Family Gathering dan WWF

Hari Minggu kemarin kami datang kesekolah Lukman untuk acara Family Gathering. Acara yang rutin diadakan dua kali dalam setahun tersebut jadi kesempatan baik untuk para orangtua dari seluruh kelas untuk bertemu. Maklumlah, tidak semua orang tua mengantar anaknya kesekolah, banyak juga yang anaknya naik mobil antar jemput sekolah, dan pun kalau tiap hari mengantar jemput seperti saya, belum tentu juga bertemu semua kelas, karena jam masuk sekolah yang berbeda tiap kelasnya.

Istimewanya acara kemarin diadakan bekerja sama dengan pihak WWF. Untuk saya yang pemerhati lingkungan (ehm… setidaknya untuk lingkungan halaman rumah dan sekitarnya), apalagi Reza yang juga punya perhatian khusus dengan topik Global Warming, sangat senang membaca surat pengumuman dari sekolah. Pada surat itu diberitahukan akan ada mobil khusus yang namanya Mobile Panda yang berkunjung pada family gathering tersebut. Mobile Panda adalah truk enam roda yang digunakan WWF-Indonesia untuk melakukan kegiatan konservasi di area publik. Mobile Panda menyebarkan pesan konservasi kepada publik Indonesia melalui kegiatan kampanye dan edukasi, dan juga melibatkan masyarakat dalam upaya perlindungan alam dengan cara memberikan sumbangan/donasi.

Sebelum hari H kemarin, anak murid dari tiap kelas membuat sebuah karya yang nantinya akan dipajang pada saat acara, dijual kepada para orangtua, dan hasilnya diberikan sebagai donasi kepada WWF. Seru ya? Anak-anak terlibat tidak hanya untuk tampil pada acara pentas dihari tersebut, tapi juga sudah mulai dilibatkan pada persiapan sebelum hari H. Karya yang dibuat bukan juga tanpa konsep, tapi semua karya tersebut memanfaatkan benda-benda bekas pakai, atau istilah kerennya prakarya daur ulang. Begitu pula penampilan mereka nanti, menggunakan alat musik perkusi yang menggunakan barang-barang bekas pula.

Malam menjelang acara Family Gathering, kami ngobrol tentang Mobile Panda sebelum tidur. Lukman mengira akan ada panda betulan didalam mobilnya🙂 kalau Reza kepingin tahu apa sih kepanjangan WWF itu. Jadilah Mamanya googling lewat bb untuk baca info tentang WWF sebelum bobo. Dari Wikipedia bisa tahu bagaimana terbentuknya WWF, kemudian kenapa logonya panda. Setelah dapat info itu, anak-anak tidur supaya besok bangunnya bisa pagi seperti hari biasa.

 

Keesokan harinya kami sampai disekolah, dan disambut pemandangan yang bikin heboh anak-anak: Mobile Panda! Rupanya kali ini acara diadakan dihalaman sekolah, karena tentu saja mobil truk tsb tidak bisa masuk kehalaman dalam. Hasil karya anak-anak sudah dipajang, kami langsung diberitahu ibu kepala sekolah “Itu buatan Lukman, kandang ayamnya!” Rupanya, ketika diminta membuat sesuatu dari kemasan bekas pakai, kalau teman-temannya membuat mobil-mobilan, atau kamera, atau mesin air, Lukman yang minggu ini lagi focus pada ayam malah membuat kandang ayam! Hahaha… Walau begitu, kakak Reza dengan semangat bilang “Ayo beli, Mama… dibawa pulang kandang ayamnya” Saya jawab “Tanya dulu gimana cara belinya”. Rupanya sudah disiapkan toples kosong disamping tempat pajangan karya tersebut, dan orangtua boleh memasukkan berapa saja untuk membeli karya anaknya, dan nanti uang yang terkumpul akan diberikan sebagai donasi kepada WWF. Reza dengan semangat memasukan tangan kekantong celananya, dan mengeluarkan… beberapa koin yang entah sudah berapa lama dikantonginya! Lalu dia bilang “Reza kasih ini ya Mama” saya bilang iya, nanti Mama tambahin.

Tak lama menunggu, mulailah acara Family Gathering. Pembukaan dilanjutkan dengan perkenalan para kakak-kakak dari WWF. Lalu mereka mendongeng tentang apalagi kalau bukan binatang, yang disambut meriah oleh anak-anak. Selesai acara dongeng, tiap kelas mempersembahkan berbagai pertunjukan. Yang lucu tiap konsep pertunjukan berhubungan dengan lingkungan tentunya. Lukman dengan sabar menunggu giliran kelasnya sambil memanjat tangga pelangi dihalaman sekolah. Tapi giliran kelasnya tampil, Lukmannya kabuuuur…. Teteup belum mau tampil didepan umum, rupanya🙂

Selesai tampil, anak-anak diminta mewarnai lembar gambar yang diberikan kakak-kakak WWF, yang menjadi syarat mendapatkan tiket masuk ke Mobile Panda. Lukman cukup semangat mewarnai, dan bahkan menambah lagi gambar dihalaman baliknya, gambar bunga dan… hotel hehe…

Ketika gambar sudah dikumpulkan dengan gembira Lukman dan Reza berlari ke Mobile Panda. Rupanya sudah ada film yang diputar, jadi anak-anak bergantian karena tempatnya yang tidak luas. Sambil menunggu, mereka bisa melihat-lihat buku bagus yang banyak disediakan. Ada juga permainan yang juga berhubungan dengan dunia satwa dan lingkungan hidup. Tidak lama melihat-lihat, Reza dan Lukman mendapat kesempatan menonton. Rupanya ceritanya tentang pemburu hewan liar. Lukman asik menonton, berteriak “Shotgun!” ketika melihat si pemburu. Reza yang kurang tertarik pada filmnya, hanya menonton sebentar, lalu membaca buku-bukunya. Selesai menonton, Lukman lalu main, yang paling seru pancing-pancingan ikan.

 

Tak terasa waktupun cepat berlalu. Pembaca acara mengumpulkan para orangtua dan anak-anak untuk menutup acara. Uang yang terkumpul diserahkan per kelas, dan kakak-kakak WWF memberikan kenang-kenangan berupa boneka satwa yang dilindungi seperti orang hutan, macan, dll untuk ditaruh di setiap kelas.

Selesai acara ditutup, kami pulang dengan senang hati setelah menikmati acara Family Gathering yang juga memberikan ilmu baru untuk anak-anak.

2 thoughts on “Family Gathering dan WWF

  1. Buat kami acaranya seru banget, mungkin karena anak-anak memang pecinta hewan dan Papa-Mamanya suka mendukung acara untuk lingkungan seperti ini. Pokoknya banyak jempol utk Sekolah Tetum Bunaya deh, kak Endah, nggak cuma bikin acara menarik tapi juga sangat melibatkan anak-anak dalam prosesnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s