Here We Go Again….

Setelah pertemuan dengan psikolog dan terapis untuk sesi asesmen Reza bulan yang lalu, saya jadi kepikiran (tentu saja) dan mengevaluasi lagi kejadian dan langkah-langkah yang kami lakukan ketika Reza mulai terlihat masalah kesulitan menulis sejak di bangku kelas 1 SD. Ketika itu kami masih berharap, dengan early intervension yang dilakukan: terapi okupasi mulai kelas 2 dan terapi SI juga terapi edukasi di kelas 3, dilanjutkan dengan terapi okupasi dirumah sejak kelas 3 itu sampai sekarang, kami berharap kesulitan menulis Reza akan dapat di tanggulangi.

Namun dengan kejadian ‘meluncur’nya nilai-nilai Reza di semester ganjil kelas 5 ini, sesudah dilakukan asesmen kembali pada Reza (baca Rainy Night, What A Mellow Night) saya sadari bahwa seperti yang saya baca dari artikel-artikel tentang dyspraxia tersebut: bahwa kondisi Reza adalah kondisi yang menetap, life long disability. Jadi saya penasaran, apa ya yang bisa membantu Reza menghadapi kondisinya itu, dan bagaimana gambaran perkembangan Reza berikutnya, itu yang sekarang jadi pikiran saya.

capture-20130129-170332

Karena itu saya jadi banyak browsing artikel, dan mulai cari-cari kalau ada buku tentang dyspraxia dan apa yang kami bisa lakukan untuk membantunya disekolah.

Menyadari betapa kurangnya pengetahuan tentang dyspraxia dan juga learning disability ini pada masyarakat kita, saya jadi kepingin sekali menyebarkan pengetahuan sembari belajar tentang kedua hal tersebut. Semoga saja ada satu-dua yang bisa menarik perhatian, sehingga semakin banyak orang yang tahu dan aware tentang masalah ini.

Hal yang sama saya rasakan 5 tahun yang lalu, ketika Lukman baru di diagnosa autistik. Rasanya saat itu informasi tentang autisme pastinya belum sebanyak sekarang dan sayapun berusaha mencari teman-teman baru yang ‘senasib’. Sekarang, saya juga merasakan bahwa pengetahuan tentang dyspraxia dan learning disabilities masih sangat minim informasinya, dan ini tidak mengherankan karena dyspraxia sendiri mulai dikenali di Amerika Serikat pada tahun 1999 relatif masih baru.

Mudah-mudahan semakin banyak teman dan info lokal yang saya dapatkan, karena sementara ini saya baru mengandalkan artikel-artikel dari luar negeri yang kadang kurang dapat di aplikasikan berhubung bedanya sistem yang ada.

Mungkin ada yang tahu tentang komunitas/parent support group untuk dyspraxia atau learning disabilities? Info saya ya, trimakasih🙂

Related posts:

Reza Is Back On Track!

Rainy Night, What A Mellow Night

Rapor Semester Genap Reza Kelas 3

Rapor Semester Ganjil Reza Kelas 3 

Reza Dan Tulisannya Lagi

Nilai Reza Lagi

Nilai UTS Reza Kelas 2

Nilai Rapor Reza Kelas 1 

Tulisan Reza

Leave a Reply

