Lukman dan Empedu

Hari Sabtu itu anak-anak dirumah saja, saya ada acara dengan teman-teman, Papanya dirumah saja karena ada yang disiapkan untuk dinas keluar kota besok. Sore hari saat mamanya pulang, ngobrol dengan Lukman dan Papanya. Topiknya macam-macam, mulai dari ‘Apa itu design/rancangan’ lalu sampai pada topik penyakit. Dulu saat masih bekerja saya pernah sakit karena empedunya ada pasir. Namun sudah diobati dan tidak ada keluhan lagi sampai sekarang.

Lalu Lukman yang mendengar itu bilang “Empedu yang didalam perut?” Saya lalu mau tunjukkan pada Lukman dimana letak empedu. “Lukman ambil deh buku yang ada anatomi pencernaan”. Lukman cari-cari, tapi supaya cepat saya google di hp, ketemu gambar-gambar anatomi pencernaan. Namun kebanyakan dalam bahasa Inggris. Lalu saya coba cari yang bahasa Indonesia.

empedu

Tapi Lukman bilang “Betul itu gambarnya mama, itu empedunya, yang hijau itu, tulisannya ‘gallblader’”. Wah, saya surprised, Lukman tahu bahasa Inggrisnya empedu, dan menambahkan: “Cairannya untuk menghancurkan lemak, Mama”. Ternyata bukan itu saja, Lukman bisa tunjukkan “Ini usus duabelas jari, Mama” padahal yang tertulis disitu adalah ‘duodenum’.

Lukman masih ngomong “Dan ini pankreas, yang membuat insulin. Insulin itu merubah gula menjadi energi, Mama”. Dia tunjuk lubang yang ada digambar “Disini keluar enzimnya”.

Betul-betul Mamanya habis ucap. Niat mau tunjukkan pada Lukman letak empedu, akhirnya malah Lukman yang mengajari Mamanya. Seperti biasa, Lukman bilang “Aku sudah tahu Mama, aku pintar”. Lalu saya tanya “Lukman sudah belajar ini di sekolah?” lalu dia jawab “Tidak, aku baca di buku Why : Anatomi Tubuh Manusia”.

Walau sudah tahu Lukman memang suka sekali science, suka sekali baca buku serial pengetahuan, tapi tetap saja terpesona mendengar dia dapat menjelaskan dengan baik. Padahal bukan baru kemarin dia membaca buku itu. Mungkin sudah berbulan-bulan yang lalu buku tersebut dibacanya.

Leave a Reply

