Halal Bihalal Lazuardi

Suatu hari di bulan Agustus kemarin kami menerima sms undangan untuk menghadiri Halal bihalal Keluarga Besar Lazuardi GIS dengan tema Idul Fitri dan Semangat Pembaruan dimana yang akan menjadi pembicara adalah Bapak Haidar Bagir, bertempat di Lazuardi GIS Cinere. Nah karena belum pernah bertemu muka dengan beliau, juga karena kami belum pernah mendatangi kompleks Lazuardi GIS Cinere, maka saya ajak Papanya untuk hadir dalam acara tersebut. Anak-anak tidak ikut, karena acara mulai jam 8, sedangkan seperti biasa hari Sabtu adalah hari bangun siang untuk mereka, jadi kami berdua saja yang pergi๐Ÿ™‚

Perjalanan dari rumah ke Lazuardi Cinere hanya makan waktu 15 menit, dan sampai disana seperti kesan yang saya dapat di Lazuardi Margasatwa: suasananya adem sekali. Banyak pohon-pohonan dan tanaman asri yang mengisi halaman kompleks tersebut. Gedung Ibnu Sina yang menjadi tempat pertemuan sudah cukup ramai, beberapa orangtua membawa anak mereka juga. Kami langsung masuk, dan nampaknya acara sudah akan dimulai.

hbh1

Acara dibuka dengan alunan music dari Mini Orkestra Lazuardi yang terdiri dari belasan murid Lazuardi. Menurut pembawa acara sesungguhnya secara lengkap ada 30an murid yang menjadi anggota Orkestra Lazuardi.

hbh2

Setelah menikmati beberapa lagu suguhan orchestra, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran, surat Al Hujarat ayat 11 beserta sari tilawahnya.

ูŠุงูŠู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุกุงู…ู†ูˆุง ู„ุง ูŠุณุฎุฑ ู‚ูˆู… ู…ู† ู‚ูˆู… ุนุณูŠ ุงู† ูŠูƒูˆู†ูˆุง ุฎูŠุฑุง ู…ู†ู‡ู… ูˆู„ุง ู†ุณุงุก ู…ู† ู†ุณุงุก ุนุณูŠ ุงู† ูŠูƒู† ุฎูŠุฑุง ู…ู†ู‡ู† ูˆู„ุง ุชู„ู…ุฒูˆุง ุงู†ูุณูƒู… ูˆู„ุง ุชู†ุงุจุฒูˆุง ุจุงู„ุงู„ู‚ุจ ุจูŠุณ ุงู„ุงุณู… ุงู„ูุณูˆู‚ ุจุนุฏ ุงู„ุงูŠู…ู† ูˆู…ู† ู„ู… ูŠุชุจ ูุงูˆู„ูŠูƒ ู‡ู… ุงู„ุธู„ู…ูˆู†

Artinya:
โ€œHai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.โ€

Dan dilanjutkan dengan tausiyah dari Bapak Haidar Bagir. Beliau tampil sederhana, tanpa basa basi dan sangat spontan. Tausiyah disampaikan dengan menarik, tidak ada kesan menggurui, dengan contoh-contoh yang aktual. Beberapa kali hadirin tergelak, entah itu karena selingan candaan maupun mimik beliau.

hbh3

Isi tausiyah yang beliau sampaikan sangat mengena dengan surat Al Hujarat ayat 11, dimana setelah melewati masa kampanye PilPres masih terasa betapa bangsa ini masih juga saling melempar ledekan, cemoohan seperti yang beliau lihat sendiri di twitter. Karena itu beliau menghimbau: sudahkah kita mempraktekkan ayat Al Quran tersebut? Sudahkah kita menerapkan untuk tidak menganggap rendah org lain? Sudahkah kita tidak memberi gelaran jelek kepada orang lain?

Beliau menjelaskan tujuan pendidikan yang menjadi misi Lazuardi adalah melahirkan murid-murid yang trampil hidup bahagia karena punya karakter dan berakhlak. DiLazuardi anak merasa di lingkungan yang menyayangi, sekolah dengan senang, menjadi pinter, bahagia dan sukses. Beliau berikan contoh system pendidikan di Finlandia yang terkenal sebagai system pendidikan terbaik didunia, dimana prinsipnya adalah: anak akan lbh menguasai materi pelajaran, kalau dia mempelajari sendiri (instrucion vs learning). Kalau anak bahagia, hatinya lapang, semua baik: bisa menyerap ilmu dengan baik. Jadi kalau kita ingin anak jadi pintar: guru harus baik, ramah, perhatian, lingkungan sekolah harus menjadi lingkungan yang baik. Saat datang ke sekolah ia yakin akan disambut baik dan dibantu oleh semua personel bahkan sampai staf OB juga harus baik. Selain lingkungan sekolah, tentunya lingkungan dirumah juga sangat penting. Di zaman sekarang sudah banyak ayah ibu yang tidak โ€˜adaโ€™ untuk anaknya. Padahal penting untuk anak melihat keluarga besarnya bisa bahagia dengan cara yang lurus. Biasakan anak melihat contoh bahwa menjadi orang baik itu enak, hidupnya bahagia. Melihat contoh seperti ini anak akan terdorong utk berbuat baik. Kalau nantinya ia mendapat pengaruh buruk mereka tidak akan terpengaruh, dan akan tetap memilih untuk melakukan hal yang baik.

Selesai tausiyah, acara berikutnya adalah launching website Lazuardi GIS yang telah di update dengan informasi terkini. Selain website, diberikan juga informasi kontak untuk Lazuardi GIS sebagai berikut:

Www.lazuardi-gis.net
Email: info@lazuardi-gis.net
Facebook: Lazuardi Gis
Twitter: @Lazuardi_GIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s