SuperCamp 2015

Ketika mendapat surat pengumuman tentang kegiatan SuperCamp 2015, tanpa ragu saya menandatangani formulir persetujuan orangtua untuk mengikut sertakan Lukman dalam kegiatan tersebut. Kali ini sudah ketiga kalinya Lukman ikut berkemah. Walau kondisinya diperkemahan pertama dan kedua sedang tidak optimal, Lukman mampu menjalani sampai selesai acara berkemah.

uman1s

Untuk Lukman, kegiatan berkemah ini memang sangat menantang. Berkumpul dengan beberapa kelas, dengan suasana ramai dan berbeda dari suasana kelas, pasti menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi tantangan tidur terpisah dari keluarganya, dan tidur beramai-ramai dalam tenda, pastinya sangat menantang untuk Lukman. Apalagi kali ini lokasi perkemahannya bukan disekolah, tapi di bumi perkemahan Ragunan. Masih dekat dengan lokasi sekolah, namun tetap yang hal ini menantang baik untuk Lukman maupun saya sendiri hehehe…Karena itu ketika menuliskan pesan di formulir kesertaan Lukman, saya titip pesan agar para guru tidak ragu menghubungi saya, walaupun tengah malam, karena handphone saya akan selalu standby!😀

Sehari sebelum acara, Lukman dan teman-temannya berbelanja ke pasar swalayan, karena memang tema dari perkemahan ini adalah “Mandiri Itu Aku!” jadi para murid akan berkegiatan memasak, mencari jejak, berfikir kreatif merencanakan kegiatan seni, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan dimulai dengan merencanakan dan berbelanja bahan keperluan masakan. Lukman senang sekali berbelanja dengan teman-teman, namun juga terlihat lelah ketika sepulang sekolah. Segala kehebohan menjelang SuperCamp sepertinya menguras energinya.

capture-20150516-221524

Mungkin karena itulah Lukman sempat menolak, tidak mau pergi berkemah. Alasannya karena tidak dibolehkan tidur didalam kemah yang dibawanya. Memang Lukman diperbolehkan membawa kemah sendiri, namun tidurnya tetap bersama teman-teman seregu di tenda yang disediakan panitia. Hal ini yang dipermasalahkan Lukman, dan sempat katakan tidak ingin ikut berkemah. Waduh, saya bingung juga, karena tidak mau memaksakan. Tapi saya juga sudah kehabisan ide untuk membujuknya.

Akhirnya saya bawalah Lukman ke sekolah lagi, berharap dengan melihat persiapan para guru menjelang perkemahan akan membuatnya berubah pikiran. Sampai disekolah Lukman diajak ngobrol oleh ibu Endah, juga kepala sekolahnya, kak Lely. Segala macam topik dibahas, dan ketika Lukman melihat jagung yang akan dibakar, ibu Endah katakan Lukman harus ikut untuk bersama-sama membakar jagung saat api unggun dinyalakan. Dari yang awalnya Lukman serba “Tidak mau”, dan “Tidak ikut camping”, akhirnya Lukman dengan enteng bilang “Ya sudah, aku ikut!” Hahaha bikin deg-degan saja anak ini, namun begitu sudah setuju, Lukman juga langsung semangat lagi.

friendss

Di hari SuperCamp, Lukman bangun lebih pagi dari biasa, lalu dengan bergegas sarapan, mandi dan bersiap pergi. Sampai di lokasi, sudah banyak temannya yang datang. Lukmanpun masuk ke lokasi dengan semangat, tidak ada keraguan berpisah. Seharian kami mendapat update dari guru kelasnya lewat grup WhatsApp, juga mendapat kiriman foto-foto.

11  14 12

Senang dan lega lihat mimik Lukman yang terlihat enjoy ketika mencari jejak, bahkan ia juga berinisiatif untuk berbagi cerita ketika acara performance di api unggun. Sayapun bisa tertidur, walau pagi-pagi sekali sudah bangun untuk lihat apakah ada lagi kiriman foto dari perkemahan😀

22

Ketika dijemput dipenghujung acara, Lukman terlihat sangat lelah, namun masih mau mengikuti upacara penutupan yang juga diikuti para orangtua murid yang juga sudah hadir menjemput. Sampai rumah, tidak seperti perkemahan yang lalu dimana Lukman langsung tidur pulas, kali ini Lukman tetap nonton tivi, main seperti biasanya. Ketika saya tanya, rupanya Lukman katakan “Aku bisa tidur di tenda”😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s