Awal Kelas 8: Reza Memimpin Upacara

Setelah 6 minggu libur sejak akhir tahun ajaran lalu sampai setelah Idul Fitri 2015, akhirnya Reza mulai masuk sekolah tanggal 3 Agustus 2015 yang lalu. Sekarang Reza menjadi murid kelas 8. Beberapa hari sebelumnya Reza sudah datang ke sekolah karena para anggota OSIS diminta berkumpul untuk rapat persiapan penyambutan siswa baru SMP Lazuardi GIS Jakarta. Sepulang rapat, Reza menceritakan apa-apa saja yang mereka persiapkan. Semua kegiatan hampir sama seperti tahun lalu, saat Reza baru mulai masuk disekolah ini.

Walaupun judul minggu pertama itu adalah Initiation Camp, bukan seperti pekan inisiasi yang dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, di sekolah Reza minggu pertama bagi siswa baru seperti terasa menyambut anggota keluarga baru. Mereka diterima dengan senyum, diperkenalkan dengan ‘anggota keluarga’ lain, diberitahu seluk beluk sekolah dan fasilitasnya. Tidak ada model MOS seperti yang dilarang oleh Pak Menteri Pendidikan.

Sebagai anggota OSIS, Reza bertugas sebagai salah satu ‘kakak OSIS’ yang ikut memberikan pengarahan pada adik-adik kelasnya, mendampingi kegiatan mereka dan siap memberikan informasi jika ada yang bertanya.

Selain cerita persiapan Initiation Camp, Reza juga cerita bahwa ia ditunjuk sebagai pemimpin upacara hari pertama masuk sekolah. Wah rasanya tentu bangga sekali ya. Walau sudah sering memimpin kegiatan, terutama saat pramuka, tetap yang namanya memimpin upacara itu berasa istimewa, apalagi saat pertama kali diadakan mengawali tahun ajaran baru.

Selain persiapan upacara, Reza menyiapkan sendiri segala keperluan yang diminta dibawa pada hari pertama. Tidak itu saja, Reza juga merapihkan rak buku pelajarannya. Semua buku yang sudah tidak akan dipakai di kelas 8 ia pisahkan, sedangkan buku-buku yang kiranya masih akan terpakai ia letakkan pada tempat seperti biasanya. Senang sekali Reza mengerjakan hal itu tanpa disuruh. Kalau di SD dulu masih harus diingatkan merapihkan, masih harus saya yang mengingatkan keperluan perlengkapannya. Sekarang ia sudah punya inisiatif sendiri bahkan mengingatkan saya untuk menemaninya pergi beli keperluan sekolah.

Dibawah ini foto-foto ketika Reza memimpin upacara, saya ambil dari website sekolahnya.

IC1

page

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s