Yang Baru Dari Lukman

Sesudah lebaran, Lukman terserang influenza. Sepertinya karena kelamaan berenang di Marcopolo Waterpark, sudah lama main dikolam tapi nggak mau selesai, Lukman sampai ngambek disuruh naik dari kolam. Awalnya sih cuma bersin-bersin, tapi makin lama lho kok batuknya kedengaran jelek sekali. Akhirnya saya bawa Lukman kedokter, dan ketika ditanya dokter  “Lukman kenapa?” dia bisa menjawab “Tenggorokanku sakit”. Wah saya pikir pinter bener, sudah bisa langsung menjawab pertanyaan. Tapi pertanyaan dokter berikutnya “Lukman makan eskrim ya?” dijawab dengan “Tidak, aku makan garam” hahaha, bikin saya bengong. Saat ditanyai diluar ruangan dokter, kapan Lukman makan garam, dia hanya senyum-senyum cengengesan, bikin gemes.

Contoh lain adalah ketika sedang di klinik fisioterapi. Mas terapisnya suka sekali mengajak ngobrol pasien-pasien ciliknya. Saat sedang diterapi, dan di tivi dalam ruangan itu menayangkan iklan game hp kungfu panda, Lukman langsung bilang “Mas, mas, itu kungfu panda 2”. Lalu Mas-nya tanya “Memangnya sudah nonton, film kungfu panda 2?” Lukman jawab “Ya, dibioskop” lalu ditanya Mas itu lagi “Sama siapa nontonnya?” Lukman jawab lagi “Sama Mama”.

Selain itu Lukman juga sudah bisa mengatakan ketidak-nyamanannya, tanpa menunjukkan emosi kesal atau marah. Ketika sedang dipanasi punggungnya dengan mesin diathermi, Lukman bisa bilang sama asisten terapisnya “Mbak, ini terlalu panas”.

Kelihatan dari cerita-cerita diatas Lukman sudah makin baik kemampuannya bercakap-cakap, perkembangan yang menggembirakan untuk kami karena tahun yang lalu kalau ditanyai ‘Kenapa?’ Lukman cuma senyum manis, tidak bisa menjawab.

Selain itu, Lukman juga punya kebiasaan baru: membaca spanduk, rambu dan juga papan reklame. Buat kami ini istimewa, karena sebelumnya Lukman enggan sekali diminta membaca. Jadi kalau sekarang ia punya inisiatif untuk membaca tanpa disuruh, menggembirakan sekali untuk kami. Saat berlebaran, Lukman suka membaca spanduk-spanduk ucapan selamat berpuasa, juga ucapan selamat idul fitri walaupun masih ada kata yang sulit baginya untuk dibaca.

Hari ini, hari pertama Lukman mulai sekolah lagi setelah libur lebaran sepertinya Lukman sangat gembira mulai sekolah lagi. Walaupun ibu gurunya katakan Lukman terlihat belum fit betul, tapi sampai dirumah Lukman banyak bicara dan komentar. Begitu juga saat saya antar lagi ke klinik fisioterapi. Perjalanan cukup panjang ke klinik ditingkahi dengan ucapan dan komentar Lukman.

Ketika melewati resto bebek goreng Lukman bilang “Sudah buka, Mama!” Saya tahu, Lukman bisa bilang begitu karena ada tulisan BUKA yang besar didepan resto tsb. Selanjutnya saat lewat depan resto Ny Suharti dia juga bilang “Ini juga buka, Mama” Saya tanya: “Apanya?” Lukman jawab “Ayamnya”. Saat  masuk pintu tol dia bilang “Ini jalan masuk” saya jawab “Iya ini masuk jalan tol, kita harus bayar” lalu saya dengan bergaya lebay bilang pada petugas pintu tol “Mas bayar mas” Lukman juga ikutan bilang “Mas bayar mas” hihihi. Lalu saya tunjuk jalan biasa disebelah jalan tol sambil katakan “Kalau jalan disitu nggak bayar, tapi kalau jalan tol kita harus bayar” Lukman jawab “Ooo begitu ya sayang”. Kemudian saat masuk jalan Metro Pondok Indah Lukman bilang “Ini Pondok Indah Mama, aku tahu” Lalu Lukman baca rambu diatas jalur busway “hati-hati busway ” dilanjutkan sambil teriak-teriak, acting banget: “Aaaaa… awas hati-hati busway, Mama!” Hehehe. Kemudian saat sedang dimassage di klinik, ditivi ada lagu anak-anak abg gitu, eh Lukman kok ya kenal lagu itu, dan bilang “Mama, ada playboy!” Memang ternyata judul lagunya Playboy! (dari 7 Icons *barutahudarigoogle*). Saya dan mas terapisnya sampe ketawa-ketawa. Heran, kok tahu-tahunya sih Lukman dengan lagu itu hihihi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s