Jogja, Kami Datang!

air2s

Itu yang Lukman katakan diatas pesawat, ketika sudah take off dan berada diatas awan🙂

Alhamdulillah, Lukman dan Reza semangat sekali bangun pagi, kemudian bergegas siap-siap ke bandara saat hari masih gelap. Dalam perjalanan menuju bandara mereka tidak tidur, malahan memperhatikan kanan-kiri jalan yang masih lengang. Sampai di bandara Lukman juga merasa nyaman walau sudah cukup ramai, dan ia senang sekali melihat banyak pesawat baik yang baru take-off maupun yang sedang dipersiapkan terbang. Setelah cukup puas melihat pesawat, Lukman duduk manis dan mainkan tab Papanya. Melihat Lukman bermain, seorang ibu yang duduk disebelahnya mengajak Lukman bicara. Lukman awalnya diam saja, malah bergeser pergi dari kursinya. Kami katakan tidak apa kepada Lukman “Ibu mau berkenalan dengan Lukman”. Kepada ibu tersebut Papanya jelaskan kalau Lukman penyandang autis, dan kami surprise ketika sang ibu katakan ia tahu, karena beliau seorang pendidik di sekolah yang juga menerima anak berkebutuhan khusus di Belitong. Akhirnya kami ngobrol dengan beliau dengan asik sampai tiba waktunya kami masuk pesawat.

Lukman kelihatan excited naik ‘busway’ begitulah ia menyebut bis yang membawa kami ke pesawat😀 Sampai dipesawat ia dengan cepat memilih duduk dekat jendela. Karena sudah cukup persiapkan Lukman sebelumnya tentang apa-apa yang akan dialami saya tidak mengulangi lagi, apalagi Lukman terlihat tenang. Ketika pesawat mulai memacu kecepatan dan bunyinya lebih keras, Lukman tenang saja. Hanya ketika pesawat mulai miring dan melaju lebih kencang Lukman katakan “Aku kaget, aku kaget” sambil mengelus-elus dadanya, lalu saya peluk. Selepas take-off Lukman tenang lagi, apalagi saya katakan “Lihat, kita ada disamping awan!” Lukman langsung lihat keluar dan dia bilang “Kita sampai dilangit!” dan disambung lagi dengan “Jogja, kami datang!” bikin saya tergelak. Bahkan ketika pesawat masuk kedalam awan dan agak bergetar pun Lukman tidak terlihat khawatir.

Akhirnya pesawat mendarat mulus di Jogja. Kami sudah ditunggu oleh supir mobil rental yang sudah kami booking dari Jakarta. Ketika sedang browsing info Jogja, saya mendapatkan website yang sangat menarik, yaitu Liburan Jogja, yang memberikan banyak informasi bermanfaat, bukan hanya hotel, transportasi dan tempat wisata tujuan, namun juga tips-tips seperti route perjalanan, harga tiket masuk tempat wisata, dll. Membandingkan website ini dengan yang lain kami jadi sreg untuk menyewa mobil dari mereka. Selain itu mereka juga membantu kami mereview rute yang kami buat untuk perjalanan selama dua hari di Jogja. Ternyata pilihan kami tidak salah, mobil yang kami pakai sesuai dengan yang dijanjikan: dalam kondisi sangat baik, bersih, supirnya sangat sopan, sangat tahu jalan, bahkan memberikan masukan-masukan yang bagus untuk tempat makan yang belum kami tentukan sebelumnya. Dengan demikian, waktu dua hari dengan banyak tujuan wisata dapat terkejar semua🙂

Untuk hari pertama, route kami adalah sebagai berikut: Keraton – Taman Sari – Mesjid Bawah Tanah – makan siang di Gudeg Yu Djum – Malioboro – Benteng Vredeburg – Pasar Beringharjo – check in ke hotel – kerumah sepupu kami – Museum De Arca – makan malam di Sate Klathak Pak Pong di Bantul. Pheeeeyuuuw, padat sekali ya? Hahaha😀

Ketika sampai di kota Jogja memang kami tidak ke hotel dulu karena mengejar waktu tutupnya Keraton yang lebih awal di hari Jumat. Disana anak-anak cukup menikmati suasana yang sangat berbeda, keanggunan bangunan kuno tersebut dan keramahan para abdi dalem yang melayani para pengunjung. Puas melihat-lihat keraton, kami lanjut ke Taman Sari, tempat pemandian raja-raja yang masih berdekatan dengan keraton. Tidak lama disana, kami ditanya oleh pemandu apakah ingin mengunjungi mesjid bawah tanah? Wah kami langsung iyakan. Saya sudah lihat beberapa tulisan dan foto-foto mesjid ini, kelihatannya menarik sekali.

page2_resize-horz

Kami pergi ke mesjid yang bernama Mesjid  Sumur Gumuling itu dengan berjalan kaki, melewati Kampoeng Cyber yang jadi ngetop karena baru-baru ini dikunjungi Mark Zuckerberg si pencipta Facebook🙂 Rasanya damai sekali melewati kampung ini, tidak terlihat adanya ketergesaan, siapapun yang berpapasan dengan kami memberi sapaan atau salam. Tak sampai 10 menit berjalan kamipun sampai ke mesjid tujuan. Wow mengesankan sekali bangunan dibawah tanah ini. Namun sayang, perawatannya kurang maksimal, tidak terlalu bersih didalamnya, beberapa bagian seharusnya perlu direnovasi lagi. Mesjid ini memang sudah tidak digunakan untuk beribadah, mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan.

page6_resize-horz

Selesai di mesjid tersebut, kami dengan perut yang sudah keroncongan mampir di Gudeg Yu Djum, di jalan Wijilan, juga masih dekat keraton. Karena hari biasa, suasana disana cukup lengang, kami bisa makan dengan nikmat, bahkan Lukman tidak menolak (biasanya dia agak sulit makan yang ‘benyek-benyek’ hehehe). Dengan perut kenyang, kami berangkat lagi ke jalan Malioboro. Tujuan kami siang itu adalah ke Benteng Vredeburg.

Karena Reza dan Lukman senang sekali main benteng-bentengan dirumah, sudah lama saya ingin mengajak mereka melihat benteng ‘beneran’. Namun karena tidak ada disekitar Jakarta, kesempatan baik untuk melihat di Jogja ini. Seperti yang kami lihat foto-fotonya, benteng ini masih terawat dengan baik sekali. Gedungnya, halamannya semua terjaga kebersihannya, dan informasi yang diberikan didalam gedung museum juga menarik. Dari benteng, kamipun mampir sebentar ke pasar Beringharjo yang persis berada disebelahnya. Disana Reza jadi kepingin beli blangkon, lucu sekali, dan langsung dipakainya, sehingga Lukman dan Papanya juga ikutan😀

page9_resize-horz

Setelah itu kami ke hotel untuk check-in dan istirahat sebentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s