Kuda Troya

Hari Kamis yang lalu Reza tidak masuk sekolah. Entah kenapa sore hari sebelumnya dia lemas, lalu merasa perutnya ‘panas’. Lalu pagi harinya muntah, sehingga terpaksa tidak masuk. Hari Jumat walau Reza masuk sekolah saya mintakan ijin ibu guru untuk Reza tidak ikut olahraga dulu. Sepulang sekolah Reza cerita, ketika teman-temannya berolahraga, ibu guru memanfaatkan waktu Reza untuk membahas Bahasa Indonesia yang dipelajari kemarin, tentang alur cerita, kilas balik, dan yang berhubungan dengan topik tersebut.

Reza cerita dengan senang sekali soal pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, padahal biasanya Bahasa Indonesia bukan pelajaran favoritnya. Rupanya, kali ini ibu guru melakukan pendekatan berbeda dari biasa. Reza diminta menceritakan satu legenda yang diketahuinya. Lalu ibu guru menjelaskan dari legenda yang Reza ceritakan tersebut apa yang disebut tema, tokoh utama, tokoh bawahan, latar, alur, dan sudut pandang ceritanya. Oooo baru saya mengerti, pantesan dia berseri-seri gitu mukanya, rupanya karena diberi kesempatan bercerita legenda, dan tentu saja Reza pilih salah satu legenda peperangan yang disukainya: legenda Kuda Troya!

Saya langsung senyum-senyum ketika Reza sampaikan kejadian dikelas itu. Saya yakin, legenda yang Reza ceritakan itu bukan legenda yang biasa terpikir oleh anak seumurnya. Apalagi ketika Reza mengulang bercerita, saya sendiri rada puyeng mendengar detailnya, begitu banyak tokoh di cerita legenda tersebut, dan Reza hafal semua namanya! Berikut ini adalah cerita legenda Kuda Troya yang diceritakan Reza pada saya dengan lancar sambil saya rekam di hp, lalu saya ketik untuk jadi cerita di blog ini🙂

Perang Troya dimulai ketika ada pesta dinegeri dewa-dewi Yunani, saat itu ada seorang dewi bernama Eris, dewi perselisihan, yang tidak diundang ke pesta tersebut. Untuk balas dendam, dewi Eris mengirimkan sebuah apel emas ke pesta tersebut, dan mengatakan apel itu diberikan untuk dewi yang paling cantik.  Ada 3 dewi yang memperebutkan apel itu yaitu Athena (dewi kebijakan, keberanian), Hera (istri Zeus, dewa terhebat dari 12 dewa lainnya) dan Aphrodite (dewi cinta). Lalu Zeus memerintahkan Paris untuk menjadi juri yang menentukan siapa yang berhak mendapat apel tersebut. Athena menjanjikan pengetahuan tak terbatas jika diberi apel tersebut. Hera menjanjikan kekuasaan. Sedangkan Aphrodite menjanjikan wanita tercantik didunia akan menjadi kekasih Paris jika ia yang mendapatkan apel tersebut. Akhirnya Paris memenangkan Aphrodite, dan ternyata wanita tercantik didunia yang dijanjikan Aphrodite adalah Helen, istri dari Menealus, Raja Sparta. Paris kemudian menculik Helen dari Sparta ketika Menealus sedang berperang keluar Sparta.

Mengetahui penculikan istrinya, Menealus sangat marah dan setelah berbagai usaha diplomasinya tidak berhasil ia menyerang ke Troy untuk mendapatkan istrinya kembali. Sepuluh tahun lamanya peperangan terjadi namun Menealus belum juga berhasil menembus pertahanan Troya. Akhirnya Odysseus, salah seorang sekutu Menealus, mengusulkan pembuatan kuda raksasa sebagai kendaraan untuk menyusup kedalam Troya. Seratus serdadu termasuk Odysseus dan juga Achilles salah satu tokoh paling berani dari Yunani masuk kedalamnya, dan ketika serdadu lain meninggalkan Troya seolah-olah mereka mengaku kalah. Warga Troya yang melihat kuda tersebut diletakkan di pintu benteng dan tidak ada serdadu Sparta lain yang tampak disana mengira mereka telah menang, lalu bersuka ria gembira merayakan ‘kemenangan’ tersebut. Malam harinya ketika mereka terlalu mabuk dan tidur, para serdadu Sparta keluar dari dalam kuda Troya lalu menghabisi para penjaga dan membawa Helen kembali ke Sparta. Dalam pertempuran tersebut Achilles mati karena dipanah pada tumitnya, karena menurut legenda tubuh Achilles kebal kecuali di bagian tumitnya.

Selesai ceritanya Reza.

Cerita yang penuh lika-liku. Saya cuma berkomentar “Pantesan kalau sakit kaki sepertinya ada yang disebut penyakit Achilles ya Reza”. Reza cengengesan dan bilang “Ada bagian di  tulang tumit yang namanya Achilles, Mama”. Penasaran, saya cari di WebMD, ketemu: Achilles tendon hehehe…  Kok Reza tahu? Seperti biasa jawaban standarnya: “Baca di dictionary punya Ayang…” Hmmm🙂

Baca juga cerita:

Kalau Mau Hasil Yang Bagus….

2 thoughts on “Kuda Troya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s