Lukman Outing Lagi!

Sejak duduk di bangku TK B, Lukman sudah mulai outing bersama teman-teman dan guru-guru sekolahnya, tanpa didampingi orangtua. Berbagai macam perasaan pastinya muncul saat anak pergi tanpa kita dampingi. Kalau untuk kakak Reza ketika seumuran Lukman juga mulai outing, saya tidak terlalu kawatir karena ia sudah sering pergi bersama rombongan, sudah pandai menjaga diri, dan sudah hafal identitas diri, alamat & nomor telepon rumah, dan cukup patuh pada gurunya. Sedangkan untuk Lukman, karena ke spesialan-nya, saat bepergian dengan kami pun harus ada penjagaan khusus.

Walau ditemani Papa-Mamanya, tiap pergi ke tempat ramai Lukman selalu kami bekali kartu identitas diri, dengan nama, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Hal itu kami lakukan setelah kejadian ‘hilang’nya Lukman ketika berkunjung ke Sea World Ancol (baca: Ancol, Senang & Cemas Jadi Satu) dan menimbang belum lancarnya Lukman bertanya-jawab. Selain itu kamipun sangat perhatikan situasi tempat yang akan dikunjungi: bukan tempat yang lampunya temaram, bukan tempat yang terlalu keras suara musiknya, dan masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Lukman bisa menikmati bepergian keluar rumah.

Ketika kesempatan Lukman outing pertama kali dengan rombongan sekolahnya di tahun 2010, saya tidak terlalu kuatir. Saat itu sekolahnya berkunjung ke Godong Ijo tempat wisata edukasi di daerah Sawangan. Disana anak-anak bisa belajar tentang koleksi tanaman hias, hewan-hewan reptile dan ikan yang langka, dan juga belajar memancing. Karena kegiatan tersebut adalah kesukaan Lukman, jadi saya cukup yakin saat melepas Lukman pergi bersama rombongan. Tambahan lagi lokasinya masih tidak terlalu jauh, hanya satu jam perjalanan. Ternyata dugaan saya benar, Lukman sangat menikmati kunjungan itu, berani memegang reptile, memancing ikan sampai dapat, dan pulang membawa bibit tanaman. Karena senangnya, liburan semester itu kami pergi ke Godong Ijo, supaya kakak Reza tidak iri mendengar pengalaman Lukman yang mengasyikkan disana🙂

Pada kesempatan kedua, Lukman outing ke Kidzania bersama rombongan sekolahnya dibulan Maret 2012 (baca: Lukman ke Kidzania!). Ketika itu saya cukup kawatir karena Lukman tidak suka ruangan yang temaram atau terlalu terang, dan tidak suka kehebohan atau bunyi yang keras, baik itu musik, atau suara lainnya. Padahal hal-hal tersebut justru yang akan dijumpainya di Kidzania. Walaupun ada keraguan itu, saat datang surat pemberitahuan untuk orangtua dan harus mengisi formulir konfirmasi ijin anak mengikuti outing ke Kidzania, saya langsung menandatangani untuk persetujuan kepergian Lukman kesana. Saya yakin guru-gurunya dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan anak-anak selama dijalan dan di Kidzania, apalagi saya tahu di Kidzania keamanan pengunjung ciliknya sangat dijaga. Harapan saya, karena pergi beramai-ramai dengan teman sekelasnya Lukman akan bisa menikmati suasana yang biasanya kurang disukainya itu.

Sepanjang hari saat Lukman pergi, saya sengaja sibukkan diri, agar tidak terlalu terpikirkan Lukman yang sedang pergi, sampai akhirnya sore haripun tiba, saatnya menjemput Lukman. Pulang dari Kidzania, Lukman terlihat ceria sekali. Ia pulang dengan masih berkalung identitas dirinya, juga uang Kidzos yang yang diperoleh hasil ‘bekerja’ di Kidzania. Selain itu, saya lihat masih ada tempelan ‘special need child’ didadanya. Wah bagus sekali perhatian Kidzania pada anak berkebutuhan khusus. Melihat muka Lukman yang ceria walaupun sudah lelah, dan ditambahi lagi ceritanya : “Aku ingin kembali ke gedung itu, kembali ke Kidzania jadi dokter gigi. Ada kuman2 jahat…” lalu : “Ada pemadam kebakaran teriak: apinya terbakar lagi!!” bikin saya lega dan bahagia sekali. Ternyata, Lukman sudah bisa bepergian cukup jauh, tidak sama Papa-Mama, ketempat yang tidak biasa dikunjungi, dan bisa menikmati pengalamannya hari itu.

Outing ketiga di akhir bulan November yang lalu, kebetulan sekali sekolah Lukman berkunjung ke Museum Bank Indonesia, seminggu setelah kami duluan berkunjung kesana bersama klub dongeng FeMale radio. Melihat reaksi Lukman selama berada di museum ketika bersama kami, dan melihat ia cukup bisa menikmati kunjungan itu, saya pun dengan yakin melepasnya pergi bersama rombongan. Hanya saja yang terpikirkan, walau lokasi masih di Jakarta namun dengan adanya kemacetan perjalanan ke sana pasti memakan waktu cukup lama. Namun ternyata Lukman bisa menikmati perjalanannya, bahkan saya dapat cerita ibu kepala sekolahnya, didalam bus Lukman sampai tertawa terbahak-bahak ketika menonton film kartun yang sengaja dipasang didalam bus.

museum  12

Ketika pulang, Lukman langsung katakan “Aku dari museum Bank Indonesia, Mama. Aku naik sepeda bersama kak Aas”. Loh kok naik sepeda? Rupanya saat menunggu rombongan shalat Jumat, Lukman sempat naik sepeda dihalaman museum Fatahillah yang memang menyewakan sepeda untuk pengunjung Kota Tua. Dan itu yang jadi kesan istimewa bagi Lukman pada kunjungan kedua-nya di Museum Bank Indonesia hehehe. Ketika saya periksa tasnya, semua bekal makanan yang cukup banyak dibawa Lukman licin tandas, kecuali nasi-nya karena dari sekolahpun sudah disiapkan lunch box untuk makan siang. Senang sekali melihat Lukman pulang dengan gembira, sehat dan bersemangat.

13 14

Mengingat-ingat kembali perjalanan dan proses ketiga outing/field trip tersebut, dan juga pengalaman Lukman camping semalam di sekolah (baca: Lukman Berkemah) rasanya bahagia sekali ia bersekolah di lingkungan yang mendukung perkembangan kemandiriannya. Lingkungan yang walaupun sangat memperhatikan faktor ke-spesialan Lukman namun tetap menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan Lukman bersosialisasi. Semoga dengan demikian Lukman mampu membuktikan dikemudian hari, bahwa anak special pun dapat berkembang optimal dengan dukungan dan pengarahan dari lingkungannya. Aamiin…

PS: Terimakasih Sekolah Tetum Bunaya yang sudah mengijinkan kami untuk meminjam foto-fotonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s