Lukman Berkemah Lagi

Setiap tahun, sekolah Lukman mengadakan perkemahan Sabtu-Minggu. Tahun ini diadakannya diakhir bulan April, dengan lokasi yang sama: di halaman sekolah. Ya, karena pesertanya masih kelas 3 kebawah, lokasi perkemahan masih dihalaman sekolah yang luas itu. Karena Lukman sudah ikut berkemah tahun yang lalu dan sudah pernah juga berkemah bersama sekeluarga (baca: Lukman Berkemah dan Our First Family Camping) maka saya cukup tenang tahun ini, saya pikir Lukman juga akan nyaman-nyaman saja dan gembira berkemah lagi.

Depan

Ternyata prediksi saya tidak sepenuhnya benar. Walau Lukman berangkat dengan penuh semangat, sampai sekolah bahkan tidak cium/peluk kami dulu sebelum  berpisah (langsung lari ingin melihat kemahnya) ternyata ia masih ada kesulitan menyesuaikan diri.

Tahun ini tentu pesertanya lebih banyak dari tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya 2 kelas, sekarang 3 kelas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ramainya peserta, dan kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya membuat Lukman tidak nyaman. Kalau tahun lalu kegiatannya lebih banyak yang membuat anak-anak gembira saja, memperkenalkan mereka pada kegiatan Pramuka (baru diadakan tahun lalu). Kalau tahun ini, persiapan kegiatan cukup banyak, karena anak-anak sudah menjalani kegiatan Pramuka selama setahun, dan temanya adalah “SuperCamp” dimana anak-anak dilatih mengembangkan potensi kepemimpinan melalui berbagai kegiatan. Sejak persiapannya anak diminta menyiapkan sendiri perlengkapan dan mengecek kembali sebelum berangkat.

camping1 camping4

Dalam kegiatan SuperCamp tersebut, anak dijelaskan tentang apa yang disebut pemimpin, siapa yang bisa menjadi pemimpin, mereka berlatih berpikir strategis: menetapkan tujuan, merencanakan kegiatan yang akan dijalankan. Dalam perkemahan itu mereka dituntut untuk bersikap proaktif dan membina hubungan baik dengan orang lain. Karena materinya cukup padat, saya cuma berharap Lukman bisa menjalani dan menikmati kegiatannya, mengenai apakah Lukman nantinya akan mengerti dan bisa bersikap sebagai pemimpin saya rasa perlu pengenalan lebih lama, dan ini baru tahap awal untuknya.

521704_299499810181440_1375841078_n kemahs

Ketika acara perkemahan dimulai, Lukman mulai merasa tidak nyaman karena suasana yang lebih ramai, kegiatan yang lebih terstruktur dari tahun lalu, bahkan ada kegiatan menggunting dan menempel (yang kurang disukainya karena masih belum merasa pede mengerjakan). Akibatnya Lukman sempat menolak ikuti kegiatan dan agak tantrum. Namun itu terjadi sampai setengah hari saja, ketika akhirnya Lukman bisa dibuat tenang oleh para guru, ia kemudian mau ikuti kegiatan. Bahkan Lukman mau mandi! Tahun yang lalu Lukman tidak mau mandi karena tidak ada air hangat😆 sehingga baru mandi lagi ketika pulang kerumah. Tapi tahun ini sudah saya wanti-wanti Lukman harus mandi, dan sudah dilatih untuk mandi dengan air yang lebih dingin dari biasa. Alhamdulillah, ia mau mandi sendiri. Memang dirumahpun Lukman sudah mandi sendiri.

551292_299653543499400_1472816194_n camping3

Malam harinya, Lukman cukup bisa diajak kegiatan Mencari Jejak. Berjalan didalam gelap bersama sekelompok teman, rupanya bisa dijalaninya, dengan bantuan teman-temannya yang selalu mengingatkan kalau Lukman mau jalan sendiri. Begitu juga ketika api unggun, kalau tahun lalu ia masih sangat ketakutan, tahun ini ia cukup menikmati bahkan suka sekali makan jagung bakarnya. Ketika sudah waktunya tidur, Lukman dengan mudahnya terlelap. Ada sih terbangun satu kali saat tengah malam, namun cukup dipeluk oleh gurunya Lukmanpun tertidur kembali.

Ketika selesai acara perkemahan, Lukman terlihat gembira pulang, dan langsung cerita “Aku mencari jejak malam-malam” bangga sekali rupanya….

Note: Sebagian besar foto-foto diambil dari koleksi Sekolah Tetum Bunaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s