Laporan Perkembangan Lukman Di Semester Ganjil Kelas 4

RaporLukman

Sabtu tanggal 13 Desember 2014 kami ke Sekolah Tetum Bunaya untuk pertemuan Laporan Perkembangan Siswa. Alhamdulillah di semester ganjil kelas 4 ini Lukman sangat stabil disekolah, ia dapat menyerap bahan akademis yang diajarkan, perkembangan emosi dan sosialisasinya sangat baik.

Ini sudah semester ke tiga Lukman berada dikelas Pelangi, yang dimulai ketika Lukman kelas 3. Sebelumnya memang Lukman bergabung bersama teman-temannya dari kelas 1, namun dikelas 2 dan 3 ketika teman-temannya sudah semakin berkembang mulailah Lukman kesulitan dikelas, seringkali tantrum, dan akhirnya sekolah membuat kelas Pelangi, dimana Lukman belajar one-on-one, ia sendiri dengan satu guru (gurunya berganti-ganti tergantung mata pelajaran). Semenjak itu kemajuan Lukman secara akademis sangat pesat, emosinyapun semakin stabil, dan sejak kelas 4 Lukman sudah bergabung lagi dengan teman-temannya untuk rutinitas pagi: membaca doa, senam brain gym, lalu ke kelas Pelangi untuk belajar. Dikelas Pelangi pun Lukman tidak sendirian sekarang, ada teman-teman berkebutuhan khusus yang juga bergabung dikelas ini.

Untuk pelajaran, Lukman sedikit berbeda materinya dari teman-teman kelas 4. Ketika diawal semester kami diberikan daftar yang sangat detil tentang materi yang sudah dipelajari dan belum dipelajari Lukman dari kelas 1 sampai kelas 3. Karena itu di semester ini Lukman mengejar hal-hal yang belum dipelajarinya, namun untuk mata pelajaran yang sudah dikuasai seperti IPA, Lukman tetap belajar materi kelas 4. Memang untuk pelajaran IPA, Lukman selalu senang belajar, bahkan apa yang dipelajari disekolah dilanjutkan dirumah, ia membaca buku-buku dirumah yang berkaitan dg topik yang sedang dipelajari disekolah, dan share penemuannya dirumah kepada kakak (guru) yang mengajarkan disekolah.

Kami bersyukur Sekolah Tetum sudah sejak awal dididirikan SDnya telah menerapkan pembelajaran yang menggunakan berbagai media, tidak hanya mengandalkan buku. Eksplorasi ke alam sekitar, wawancara narasumber, berkunjung ke lokasi, menggunakan video, film, powerpoint yang sangat ‘nempel’ untuk Lukman yg gaya belajarnya lebih ke visual. Guru-guru membuat lesson sheet sendiri, jadi tidak tergantung pada buku paket, para murid tidak berat tas-nya membawa buku paket yang tebal-tebal itu Metode belajar seperti ini membuat Lukman mampu menyerap pelajaran dengan baik.

Terimakasih kakak-kakak untuk semua usaha, bimbingan dan perhatiannya pada Lukman, semoga Lukman terus stabil, semakin baik akademisnya dan sosialisasinya. Aamiin y r a….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s