karena batuknya mengganggu tidur, otomatis pagi hari ia tidak bisa bangun pada jam biasa. Kembali ia terpaksa dirumah, tidak sekolah lagi.

inhalasi

Beberapa hari saya lihat batuknya tidak berkurang, malah semakin sering frekwensinya. Saya yang melihat saja merasakan betapa capenya terus menerus batuk. Akhirnya kami kembali ke dokter, dan oleh dokter diminta untuk lakukan inhalasi dua kali sehari. Dokter sempat menggoda, beliau katakan “Disini nggak ada asap kok kena ISPA juga ya?” Lukman jadi tertawa mendengarnya. Selama sakit, Lukman memang sangat manis sikapnya, tidak rewel, tidak pernah mengeluh, selalu tepat waktu makan obat, dan tidak bosan di inhalasi dua kali sehari. Seminggu lagi Lukman tidak sekolah, sebelum akhirnya ia bisa masuk kembali.

Selama dua minggu itu sudah pasti Lukman merindukan teman dan guru-gurunya di sekolah. Karena itu ia senang sekali ketika sahabatnya Vina dan Bundanya, juga guru-gurunya datang menjenguk🙂

ig2s

ig2

3 thoughts on “ISPA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s