A Poem For Milo

Minggu yang lalu, guru pendamping kelasnya Lukman menuliskan ada PR yang akan dikumpulkan minggu depan dari guru bahasa Inggris, yaitu menulis puisi.

Wah, mau tulis apa ya, puisi dalam bahasa Indonesia saja saya sulit mengarangnya, apalagi dalam bahasa Inggris.

Namun hari ini dengan yakin saya katakan pada Lukman: “Yuk bikin PR bahasa Inggris, mama bantu ya”.

Lukman cemberut, masih ingin lanjutkan nonton tivi. Saya bujuk “Nanti kalau sudah selesai, bisa nonton lagi kok. Yuk ambil kertas”.

Lukman menurut, ambil sehelai kertas bekas untuk coret-coret draft puisinya, diberikan pada saya.

Saya tanya: “Lukman mau tulis puisi tentang apa?”

Lukman bilang “Tentang Milo” (kucing kami).

Saya: “Mau judulnya My Cat atau Milo?”

Lukman: “My Cat”.

Lalu dia ambil kertas yang saya pegang, dan mulai menulis sendiri.

Lama juga ditulisnya, tanpa bengong atau main-main, ia terus menulis dengan tekun.

Bahkan ketika saya foto-foto Lukman tidak mengalihkan perhatiannya, terus menulis.

puisi2

Selesai puisinya, Lukman berikan kertas tersebut. Wah saya kagum juga, semua ditulisnya tanpa bertanya. Kata-kata yang dipakai cocok penempatannya, walau grammar dan spelling masih ada yang perlu dikoreksi. Namun intinya Lukman bisa punya ide dan menuliskannya dengan baik.

Ini suatu perkembangan yang menggembirakan, mengingat Lukman baru mau ikuti kelas bahasa Inggris semester yang lalu. Sebelumnya Lukman sangat tidak mau mempelajari bahasa Inggris, walau saya tahu dia sangat memahami dan tahu banyak kosa kata bahasa Inggris. Pernah suatu kali saya sengaja bicara bahasa Inggris cukup lama dengan kakak Reza, Lukman sampai menangis karena menolak mendengar dan menjawab dalam bahasa Inggris.

Way to go, son! One step at a time🙂

puisi3

2 thoughts on “A Poem For Milo

    • Mamanya juga surprise banget lihat puisi Lukman ini, mba… Mungkin karena sehari-hari mainnya sama Milo jadi nggak perlu lama-lama mikir jadi deh puisinya ya😀

Leave a Reply

