Autism Awareness and Acceptance

10s

Hari Minggu yang lalu, Reza ajak ngobrol saya. Awalnya Reza tanya “Kemarin kan mama ikut seminar pubernya anak autis, nah kalau mereka senang sama seseorang kelihatan nggak sih?”. Saya jawab “Umumnya penyandang autis itu sangat ekspresif. Kalau senang ya diungkapkan, contohnya waktu adek ketemu temanmu dan bilang ‘Kak Putri, kau cantik sekali’, inget kan?” Reza angguk2 sambil senyum. Saya teruskan “Nah kemarin diseminar juga Mama dengar kalau penyandang autis suka sama seseorang ya dia akan ekspresif, pasti teman-temannya bisa tahu. Bahkan tidak jarang penyandang autis itu maunya melihat, berdekatan terus dengan yang dia sukai. Sama sih semua orang juga begitu, tapi ya bedanya di ekspresifnya itu”.

Setelah itu kami ngobrol tentang teman-teman spesialnya disekolah, saya jadi paham kenapa guru kelas Reza menulis: ‘Reza sangat peduli kepada teman yang berkebutuhan khusus’. Sebelum obrolan itu, saya pikir ya pastilah Reza mau berteman dan bergaul dg teman2nya yang spesial, karena sudah biasa dan paham bagaimana bermain spt dg adiknya dirumah. Tapi rupanya dari obrolan itu saya baru tahu kalau ia juga suka membantu mereka memahami pelajaran, juga memperhatikan mereka saat unit activity, karena ya mereka juga senangnya mengikuti Reza. Bahkan salah satu teman spesialnya mendadak memberi gambar pada Reza, padahal tidak ada hal khusus hari itu. Ketika itu saya sudah kasihtahu Reza kalau ada yang memberi gambar tanpa alasan apa-apa, berarti ia senang berteman dengan Reza.

Saya jadi bersyukur, sekolah di sekolah inklusi ternyata membuat Reza lebih memahami teman-teman yang kondisinya spesial dan ia juga tergerak hatinya untuk membantu mereka. Dirumahpun Reza lebih toleran lagi pada adek Lukman.

Leave a Reply

