Lukman dan Pesantren 2015

Tanggal 29 Juni 2015 yang lalu Lukman mulai masuk sekolah, kelas Yupiter (5 SD). Ia cukup semangat memulai kegiatan, dan senang bisa bertemu teman-temannya lagi disekolah. Selama bulan Ramadhan, kegiatan disekolah memang beradaptasi dengan berpuasa, lalu menanamkan nilai positif dalam kehidupan sehari-hari dan mengingat kembali kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan dalam kegiatan di sekolah.

Salah satu kegiatan yang rutin diadakan sekolah Lukman dalam bulan Ramadhan adalah kegiatan pesantren. Kalau tahun sebelumnya kegiatan ini biasa diadakan siang menjelang berbuka dan berakhir setelah sholat taraweh bersama, tahun ini ada perbedaan: murid-murid datang siang hari, lalu mereka berbuka dan shalat bersama, namun diteruskan dengan menginap sampai sahur bersama, dan pulang keesokan paginya. Untuk tahun ini kegiatan pesantren memang hanya untuk kelas 5 dan kelas 6 saja, dan mereka sudah terbiasa dengan kegiatan yang menginap di sekolah, sudah beberapa kali camping, bahkan yang terakhir camping diluar sekolah.

pesantren

Sejak di bagikan surat pengumuman kegiatan pesantren yang disertai detil kegiatan dalam buklet, Lukman selalu menolak ikuti kegiatan tersebut. Alasannya “Aku tidak mau berpisah dengan Mama” bikin saya heran, karena saat kegiatan camping Lukman tidak pernah menolak seperti ini, terbawa semangat teman-teman sekelasnya. Karena masih belum ada perubahan sampai beberapa hari sesudahnya, saya minta bantuan kakak-kakak (guru-guru) Lukman untuk menyiasati agar ia mau ikut kegiatan pesantren. Akhirnya?

Ketika akan saya antar dihari H, saat masuk mobil Lukman sudah katakan “Besok pagi jemput aku ya” yang bikin mamanya bersorak dalam hati “Yesss” karena berarti dia sudah memikirkan mau menginap. Demikan juga ketika sampai disekolah, melihat teman-teman sudah ramai datang, lalu dipintu sekolah ada white board bertulisan “Selamat datang santriwan/santriwati” dihiasi dengan miniatur bedug, Lukman langsung mau masuk sekolah, lupa berpamitan dengan Mamanya!😀

Ketika keesokan harinya saya jemput, guru Lukman menyampaikan bahwa Lukman mau ikut semua kegiatan, makannya cukup banyak, walau hampir semua anak memang kurang tidur karena excited bisa tidur di sekolah.

Well done, Lukman…. terimakasih Kakak-kakak yang bisa semangati Lukman untuk ikuti kegiatan seru ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s