Misi Agen Rahasia

Bulan yang lalu saya mendapat email pemberitahuan Museum Ceria yang akan mengadakan kegiatan family weekend di museum seperti yang pernah kami ikuti (baca posting: Berburu Naga, … ). Melihat tanggalnya, wah seminggu sebelum Reza ujian sekolah. Namun saya tetap mendaftar, karena justru kegiatan refreshing seperti ini lah yang akan bermanfaat agar Reza tidak jenuh dan tetap enjoy ketika terus berlatih mempersiapkan diri untuk ujian. Sehari sebelumnya, saya juga beritahu Lukman tentang acara ini. Lukman senang dan mencari lokasi Museum Satrya Mandala dipeta. Walau Lukman masih belum bisa dengan serius mengikuti misi yang dibuat atau memecahkan kode untuk mendapatkan jawaban teka-teki yang disajikan, saya yakin ia pasti senang melihat persenjataan, tank, pesawat, dll yang ada di museum itu. Papanya juga ikut karena kami akan berbagi tugas seperti biasa: saya menemani Reza memecahkan kode rahasia untuk menemukan koleksi museum yang dimaksud, dan Papanya menemani Lukman berkeliling museum dengan sesukanya.

12s

Sedikit cerita tentang acara Agen Rahasia: anak-anak akan berperan sebagai seorang agen rahasia cilik pada masa perang kemerdekaan di Indonesia. Para agen rahasia cilik ini akan diberi beberapa misi. Mereka harus menjalankan misi tersebut dengan cara memecahkan beberapa kode rahasia, mencari koleksi museum, juga face painting. Mereka akan belajar tentang sejarah di masa perang kemerdekaan Indonesia melalui cara yang berbeda dan menyenangkan.

Ketika kami datang dan parkir di halaman museum Satria Mandala, anak-anak langsung excited melihat roket, helicopter, meriam dan kapal yang berada dihalaman museum. Sebelum melangkahkan kaki ke gedung balairung tempat registrasi, kami sempatkan melihat dan foto-foto dulu dihalaman tersebut. Setelah registrasi, Reza diberi selembar kertas, kami harus memecahkan logic game dulu utk dpt clue cards. Saya bantu Reza menjawab logic game tersebut dengan cepat, lalu meluncur ke gedung utama museum untuk memulai misi Agen Rahasia.

Dalam melakukan kegiatan, selain memperkenalkan warisan budaya dan sejarah Indonesia Museum Ceria memang juga punya tujuan untuk meningkatkan komunikasi orangtua dan anak. Karena itulah dalam family weekend soal/clue yang dikerjakan oleh team: anak dan orangtuanya. Bukan dengan sesama anak, bukan juga hanya anak dan pengasuhnya😀 Saya acungi jempol untuk Museum Ceria untuk soal yang satu ini.

Berikut ini kegiatan yang Reza lakukan dalam misi Agen Rahasia, mengambil ringkasan dari blog Museum Ceria: Serunya Jadi Agen Rahasia. Clue Card #1 berisi tantangan untuk pergi ke ruang Sudirman, disana mereka akan bertemu dengan Kak Hanna dan Kak Rio yang akan memberi clue card #2 dan juga melukis wajah peserta. Setiap tantangan yang berhasil dilaksanakan, peserta akan diberi sticker bintang untuk mendapat penghargaan sebagai Agen Rahasia. Dari Ruang Sudirman, peserta mendapat misi untuk mengantarkan sebuah surat. Namun, surat tersebut ternyata belum lengkap ! peserta harus mengisi kata-kata yang kosong di dalam surat sambil melihat jawabannya di ruang diorama.

Setelah berhasil, mereka harus menyebutkan jawaban isi surat dan sebuah kata kunci ke Kak Irsyad untuk mendapatkan clue card #3. Dari sini, peserta mendapatkan misi selanjutnya untuk mengantarkan gaji tentara ke Pabrik Senjata Demakijo. Sesampainya disana, mereka harus bermain engklek agar tidak dicurigai Belanda. Setelah bermain engklek, Kak Saiful memberikan clue card #4 dan sticker bintang ke-3.Clue card #4 berupa pesan dalam sandi rahasia yang harus dipecahkan oleh para peserta. Kira-kira mereka harus pergi kemana ya ?

nikon 215s  nikon 216as

nikon 216bs nikon 217s

Ternyata sandi rahasia di clue card #4 berbunyi agar mereka harus pergi ke Pesawat Cureng dan selfie disana! Ayo-ayo cepat pergi ke pesawat cureng di bagian belakang Kompleks Museum Satria Mandala. Sesampainya disana, peserta disambut Kak Alqiz yang sudah siap memfoto gaya peserta di depan pesawat Cureng dengan kamera instax!

 

Selesai misi Agen Rahasia, mereka mendapat cupcake dan sekotak susu, lalu istirahat menunggu peserta lain yang belum selesai. Acara terakhir adalah pembagian doorprice. Walau belum pernah beruntung sebelumnya, kami tetap nantikan acara ini dengan sabar hihihi. Akhirnya, ketika pemenang doorprice dipanggil menurut nomor registrasi, Reza mendapat salah satu hadiah, yaitu voucher Baskin Robbins! Wahhh ternyata dapat rejeki juga akhirnya, hmmm mama dibagi ya eskrimnya!

Selesai acara, kami biarkan anak-anak puas melihat-lihat dihalaman luar, yang banyak sekali menampilkan senjata, alat transportasi dan pesawat yang dulu dipakai para pejuang negara kita. Setelah itu kamipun pulang, anak-anak senang sekali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s