Tugas-tugas Sekolah Reza

Sekolah Reza memang jarang memberi pekerjaan rumah. Karena sistimnya full day school, setiap hari kecuali Rabu dan Jumat, Reza sampai dirumah jam 16.30. Jadi saya bersyukur juga sekolahnya bukan yang sering memberikan PR harian.

Ada beberapa tugas yang diberikan guru untuk dikerjakan dirumah, namun waktunya diberika cukup panjang sebelum dikumpulkan. Tahun ini Reza mendapat berbagai variasi tugas yang diberikan guru dengan mata pelajaran berbeda.

Ada yang tugasnya mengumpulkan data dari internet. Ada juga yang selain mengumpulkan data juga digabung dengan kegiatan prakarya. Ada juga tugas pengamatan, yang dilakukan selama seminggu penuh.

Untuk jenis tugas yang pertama, tidak ada yang istimewa. Biasanya Reza kerjakan sendiri atau berkelompok dan hasilnya tinggal di print saja. Untuk jenis tugas kedua, ada yang menarik yang dilakukan Reza. Ketika itu diminta oleh guru Sciencenya untuk membuat tampilan bumi yang memperlihatkan lapisan dalamnya. Dibuat dengan menggunakan bola plastik. Kalau bola plastik sih mudah ya, beli di tukang plastik lewatpun ada. Tapi tampilan bumi dan lapisan dalamnya bagaimana?

Akhirnya dengan berbagai percobaan jadilah bentuknya seperti di foto dibawah ini🙂

Bola dipotong 3/4 dahulu baru di semprot dengan cat pylox, setelah kering baru Reza melukis benuanya dengan cat poster. Sedangkan untuk lapisan dalamnya Reza buat dari karton berwarna-warni.

tambahan 034s

Lalu jenis tugas pengamatan. Ini dilakukan untuk tugas Bahasa Indonesia. Ketika Reza saya tanya mau mengamati apa, ia langsung jawab “Mau mengamati ulat”. Ya, karena dihalaman rumah banyak serangga, hewan yang bisa diamati, salah satunya ulat jeruk yang sudah beberapa kali kami pelihara sampai menjadi kupu-kupu (baca: Taman Kupu-kupu), pilihan Reza itu tepat juga. Namun karena waktunya terbatas hanya seminggu, maka prosesnya hanya sampai ulat menjadi kepompong.

488000_4458131128275_130744069_n 21632_4458134808367_1425439960_n

Lalu tugas terakhir yang Reza semangat sekali mengerjakannya adalah tugas IPS. Ketika murid kelas 6 Ujian Nasional dan Reza libur beberapa hari, oleh guru IPS diberikan tugas membuat biografi salah satu pahlawan, lalu ditempel pada karton (agar bisa ditempel di dinding). Reza bilang “Yang deket aja Mama, pahlawannya”. Saya sudah senyum-senyum, dan bisa menebak, Reza mau bikin biografi Haji Agus Salim yang memang masih adik buyutnya. Akhirnya Reza cari biografi yang ada di internet, lalu ia juga tambahkan sedikit dari buku Pesan-pesan Islam Haji Agus Salim yang diperoleh Reza ketika ada acara launching buku tersebut (baca: Launching Buku H. Agus Salim: Pesan-pesan Islam). Sedangkan untuk foto-foto yang melengkapi, Reza dapatkan dari file keluarga. Untuk tampilannya, karena Reza sedang getol memakai glitter untuk prakarya, jadilah berkilau seperti frame photo yang mengelilingi paper hasil karyanya itu.

DSCN3344s

Ada tambahan cerita lucu karena glitter ini. Berhubung Reza kerjakan tugas ini didalam kamar, maka glitternyapun berserak kemana-mana, dari lantai, ke seprai tempat tidur, dll. Ketika malamnya saya temani Lukman menjelang tidur, ia mendadak berseru: “Oh ya ampuun, glitter!” sambil menyentuh wajah saya yang rupanya ‘dihinggapi’ glitter. Sampai beberapa hari sesudahnya “Oh ya ampun glitter” jadi seruan favorit kami, sambil mengambil glitter yang menempel di tangan/kaki/wajah, dll😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s