PR IPA

Suatu hari sepulang sekolah Lukman bercerita ia baru menonton video di sekolah, pelajaran IPA. Dari sedikit yang ia ceritakan, saya tangkap videonya adalah tentang perkembangan bayi dalam rahim ibunya. Topik ini bukan hal baru bagi Lukman, karena ia sering sekali membaca buku-buku tentang anatomi manusia, dan sudah tahu bahwa kelahiran seorang bayi berasal dari proses dimana ada pertemuan sel sperma dan sel telur, lalu menjadi janin dan dikandung dalam perut ibunya selama 9 bulan.

11s PR1s

Ketika ia tahu pertama kali, belum terlalu ngeh mungkin ya, hanya sekedar gambar-gambar yang tidak berarti baginya. Namun saat ia sudah mulai mengenal konsep diri yang diajarkan disekolah bahwa ia adalah ‘hasil’ dari pernikahan Papa dan Mamanya, seriiing sekali Lukman menanyakan “Kamu menikah dengan Papa ya?” lalu lanjut “Lalu kakak lahir ya?” dan “Habis kakak aku lahir ya?”

Nah mulailah informasi-informasi itu tersambung dipikirannya Lukman. Saya tambahi dengan memperlihatkan foto-foto pernikahan saya dengan Papanya, lalu dokumentasi foto kakak Reza dari lahir sampai sekarang, lalu dirinya sendiri dari lahir sampai sekarang. Namun ada satu folder foto yang belum saya perlihatkan, yaitu saat Lukman baru saja lahir. Karena itu masih saya simpan, sampai Lukman menonton video yang saya sebut diatas.

Setelah menonton video tersebut disekolah, keesokan harinya Lukman mendapat selembar PR untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari apa yang dilihatnya di video tersebut. Kami cari video-nya di youtube, dan lalu menonton bersama-sama dirumah. Lukman sepertinya terkesan sekali dengan video itu, dari awal video dimulai, ia katakan “Ini lagu cinta, Mama” ketika lagu soundtrack video tersebut mulai terdengar. Lukman juga usap-usap perut saya, dan bilang “Aku sayang Mama” berkali-kali sepanjang menonton. Hihihi saya geli dan campur terharu jadinya. Bahkan kakak Reza yang baru pulang sekolah pun jadi ingin tahu dan ikut nimbrung menonton video yang menarik itu.

15s

Setelah itu kami berdua selesaikan menjawab pertanyaan pada lembar PR sekolah. Setelah selesai, saya tanya “Lukman mau lihat foto-foto saat baru lahir?” Cepat Lukman mengangguk mengiyakan. Lalu saya cari foldernya, dan perlihatkan. Waduh senangnya Lukman, banyak tanya ini itu pada saya. Dan beberapa hari setelah itu masih saja topik kelahiran dirinya jadi pembicaraan :-)

14s

Dibawah ini video yang kami lihat bersama, bagus sekali menurut saya.

Leave a Reply

