Rekaman Lukman

Ada kejadian lucu sekali pagi ini ketika saya mengantar Lukman sekolah. Karena rute yang biasa kami lalui terlihat macet, dan dulu pernah Lukman terlambat gara-gara macet seperti tadi, maka saya putar haluan melewati rute yang lebih jauh ke sekolah. Jalannya melewati pinggir kali, dan saya bilang “Macet Lukman, kita lewat jalan yang dekat sungai saja ya”

Lukman: “Apa itu sungai, air yang jijik yang warna coklat ya?”

Saya heran, Lukman sudah tahu kok sungai, kenapa dia bilang begitu ya? Jadi saya jawab “Iya, sungainya kotor ya Lukman?”

Lukman: “Iya, orang-orang buang sampah ke sungai, ada piring yang berputar-putar seperti perahu”

Mamanya: “Mustinya nggak boleh ya Lukman, buang sampah di sungai”

Lukman: “Iya, buang sampah di tempat sampah seperti dirumahku, dirumah Ayang. Nanti buminya marah, bumi tambah panas. Lalu dia kecapean dan minum air putih…”

Waaah saya makin takjub, Lukman bicara soal global warming dengan caranya sendiri. Walau masih campur aduk ceritanya, tapi saya senang Lukman walaupun sedikit sudah punya kepedulian terhadap topik tersebut. Saya jadi ingat ketika kakak Reza masih kecil juga sering seperti itu. Kelihatannya tidak memperhatikan apa yang dikerjakan gurunya dikelas, tapi ketika ditanyai ia bahkan bisa menjawab lebih baik dari pada temannya yang kelihatannya memperhatikan guru.

Memang lucu, kadang kita tidak tahu kapan Lukman keluarkan ‘rekaman’ memorinya seperti tadi itu, dan ini memang sama seperti kejadian-kejadian yang lalu, dalam banyak kesempatan memang Lukman hanya merekam, dan seperti tidak ada reaksi ketika diajarkan sesuatu atau ketika diberikan stimulasi. Tapi beberapa waktu kemudian, baru deh dia keluarkan rekamannya itu, dan bikin kita bahagia bahwa apa yang diajarkan atau diberikan itu tidak sia-sia dilakukan🙂

Leave a Reply

