Hellofest Anima Expo 8

Saat lagi baca berita online, saya lihat iklan event yang menarik, Hellofest. Festival tahunan ini acara utamanya festival film pendek, kompetisi costume player (cosplay) dan pameran produk-produk pop culture. HelloFest bertujuan menjadi wadah kreatif khususnya bagi anak muda untuk berani mengekspresikan diri mereka melalui karya, dan mengembangkan budaya pop di Indonesia.

Melihat video event ini tahun lalu, wah kok acara ini seru ya, bukan hanya event di panggung atau pameran seperti biasa, tapi pengunjung juga datang dengan mengenakan kostum. Saya lihat foto-fotonya, kostumnya seperti anime, superhero, pokoknya yang bakal bikin anak-anak terbelalak kagum. Lokasinya pun di Balai Kartini, masih area Jakarta Selatan. Hmm… langsung saya catat tanggal mainnya🙂

Hari Sabtu 4 Februari 2012 itu kami sengaja datang saat acara dimulai, jam 10.00 pagi mengantisipasi ramainya pengunjung karena acara ini tanpa bayar tiket, alias gratis! Walau sudah cukup awal, ternyata banyak yang lebih dulu dari kami, sehingga mencari parkirpun sudah mulai sulit. Akhirnya kami parkir parallel. Ketika kami turun, mobil yang parkir didepan kami pun baru datang, dan membuka bagasi untuk menurunkan barang-barang. Kami lihat, wah mereka membawa kostum yang heboh, ada kostum superhero, ada senjata-senjata buatan, tombak dan pedang samurai dari bahan foam, keren!  Beruntung kami sempat berfoto dengan mereka.

Kami masuk ke tempat pameran/bazaar dulu. Banyak sekali produk yang ditawarkan, mulai baju kaus dg desain gambar yang unik, barang kolektor, berbagai mainan, komik bagus-bagus dan ini bukan barang-barang yang biasa ada di mall. Selain itu ada juga games, dan Reza bersama Ivan sempat adu tanding, sebetulnya sih adu bantal seperti biasanya kalau acara pesta kemerdekaan 17 Agustusan. Tapi karena tandingnya dengan atribut seperti helm dan rompi serdadu, dan dengan backdrop yang mendukung, rasanya jadi berbeda.

  

Saat lagi melihat-lihat, kami didatangi wartawan SCTV, yang minta interview untuk pendapat kami tentang event ini. Saya pikir, belum tentu masuk tv lah ya, pasti banyak yang mereka interview. Tapi ternyata keesokan harinya ada teman dan keluarga yang melihat wajah kami muncul di SCTV, sayangnya di Liputan Pagi, jadi kami sendiri tidak menonton acara itu karena belum pasang tivi (belum bangun, maklum hari minggu pagi hehe).

 

Walau suasana cukup heboh, pengunjung cukup ramai dengan musik menggelegar, Lukman cukup tenang melihat-lihat, apalagi ketika akan keluar ruang pameran/bazzar Lukman melihat ada mainan Wall-E yang disukai Lukman filmnya. Harganya pun tidak mahal, jadi kami belikan dan Lukman kelihatan ‘hepi banget’. Kalau Ivan beli baju kaus yang gambarnya unik. Kalau Reza cukup puas melihat-lihat dan tidak beli apa-apa.

  

Selesai melihat pameran/bazaar, kami masuk kegedung bagian depan, tempat cosplay dan festival film dipertontonkan. Baru masuk gedung saja suasananya sudah berasa seru sekali, karena banyak yang sudah mengenakan berbagai costum, baik untuk bertanding, maupun hanya untuk ‘ngeceng’ saja. Kami langsung naik kelantai atas, dan masuk ke teater tempat pertunjukan cosplay. Awalnya Lukman enggan masuk, karena seperti bioskop ruangannya gelap dan volume suara yang besar. Tapi mau juga ia dibujuk walau menutup kuping.

 

Asik juga melihat kreasi anak muda, ada yang serius mempersiapkan super hero seperti film-film animasi dari Jepang, tapi ada juga yang unik mengkombinasi dengan super hero local seperti wayang. Ketika ada trio gadis-gadis menari dan bernyanyi seperti yang ada di games arcade seperti Amazon, Lukman jadi tertarik karena lagunya yang gembira dan gerakan menarinya. Ada satu jam kami disana, sampai waktunya makan siang, dan kami ajak anak-anak pulang. Reza masih kepingin nonton, tapi mau juga pulang karena memang sudah saat makan siang. Tapi dia beri syarat “Tahun depan kalau kesini lagi harus yang lama ya!” hahaha…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s