Obrolan Sore

Kemarin sore mendengar Ivan, Reza dan Lukman ngobrol sore hari kok seru sekali, saya sampai kepingin mencatat dan menulis apa yang mereka perbincangkan. Lukman tidak ikut bicara, tapi karena topiknya seru dan kesukaannya Lukman jadi mundar-mandir ikut menyimak kedua kakaknya tukar cerita.

Awalnya karena Ivan melihat logam Peso yang dimiliki Reza, dapat dari Papanya ketika business trip ke Philipina baru-baru ini. Dari perbincangan mata uang, Ivan bicarakan nama Rizal yang sering dipakai dinegara itu, katanya “Seperti nama Indonesia ya”. Lalu saya bilang karena Philipina pernah dijajah Spanyol, banyak nama-nama penduduknya berbau Spanyol pula.

Pindahlah topiknya ke jaman penjajahan, Ivan punya kesimpulan yang unik “Enak kalo dulunya dijajah Inggris, penduduknya malahan jadi pinter, contohnya aja India tuh, banyak orang India yang pinter-pinter”. Pendapat Ivan ini disetujui Reza, katanya “Iya tuh, bendera India aja ada di bulan loh, sudah ada warganegara India yang bisa pergi ke bulan. Kalo Indonesia sih cuma sampe naik roketnya tapi trus turun lagi enggak nyampe ke bulan”. Lalu Ivan bilang “Tahu nggak ada yang meragukan foto Neil Armstrong dibulan itu?” Reza: “Kenapa?” Ivan: “Coba lihat deh foto-fotonya saat nancepin bendera Amerika, google deh”. Lalu sibuk lah mereka membahas tentang foto-foto yang meragukan itu: dari foto Neil Armstrong yang berdiri sendirian, di helmnya ada refleksi, tapi kok gak ada refleksi orang yang motret, lalu kenapa benderanya bisa berkibar padahal di bulan kan gak ada anginnya.

Selesai membahas foto Neil Armstrong, mereka bicarakan topik kesukaan Lukman: paus, lumba-lumba dan ikan hiu. Saya sampai tidak sempat menulis siapa ngomong apa, karena baik Ivan maupun Reza saling menimpali, karena dalam topik ini mereka saling sependapat dan punya pengetahuan yang sama. Rupanya paus Orca itu bukan keluarga paus, tapi lumba-lumba (hiaaa, Mamanya baru tahu nih!). Kalau Orca yang binatang predator punya gigi, sehingga bisa makan singa laut, ikan hiu dan hewan besar lainnya, paus lain punya balin untuk menangkap ikan kecil, plankton dan mikroorganisme dari penyaringan air laut. Kalau Orca punya sirip punggung seperti lumba-lumba, sedangkan paus lain tidak. Lalu Orca itu juga hidup dan berburu secara berkelompok, bahkan saling menjaga anak-anak dalam kelompok mereka.

Hmm menarik ya, betul-betul saya baru tahu soal Orca adalah dolphin raksasa ini. Sebelum ini, kalau Lukman bilang “Orca makan ikan hiu, Sayang” saya mengkoreksi dan bilang “Nggak Lukman, paus itu makannya plankton” ternyata Mamanya salah ya hihihi… Maaf ya sayang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s