Motret Yuuuk!

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu saya perhatikan Lukman cukup baik kemampuan memotretnya. Lihat saja foto dibawah ini, yang difoto Lukman saat ia masih umur 3 tahun. Lumayan kan fokusnya, walaupun masih belum stabil memegang kameranya.

Saya sendiri memang suka sekali memotret kegiatan anak-anak. Bukan hanya pada saat ada event atau saat keluar rumah saja, tapi justru kegiatan sehari-hari anak-anak suka saya rekam, baik foto maupun videonya. Karena itu ditas saya selalu ada kamera yang siap pakai.

Melihat Mamanya suka pegang kamera, tentunya Lukman dan Reza juga jadi suka memotret. Namun untuk setahun belakangan saya tidak perbolehkan mereka menyentuh kamera saya karena sudah ada dua kamera yang terpaksa ‘pensiun dini’ karena belum hati-hatinya mereka menggunakan dan menyimpan kamera tersebut. Dua kali pula terpaksa kami beli kamera baru, karena biaya perbaikan kamera lama mendekati harga beli kamera baru hehe…

Setelah lebaran, saya diberitahu kepala sekolahnya Lukman bahwa akan ada workshop fotografi untuk anak-anak SD Sekolah Tetum. Hasil workshop itu akan disertakan pada kontes foto anak internasional yang diselenggarakan majalah National Geographic for Kids. Waaah saya senang sekali, karena sejak melihat Lukman sepertinya punya kemampuan memotret, saya selalu cari-cari tempat dimana anak-anak bisa belajar memotret. Tapi belum ketemu, karena workshop/kursus yang diadakan untuk anak-anak minimal untuk level murid SMP. Jadi tentunya kesempatan workshop disekolah tidak akan kami lewatkan.

Untuk workshop itu murid diminta membawa kamera beserta kabel datanya. Wah, berarti Lukman harus belajar memakai kamera Mamanya dong. Akhirnya beberapa hari sebelum workshop saya ajak Lukman ‘berkenalan’ dengan kamera itu. Saya wanti-wanti untuk selalu mengenakan tali pengaman ditangannya agar kamera tidak jatuh, dan juga mengajarkan bagaimana menghidupkan, bagaimana memencet tombol shutter, dan mengajarkan bahwa ia harus tenang saat mengambil foto. Sesudah praktek didalam rumah, Lukman saya ajak hunting keluar rumah. Waduuuh senengnya, lihat foto dibawah ini, mukanya Lukman serius mencari target yang akan difoto😀

Begitu keluar rumah sudah ada si pus dan anaknya didepan pintu yang jadi sasaran Lukman. Foto kiri adalah saat Lukman sedang action, foto kanan adalah hasil foto Lukman.

Kemudian bunga kamboja cantik jadi sasaran kedua.

Sedang asik seperti itu, terdengar panggilan Ayang, yang ingin tahu Lukman lagi apa. Tentunya Ayang juga jadi sasaran bidiknya Lukman.

Bukan hanya bunga besar, bunga kecil juga jadi perhatian Lukman.

Lalu buah delima didepan kamar sasaran berikutnya.

Yang lucu ketika saya bilang “Lihat buah rambutan, Lukman!” Dia langsung teriak “Haaa rambutan?” dan langsung memotret buah yang masih hijau itu, sambil melet-melet dan bilang “Sedapnyaaaa….” belagak membayangkan buah rambutan manis yang sudah matang. Hihihi actingnya jago deh Lukman.

Dan ada satu sasaran fotonya, yang saya tidak tahu kapan Lukman potret, sepertinya difoto saat saya asik ngobrol dengan Ayang. Ketika saya transfer foto dari kamera ke computer, jadi kaget sendiri saat melihat dua foto ini hiiiii:

Lukman sempat sih ngomong “Ada serangga, Mama” saya pikir Lukman foto semut-semut saja, rupanya dia sedang melihat luwing itu hehehe…

Karena sudah senang memegang kamera, ketika mengikuti workshop disekolah, walau belum waktunya praktek, Lukman sudah mulai potret-potret mukanya sendiri, kelasnya, teman-temannya, guru-guru dan ortu murid yang datang sejak pagi. Dibawah ini dia hasilnya, lumayan sih…  (kata Mamanya tentu saja, hahaha :-D).

Baca juga:

Masuk Final!

What Will I Be

2 thoughts on “Motret Yuuuk!

Leave a Reply

