Reza & Lagu Kebangsaan

Saya adalah termasuk warga negara yang bangga sekali dengan lagu kebangsaan negara kita. Sering mendengar lagu kebangsaan negara lain, rasanya lagu Indonesia Raya itu selalu terdengar lebih bagus dari lagu lainnya. Oh iya, tentu saja ada juga lagu kebangsaan negara lain yang bagus, namun nomor satu tetap lagu Indonesia Raya pokoknya🙂

Nah ketika libur lebaran kemarin ini, maklumlah lagi ada waktu luang, saya iseng bicara dengan Reza tentang lagu favoritnya. Kenapa? Karena apa yang suka Reza perdengarkan sebagai lagu favoritnya, pasti yang konyol-konyol, lagu yang lucu-lucu, maupun lagu yang sangat tidak populer untuk anak seumurannya.

kotak2

Contohnya, ia suka sekali lagu Trololo. Belum pernah dengar? Jangan heran, karena lagu Trololo itu memang lagu yang jadoel sekali, video Trololo dibuat tahun 1976, masih jaman hitam putih. Kalau ingin tahu, berikut ini videonya:

Nah selain itu, ada juga lagu konyol berjudul Al Abror Coca Cola, dan jangan heran juga kalau belum pernah dengar lagu itu juga, karena memang tidak pernah masuk lagu hits di Indonesia😆 entah darimana Reza dapatkan link video itu di youtube.

Karena itu saat liburan saya iseng tanya pada Reza, lagu apa sih yang betul-betul jadi favoritnya selain kedua lagu diatas. Reza langsung ketawa, katanya “Sebetulnya sih Reza suka banyak lagu, yang lagi hits juga Reza suka” nah saya tanya contohnya apa? Dia sebut lagu-lagunya Ellie Goulding, lalu lagu-lagunya DJ Snake (aih lagu godek-godek ternyata). Lalu saya tanya lagi “Terus apa lagi?” sambil senyum iseng Reza jawab “Lagu kebangsaan Russia” bikin saya langsung tepok jidat. Memang Reza lagi tergila-gila dengan negara satu itu. Ia hapal sejarahnya (tentu saja) ia nge-fans pada Presiden Vladimir Putin (yang memang keren banget) jadi saya tidak heran mendengar jawabannya. Saya bilang “Ya pastilah lagu kebangsaannya keren banget, sebagai mantan negara komunis terbesar, pasti baguslah lagunya”. Lalu saya balik lagi tanya “Selain lagu itu, apa lagi?” Reza malah nyanyikan lagu kebangsaan Jerman dengan lantang. Hadeeh ini anak memang senang sekali menggoda Mamanya.

Akhirnya kami jadi mencari video lagu kebangsaan dari berbagai negara. Apa saja yang terlintas di kepala, langsung kami cari lagunya. Nah perbincangan tentang lagu kebangsaan itu jadi membuka pembicaraan tentang sejarah terbentuknya negara, lalu bahasa yang digunakan, juga pemimpin-pemimpin negara. Saya terheran-heran, banyak sekali yang Reza ketahui tentang banyak negara di dunia. Bukan hanya negara-negara besar, namun juga negara kecil yang jarang terdengar di berita internasional seperti contohnya Turkmenistan.

Reza hafal sejarah terbentuknya negara Turkmenistan tersebut, yang ia bilang sendiri “Sejarahnya ribet, Mama”. Bangsa Turki dijaman dahulu kala terdiri dari banyak suku dan aslinya menempati dataran steppa di Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan dan sebagian Russia. Terjadi beberapa migrasi bangsa Turki yang terdiri tiga gelombang. Gelombang yang pertama adalah migrasi suku bangsa Turki Hun yang terjadi pada masa Romawi baru masuk agama Kristiani, sekitar abad ke 7 Masehi dari sekitar dataran steppa tersebut ke sekitar Ukraina lalu ke Semenanjung Balkan, Eropa Tengah, tapi dihentikan (dihancurkan) di Perancis tengah. Tidak lama setelah itu bangsa Turki Oghur yang terdiri dari suku Bulgar dan Khazar menginvasi Eropa Tengah. Suku Bulgar lalu bermukim di daerah yang sekarang disebut Bulgaria. Suku Khazar menetap di pantai Laut Hitam di Ukraina. Lalu migrasi bangsa Turki Oghuz yang berasal dari sekitar Turkmenistan menginvasi seluruh daerah Persia, Anatolia, dan Timur Tengah. Bangsa Turki Oghuz inilah yang menjadi nenek moyang Turkmenistan, Turki, Azerbaijan, dan orang-orang Mughal.

Percakapan selanjutnya, Mamanya: “Loh, Mughal itu kan negara Jalaludin Akbar yang di film seri India Jodha Akbar di tivi? Reza mesem-mesem, “Memang iya”. Oh jadi itu beneran ada sejarahnya, true story gitu? Reza jawab: “Pokoknya memang ada negara Mughal, yang salah satu rajanya yang terkenal bernama Muhammad Akbar” Bagi yang tidak gemar menonton film seri Jodha Akbar, abaikan saja paragraf ini😀

Pusing mendengar detil penjelasan Reza tentang satu negara, pindah lagi ke negara lain. Kami mendengarkan banyak lagu yang intinya ingin mendengar kekhasan negara tersebut. Buat saya, lagu kebangsaan Afrika Selatan, misalnya, sangat mencerminkan Afrika, dengan mendengar lagu tersebut saya dapat membayangkan gambaran benua Afrika dengan penduduk, geografi dan satwanya yang terkenal.

Sementara mendengarkan lagu kebangsaan negara Brazil, hmmm kok kurang dapat membayangkan negara tersebut dari lagunya ya. Lalu saya jadi ingin tahu, negara Papua Nugini seperti apa ya lagu kebangsaannya. Ternyata, mengejutkan bagi saya lagu kebangsaan negara tersebut liriknya dalam bahasa Inggris! Reza menjelaskan bahwa negara tersebut memiliki sangat banyak bahasa, bisa dikatakan setiap 10 orang penduduk punya bahasa tersendiri. Lalu kenapa memakai bahasa Inggris? Reza katakan negara Papua Nugini anggota negara Persemakmuran, tidak heranlah bahasa Inggris yang dipakai untuk lirik lagu kebangsaannya.

Mengobrol tentang negara Persemakmuran dengan Reza membuat saya jadi tahu bahwa ada wilayah condominium di dunia ini. Sebelumnya saya hanya tahu kondominium adalah jenis pemilikan properti seperti apartemen. Rupanya istilah itu juga berlaku pada negara didunia yang unik, dimana pada sebuah wilayah politik (negara atau daerah perbatasan) ada dua atau lebih negara yang secara formal setuju untuk berbagi kedaulatan dan menggunakan hak mereka bersama-sama. Hmmm aneh juga ya. Contohnya seperti benua Antartika dengan Antarctic Treaty System dimana ada 52 negara yang menjadi bagian dari perjanjian tersebut.

Itulah satu contoh obrolan saya di waktu luang dengan Reza. Selalu ada yang menarik dari obrolan tersebut, dan bikin saya semakin penasaran, apa aja sih yang ada didalam kepalanya?😀😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s