Lukman Naik Kelas 5

naik kelas 5

Senang sekali bertemu Kepala Sekolah dan Guru Kelas Lukman pagi ini. Nilai rapornya cukup baik, Lukman dapat mengikuti pelajaran di kelas dengan guru yang berbeda-beda, sosialisasi dengan teman sudah semakin baik dan ia diterima teman-temannya yang menganggap Lukman itu sama seperti mereka, bukan anak special needs, harus ikuti aturan, harus memperlakukan teman dengan baik, dan justru perlakuan itu yang membuat Lukman semakin berkembang.

Untuk pelajaran Bahasa Inggris kami senang sekali Lukman sudah bisa ikuti kelasnya, bahkan mendapat nilai diatas KKM. Padahal sebelumnya Lukman menolak belajar Bahasa Inggris, karena saat ia masih terapi wicara sejak umur 2 sampai 6 thn kami selalu memintanya ber bahasa Indonesia. Ternyata saat mulai belajar Bahasa Inggris ia jadi menolak. Padahal kami tahu Lukman sangat paham Bahasa Inggris dan cukup banyak vocabulary yg dikuasainya.

Guru Kelas Lukman berbagi banyak cerita, antara lain bagaimana Lukman mulai dapat mengontrol emosi, kalau sudah merasa tidak nyaman ia memilih menyendiri (dan ini dipahami oleh para guru) namun saat sudah tenang ia akan mau mengikuti kembali kelasnya seperti biasa. Kemajuan lain dibidang olahraga, walau kadang masih belum semua diikutinya, saat berjalan keliling area sekitar sekolah sekarang Lukman sudah bisa mengikutinya, tanpa berhenti mengamati apa yang mendadak menarik perhatian, tanpa mengeluh panasnya matahari. Ia pun menikmati main kasti bersama teman-teman, juga lompat trampolin menyentuh ring basket.

Untuk Pramuka, Lukman banyak berkembang karena ingin mencontoh kakak Reza yang menjadi ketua regu di sekolahnya. Rupanya cerita-cerita kakak Reza membuat Lukman ingin juga jadi ketua regu. Karena itu, jika biasanya Lukman kurang bisa ikuti upacara dengan baik, selalu ada saja alasan agar ia dapat berteduh, mulai kelas 4 ini ia sudah bisa ikut upacara dengan tertib, bahkan pernah menjadi ketua barisan kelasnya, meneriakkan aba-aba.

IMG_8973

Pelajaran yang jadi favorit tetapnya adalah IPA. Berbagai percobaan selalu membuat Lukman excited. Memang dirumahpun Lukman senang membaca atau menonton hal-hal yang berkaitan dengan science. Tidak heran, ketika sedang membahas gunung berapi dan gempa vulkanik, ketika ibu guru bertanya apa nama alat yang digunakan untuk mengukur getaran gempa, sementara teman-temannya belum bisa menjawab, Lukman dengan yakin menjawab “Seismograf”. Selain IPA, Lukman semester ini juga menyukai pelajaran PKN😀 Teman-temannya heran, kenapa Lukman bisa menyukai pelajaran itu. Saya pikir justru karena Lukman cara belajarnya khusus, dan juga mendapat tugas2 khusus dari ibu guru PKN, menyebabkan ia suka mempelajarinya. Contohnya, untuk mempelajari RT dan RW, unit pemerintahan terkecil, Lukman diminta mempelajari Kartu Keluarga, lalu menjumpai Pak RT dan Pak RW. Saya mengantar Lukman berkunjung kerumah mereka untuk mendapat data penduduk dan batasan wilayah. Sepertinya Lukman senang diberi tugas-tugas seperti ini.

Karena itu, perkembangan Lukman dikelas 4 ini sangat membahagiakan kami. Terimakasih Kakak-kakak Sekolah Tetum Bunaya yang selalu dengan sabar mendidik Lukman, tidak menggegas para muridnya, sehingga Lukman berkembang menjadi murid yang antusias belajar, dan selalu gembira ke sekolah.

2 thoughts on “Lukman Naik Kelas 5

  1. Sangat beruntung sekali adik Lukman mempunyai keluarga, terutama mama yang sangat mensuport tumbuh kembangnya.

    Saya ingin sharing lebih banyak via email. Bisa kah, Mama?

    Sun sayang adik Lukman, dari tante nan jauh di seberang :*🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s