Idul Fitri 2012

Tahun ini suasana Idul Fitri sangat berbeda untuk kami. Baik Ayang, mama saya, dan Moma, mama mertua, sedang dalam kondisi kurang sehat. Ayang sudah beberapa bulan penyakit asmanya belum sembuh, sempat dua kali dibawa ke emergency , suaranya menghilang, dan mudah sekali letih karena faktor usia juga. Begitupun Moma, tahun ini sudah beberapa kali dirawat dirumah sakit, dan walau masih semangat menerima tamu, namun karena baru saja keluar rumah sakit anak dan menantunya memboyong Moma kerumah kakak tertua, dan istirahat saja selama hari raya. Ayangpun dibawa kakak tertua saya kesebuah hotel, dan istirahat disana ditemani kakak nomor dua dan uda Ivan.

Saya dan Papanya juga sudah sepakat, di hari raya ini tidak berkunjung ke banyak rumah. Mengingat pengalaman tahun lalu, Lukman jadi tantrum karena tidak mau makan hidangan lebaran dan tidak nyaman dengan ramainya keluarga besar kami (baca: Too Much Going On + Different Environment = Meltdown https://mamanya.wordpress.com/2011/09/01/too-much-going-on-different-environment-meltdown/ ). Selain rencana kunjungan yang minimal, kami juga bersiap membawa laptop, kalau-kalau Lukman jenuh dan terpaksa dibujuk dengan games kesukaannya.

Di hari raya pertama kami langsung menuju rumah kakak tertua Papanya, berkumpul dengan Moma dan kakak-adik Papanya sekeluarga. Yang bikin senang, Lukman ketika sedang bersalaman dengan Moma tanpa disuruh bilang “Aku sayang padamu” walahhh langsung meleleh deh ya hati Momanya🙂 Syukurlah ketika dirumah tersebut Lukman betah karena ada kolam ikan! Walau bajunya sampai basah, saya senang Lukman tetap gembira dan mau berlama-lama main disana tanpa perlu membuka laptop. Lukman bahkan mau makan lontong disana, padahal biasanya Lukman paling tidak mau makan lontong, ketupat, bubur, dan teman-temannya, pokoknya maunya nasi. Kalau Reza memang suka ngobrol dengan Moma dan saudara-saudaranya, juga mencicipi hidangan yang dibawa masing-masing keluarga. Reza memang suka mencoba makanan yang baru dilihatnya.

Menjelang sore kami baru beranjak ke rumah sepupu Papanya. Lukman yang maunya pulang saja di bujuk “Nanti disitu bisa lihat kereta lho” barulah Lukman mau mengunjungi satu rumah lagi. Disana karena suasana cukup ramai, banyak keluarga besar yang berkunjung, kami tidak berlama-lama kemudian pamit pulang kerumah. Hari itu cukup berkunjung dua rumah saja, karena waktu sudah sudah menjelang magrib.

Hari kedua kami berangkat agak siang, Reza dan Lukman kami biarkan istirahat dan bangun agak siang. Kami janji berkumpul dirumah salah satu paman Papanya, yang selalu jadi tempat berkumpul keluarga besar dihari raya kedua. Walau suasana ramai, Lukman sudah cukup terbiasa dirumah tersebut, dan cukup betah karena banyak pajangan berbentuk hewan-hewan kesukaannya. Kalau Reza senang karena dirumah ini makanannya cukup ramah utk perut anak-anak, bukan hanya menyediakan hidangan kampung halaman yg umumnya pedas dan spicy, disini juga ada somay, hotdog, yang langsung Reza pilih. Darisana kami menuju rumah paman yang lain, yang juga tak kalah ramainya, dan Lukman senang kesini karena ada kolam renangnya. Lagi-lagi baju lebarannya basah, tapi tak apalah yang penting Lukman senang. Cukup lama disana, kami pamit dan pulang kerumah.

Hari ketiga kami menjemput Ayang dihotel, dan sampai disana Lukman senang sekali karena tepat diluar kamar Ayang ada waterpark. Sayang sekali baik Papanya maupun Reza dalam kondisi flu, dan Lukman tidak ada yang menemani berenang. Sempat ngambek Lukmannya, karena pingin berenang. Ketika sepupu saya sekeluarga datang mengunjungi Ayang, Lukman tidak mau ikut duduk bersama, mengurung diri saja dikamar. Namun setelah makan siang yang enak, dan puas loncat-loncatan diresto hotel itu, apalagi dari sana kami menengok Moma lagi, Lukman hilang ngambeknya. Saat bertemu Moma lagi, Lukman langsung menuju kolam ikan, dan sementara Ayang ngobrol sama Moma Lukman main sampai basah lagi🙄

Bisa dibilang selesailah acara berlebaran kami di hari ketiga itu. Kebetulan di hari ke empat Papanya ada janji lunch meeting walau belum masuk kantor. Jadi selesai meeting Papanya langsung pulang lagi. Daripada menunggui Papanya meeting dengan hanya berjalan-jalan di mall, saya cari playground di lokasi yang berdekatan dengan lokasi meeting tersebut untuk menyalurkan energy anak-anak yang kurang tersalurkan saat berlebaran. Akhirnya kami bermain di Lollipop Senayan City. Di pagi hari sampai jam makan siang Lollipop tidak terlalu penuh, Lukman dan Reza bisa main dengan nyaman. Selesai jam makan siang, tambah ramai anak-anak bermain disitu. Bukan hanya anak-anak, tapi juga nanny, babysitter dan governess yang menunggui tak kalah ramainya, untung saja tidak lama kemudian Papanya datang menjemput dan kamipun pulang.

Kalau Lukman senangnya seluncuran berkali-kali di Lollipop itu, Reza lebih memilih menangkap ikan! Hahaha sebetulnya nggak perlu ke Lollipop ya kalau menangkap ikan😀 Ada sebelas ekor ikan yang dengan bangganya dibawa Reza pulang. Esok paginya tinggal satu ekor yang tidak ngambang dipermukaan air, waduh kasihan sekali, saya sudah tahu anak-anak pasti sedih. Betul juga, saat bangun tidur yang ditanyakan Lukman “Apakah ikan-ikan sudah tumbuh dewasa, Mama?” saya bilang kalau ikan-ikannya tidak kuat dibawa jauh dari Lollipop pulang kerumah, walau kemarin masih sehat, sekarang sudah pusing semua. Langsung Reza dan Lukman lari ke toples tempat ikan-ikan tsb, dan lihat sendiri ikan yang hidup tinggal satu. Reza walau sedih nggak terlalu kelihatan, kalau Lukman nangis tersedu-sedu sambil bilang “Aku sayang ikan, Mama…”

Hari-hari libur lebaran berikutnya kami jalan-jalan saja mengikuti maunya anak-anak. Betul-betul Idul Fitri yang santai dan menyenangkan🙂