Laporan Perkembangan Reza: Semester Pertama di SMP

RaporReza

Sehari setelah hari Ibu, 23 Desember 2014, saya berangkat pagi untuk pertemuan Laporan Perkembangan Siswa disekolah Reza: SMP Lazuardi Jakarta. Sampai di sekolah, sudah ada beberapa Ibu yang menunggu, dan kami diminta mengisi survey Kepuasan Orangtua yang sudah disediakan. Hmm buat saya ini positif sekali, kami diberi kesempatan menilai baik program, fasilitas, komunikasi, segala sesuatunya yang berkaitan dengan sekolah pada survey ini dan memberi masukan untuk kedepannya.

Setelah mengisi survey, tiba giliran saya bertemu dengan kedua guru kelas Reza, dan diberikan folder Laporan Penilaian Hasil Belajar dan Perkembangan Siswa. Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal semester oleh ibu Direktur dan ibu Kepala Sekolah, para murid tidak hanya akan menerima laporan nilai akademis saja. Selain laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, ada penilaian Target Sikap Individu, dan juga Laporan Komisi Disiplin. Laporan Target Sikap Individu adalah acuan guru dalam mengobservasi sikap sosial siswa, targetnya ditentukan murid dengan didampingi guru diawal semester. Sedangkan Laporan terakhir, Laporan Komisi Disiplin, bukan hanya berisi penilaian kedisipilnan murid, namun juga nilai positif dari setiap hal ekstra yang dilakukan murid, misalnya keaktifan dalam belajar, merapikan kelas, memenangkan games dalam pelajaran, berpartisipasi dalam kegiatan Idul Adha, dll.

Nilai-nilai yang dicapai Reza di semester ini baik sekali, namun yang paling mengharukan adalah ketika membaca Catatan Penting dari wali kelas Reza sebagai berikut:
“Ananda telah menjalani semester I dikelas 7 dengan cukup baik. Senang sekali memiliki siswa yang aktif, memiliki semangat dan motivasi tinggi seperti ananda. Ketertarikan ananda dalam pelajaran sosial dan pengetahuan umum menjadikan ananda siswa yang memiliki wawasan yang luas. Kepedulian ananda terhadap teman-temannya yang berkebutuhan khusus patut dijadikan contoh bagi teman-temannya. Semoga dengan bimbingan bersama ananda akan meraih prestasi yang lebih baik lagi.”

Membaca catatan itu, kami merasa senang menemukan sekolah yang memiliki visi misi yang sama dengan kami, bahwa yang penting dari belajar di sekolah itu bukan hanya mengejar nilai-nilai bagus di rapor, namun juga pembentukan karakter, semangat belajar, dan perlunya suasana menyenangkan di sekolah. Para guru tidak hanya mengajar, tapi juga mengenali kelebihan dan juga keunikan tiap murid dan berusaha semaksimal mungkin memotivasi semua murid. Tidak heran, Reza memang selalu bersemangat, termotivasi untuk bertanggung jawab atas tugas atau PR tanpa perlu diingatkan, dan aktif mengikuti kegiatan baik di kelas maupun diluar kelas. Selain itu, seperti yang dituliskan pada catatan diatas, Reza pun dapat menyesuaikan diri dengan sekolah inklusi ini, bahkan dapat membantu teman-temannya yang berkebutuhan khusus, seperti yang kami pesankan dirumah.

Terimakasih kepada para guru dan Kepala Sekolah yang telah memotivasi dan membimbing Reza, semoga semangat Reza dapat terus dipertahankan, dan prestasinya terus meningkat. Aamiin yra…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s