Metamorfosa Sempurna

Suatu hari saat lagi berkebun, kegiatan kesukaan Reza dirumah, ia menemukan seekor ulat di pohon jeruk. Reza bilang “Kita pelihara yuk supaya lihat nanti jadi kupu-kupu seperti apa”. Walau tidak begitu yakin, saya perbolehkan saja, dengan syarat Reza yang tanggung jawab memberi makan ulat tsb.

Ternyata bukan hanya Reza, tapi Lukman juga excited sekali mendapat hewan piaraan baru! Dihari-hari berikutnya Lukman sering mengingatkan kalau daun ditoples sang ulat sudah berkurang “Daunnya mau habis Mama!” dan saya lalu ambil daun jeruk lagi, untuk makanan si ulat. Oh iya, ulatnya diberi nama Wormy oleh Reza🙂

Perubahan Wormy diamati terus oleh Reza dan Lukman. Awalnya Wormy berwarna coklat dengan sedikit putih ditengahnya. Lalu warna coklatnya berubah jadi hitam. Tidak lama, Wormy bertambah gemuk dan berubah warna menjadi hijau terang titik hitam, indah sekali.

Ada yang lucu, ketika saya merekam kegiatan Wormy yang sedang lahap makan, kamera saya dekatkan kemulut toples tempatnya. Ketika rekaman itu saya mainkan, ternyata bukan hanya gerakannya, tapi juga bunyi gigitan Wormy pada daun terekam juga, cik cik cik!

Setelah beberapa hari berwarna hijau dan semakin menggemuk, kelihatan Wormy sudah semakin lamban, dan jarang bergerak. Saya langsung menambahkan sebatang dahan, untuk tempat Wormy bergantung menjadi kepompong. Akhirnya suatu malam Wormy menempatkan diri dan tidak bergerak lagi lalu keesokan harinya sudah berubah menjadi kepompong.

 

Cukup lama Wormy bertapa, belasan hari saya lupa tepatnya. Lalu pada suatu pagi yang cerah, saya lihat Wormy sudah menjadi kupu-kupu yang indah! Waaah anak-anak senang sekali, berhasil melihat proses metamorfosa sempurna dari ulat kecil menjadi kupu-kupu indah. Namanya langsung diganti menjadi Beauty. Dari seorang sahabat, kami dapat informasi bahwa Beauty adalah jenis Papilio demoleus malayanus (Lime Butterfly).

Keesokan harinya Beauty kami lepaskan lagi ke alam bebas, walaupun Lukman cukup sedih berpisah dengan sahabat barunya itu. Goodbye Beauty, sampai jumpa lagi dikebun bunga!

Leave a Reply

