Sweet Closure: Reza’s Graduation Day

Memasuki semester genap, Reza menjalani banyak kegiatan yang luar biasa di sekolah. Ujian praktek sudah dimulai bulan Februari. Diawali dengan presentasi tugas akhir yang spektakuler (baca Semangat Tugas Akhir: Ide dan Pembuatannya  dan Presentasi Reza ) , lalu diikuti dengan ujian praktek tahap berikutnya untuk mata pelajaran lainnya. Belum lagi try out yang diadakan sampai 4x, lalu ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester rutin seperti tiap tahunnya. Namun kami sangat bersyukur, ketahanan semangat dan motivasi Reza sangat terjaga sepanjang semester ini. Ia dengan kesadaran sendiri mau datang tiap hari ketempat bimbel saat ulangan maupun ujian akhir, sehingga dirumah saya tidak memintanya untuk belajar lagi, hanya refreshing saja.

Dengan cara itu sepertinya Reza cukup terjaga ketahanannya, sehingga hasilnya pun relative stabil. Yang membanggakan, ia selalu berada di ranking 3 atau 4 untuk tryoutnya, suatu hal yang luar biasa bagi Reza, mengingat ia baru take off di semester ganjil. Ketika menjalani Ujian Sekolah pun Reza terlihat tenang. Hari pertama ya ada lah sedikit grogi. Namun selama 3 hari ia katakan soalnya tidak lebih sulit dari tryout. Karena itu saya sudah yakin, hasilnya pun tak akan meleset jauh dari hasil tryout.

Selain kegiatan akademis, tentunya ada persiapan akhir masa sekolah SD. Baik itu pemotretan untuk buku tahunan dan foto resmi wisuda, lalu home visit, serta tasyakuran atau kalau disekolah lain disebut acara perpisahan. Berbagai kegiatan ini sangat menyenangkan untuk Reza dan dari cerita-ceritanya saya tahu akan meninggalkan kenangan manis yang akan dibawanya ke SMP. Maklumlah, Reza tidak meneruskan SMP disekolah yang sama dengan SDnya, namun pindah sekolah ke SMP Lazuardi (baca A New Phase of Life for Reza)  Jadi ia akan berpisah dengan teman-teman SD dan memulai pertemanan baru di SMP.

37s

Akhirnya sampailah kami di hari H, wisuda untuk para murid kelas 6. Acaranya bertemakan adat Sunda, sesuai dengan lokasi sekolah yang di Depok, Jawa Barat. Reza mengenakan baju beskap, blangkon dan selop, lalu berangkat lebih dulu karena berkumpul sebelum mulai acara. Sementara saya dan Papanya datang saat acara dimulai. Saya lihat para wisudawan dan wisudawati sudah duduk dibarisan kursi depan. Tak lama acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Dilanjutkan berbagai sambutan yang disampaikan baik dari pihak sekolah maupun orangtua murid, diselingi dengan tarian dan nyanyian murid kelas 1-5. Setelah itu dimulai prosesi pengalungan medali kelulusan, dan disambung dengan pengumuman wisudawan/wati terbaik.

Setelah beberapa murid maju ke panggung, menerima piala didampingi orangtuanya, nama Reza dipanggil sebagai wisudawan dengan nilai kelulusan terbaik untuk dua matapelajaran: IPS dan PKN, dan kamipun maju mendampingi Reza untuk menerima pialanya.

Rasanya bangga dan terharu sekali, kalau memikirkan perjuangan Reza dan kami orangtuanya mengatasi segala kendala yang muncul, berbagai hal yang tidak diperkirakan selama ia menjalani pendidikan dasarnya, dan semua usaha dan juga kerja keras Reza berbuah manis sekali di akhir masa perjuangan itu.

rezass

Selamat ya Reza sayang, Papa Mama bangga sekali atas kerja keras dan semangatmu selama dikelas 6 ini, ingatlah bahwa belajar itu bisa menjadi menyenangkan, asal kita bisa mendapatkan motivasi dan niat yang kuat untuk menghadapi segala kendala.

Semoga semangat ini selalu bernyala didalam dadamu, melanjutkan kesuksesan yang sudah kau peroleh di akhir masa SD ini. Papa Mama pasti selalu mendukung dan mendoakan yang terbaik untukmu.

13s 21s

32s 34s

35s  30s

Baca juga:

Bersyukur di Penghujung Tahun

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s